Peran Pendidikan Islam Dalam Menjaga Nilai-Nilai Keislaman di Tengah Arus Globalisasi

Authors

  • Rani Jutia Anggraini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Riu Anugerah Neoldi Poetra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.946

Abstract

Arus globalisasi membawa tantangan signifikan terhadap pelestarian nilai-nilai keislaman di kalangan umat Muslim. Pendidikan Islam memiliki peran krusial dalam membentengi generasi muda dari dampak negatif globalisasi dan menanamkan pemahaman serta pengamalan nilai-nilai Islam yang kokoh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran pendidikan Islam dalam menjaga dan memperkuat nilai-nilai keislaman di tengah derasnya arus globalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber relevan seperti buku, jurnal ilmiah, dan artikel terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam, melalui kurikulum yang komprehensif, metode pengajaran yang efektif, dan lingkungan pendidikan yang kondusif, mampu membentuk karakter Muslim yang kuat, memiliki pemahaman agama yang mendalam, serta mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut, pendidikan Islam berperan dalam mengembangkan kesadaran akan identitas Muslim, menumbuhkan sikap kritis terhadap pengaruh globalisasi yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam, serta membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan untuk berinteraksi secara positif dengan dunia global tanpa kehilangan jati diri keislamannya. Disimpulkan bahwa pendidikan Islam memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan nilai-nilai keislaman di era globalisasi.

References

Abdullah, M. N., & Tan, S. H. (2022). Social media and Islamic values among Muslim adolescents: The role of Islamic digital literacy. Journal of Islamic Studies and Culture, 10(1), 1–15.

Al-Attas, S. M. N. (1979). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Muslim Youth Movement of Malaysia.

Azra, 1 A. (2002). Islamic education: Tradition and modernization towards the twenty-first century. Logos Wacana Ilmu.

Fauzan, A., & Hamid, S. (2021). Developing a contemporary Islamic education curriculum responsive to global issues. Journal of Curriculum and Teaching, 10(3), 45–58.

Giddens, A. (1990). The consequences of modernity. Stanford University Press.

Khan, M. A., & Hussain, S. (2021). Islamic curriculum in the global context: Challenges and prospects. International Journal of Educational Development, 80, 102314.

Nasr, S. H. (2001). Islam in the modern world: A history. ABC-CLIO.

Rahman, M. M., Karim, A., & Islam, M. S. (2020). Impact of globalization on religious values of Muslim students and the role of religious teachers. Journal of Religious Education, 68(3), 315–329.

Wahid, A., & Setiawan, M. (2020). Islamic education and media literacy in the digital age: A case study of Indonesian Muslim schools. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 36(4), 217–231.

Yusuf, M., & Afandi, M. (2018). Islamic education strategies in facing globalization challenges in Islamic schools. Tarbiyah Islamiyah: Journal of Islamic Education, 8(1), 1–14.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Rani Jutia Anggraini, Riu Anugerah Neoldi Poetra, & Herlini Puspika Sari. (2025). Peran Pendidikan Islam Dalam Menjaga Nilai-Nilai Keislaman di Tengah Arus Globalisasi. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 172–178. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.946

Issue

Section

Articles