Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Moderat Melalui Budaya Lokal di Desa Talang Suko
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.991Abstract
Fenomena antar warga yang tidak rukun antara kaum lintas agama telah terjadi dibeberapa daerah, sedangkan pada Desa Talang suko masyarakatnya bisa saling berdampingan hal ini menjadikan dasar untuk mengambil judul Internalisasi Pendidikan Islam moderat melalui budaya lokal di Desa Talang suko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Proses Internalisasi pendidikan islam moderat melalui budaya lokal di Desa Talang suko. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, informan penelitian adalah Masyarakat muslim, Non muslim dan Pemerintahan daerah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, teknik analisa data berupa kondensasi data dan Penyajian data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses Internalisasi pendidikan Islam moderat melalui budaya lokal terjadi dalam 3 tahapan yakni; tahapan pertama adalah transformasi nilai, proses ini terlihat pada saat doa bersama dan gotong royong, tahap kedua adalah transaksi nilai, proses ini terlihat saat adanya pengajian atau diskusi yang lainnya. tahapan ketiga adalah transinternalisasi, Proses ini terlihat saat warga muslim dapat berdampingan dan saling tolong menolong dengan kaum non muslim. Sehingga dengan adanya internalisasi pendidikan islam moderat melalui budaya lokal dapat mencetak masyarakat yang harmonis.
References
Andika, Eka Mulyo yunus. 2020. “Moderasi Beragama Dan Kearifan Lokal:Menumbuhkan Jiwa Moderasi Beragama Dalam Seloko Adat Jambi.” Journal ICCL 7(2): 42–57.
Arikarani, Yesi. 2022. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Beragama.” Edification, Pendidikan agama islam 16(1): 1–23.
Budiarto, Rais, Gina Armida, and Zahra Raudhatur R. 2023. “Penerapan Moderasi Beragama Melalui Kearifan Lokal ‘Nutuk Beham’ Oleh Masyarakat Kutai Adat Lawas Di Desa Kedang Ipil Kabupaten Kutai Kartanegara.” Seulanga Jurnal Pendidikan dan Pelatihan 2(2): 82–92.
Bukhori, HR. N.
Febiana Muslimah Sari, Zuhairi, Aguswan Khotibul Umam. 2024. “Transinternalisasi Nilai Islami Dalam Pembentukan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Di Sekolah Islam Terpadu.” 3(01): 6.
Idris, Saifullah. 2017. Darussalam Publishing Internalisasi Nilai Dalam Pendidikan (Konsep Dan Kerangka Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).
Ilmiah, Jurnal, and Wahana Pendidikan. 2024. “Study Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” 10(9): 462–69.
Khoiri, Ach. 2019. “Moderasi Islam Dan Akulturasi Budaya; Revitalisasi Kemajuan Peradaban Islam Nusantara.” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam: 1. doi:10.30595/islamadina.v0i0.4372.
M.Muizzudin, Nazilatul fatikhah, Ahmad Zainuddin. 2023. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Moderat Berbasis Kearifan Lokal Di Pondok Pesantren Al Ikhlas Panceng Gresik.” Miyah 19(2): 321–48. doi:p-ISSN: 1907-3452; e-ISSN: 2540-7732; 321-348.
Madya, Dika Putra, Yauma Wulida Farhana, Dimas Surya Bekti, and Valerina Rusmana. 2025. “Pemikiran Ustadz Abdul Somad Tentang Islam Moderat Di Nusantara : Relevansi Dalam Konteks Sosial Dan Politik Kontemporer.” 3, Nomor 1.
Muaz, Muaz, and Uus Ruswandi. 2022. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(8): 3194–3203. doi:10.54371/jiip.v5i8.820.
Mujib, Ahmad, and Madian. 2022. “Moderasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Journal of Islamic Education Studies 1(1): 24–32. doi:10.58569/jies.v1i1.430.
Palili, Sampara. 2020. Internalisasi Nilai Islam Berbasis Budaya Lokal Dalam Islam Terpadu Ikhtiar Makassar Disertasi Oleh Sampara Palili Npm : 2170-3011-002 Program Doktor Pendidikan Agama Islam Multikultural Program Pascasarjana. Program Doktor Dan Pascasarjana Unisma.
Panji Hermoyo, R. 2017. “ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Peranan Budaya Lokal Dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA).” Https://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Pgsd/Article/View/1060 1(1916): 120–26.
Pohan, Rusdin. 2007. Metodologi Peenelotiaj. Yogyakarta: Ar-Rijal Institute.
Pulungan, Elly Damayanti. 2024. “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Tradisi Wayang Sebagai Media Dakwah Internalization of the Values of Religious Moderation in the Wayang Traditionas a Da’wah Media.” Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society 3(1): 19–31. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS.
Riscaga, Metta et al. 2024. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama.” 5(2): 120–27. doi:10.53565/patisambhida.v5i2.1344.
Rohman, Oman Fathur. 2020. “Kenapa Harus Moderasi Beragama?” Kementrian Agama. https://kemenag.go.id/opini/kenapa-harus-moderasi-beragama-an4gk2 (January 7, 2025).
Royhatudin, Aat. 2021. “Islam Moderat Dan Kontekstualisasinya (Tinjauan Filosofis Pemikiran Fazlur Rahman).” PROCEEDING IAIN Batusangkar 1(1): 1–12. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/2904%0Ahttps://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/download/2904/1901.
Saimun. 2023. VIII AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam “Moderasi Beragama Pada Tradisi Nimbung Dalam Membangun Hubungan Sosial Masyarakat Plural Di Desa Mereje Barat Kecamatan Lembar.”
Sumarto, and Emmi Kholilah Harahap. 2019. “Pengembangkan Moderasi Pendidikan Islam.” Ri’Ayah 4(1): 21–30.
“Wawancara Dengan Ibu Sasa.”
“Wawancara Dengan Ibu Yayuk.”
Wawancara Dengan Kepala Desa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lailatul Afiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.