Evaluasi Pelaksanaan Program Pembinaan Dan Pembimbingan Kemandirian Pendidikan Keterampilan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kota Tanjungpinang

Authors

  • Muliawiwin IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang
  • Muhammad Yunus Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.925

Abstract

Program pembinaan dan pembimbingan kemandirian pendidikan keterampilan narapidana untuk menyiapkan narapidana agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Pelatihan dan Pendampingan Pendidikan Keterampilan Mandiri Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian Evaluasi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) tujuan, analisis kebutuhan, dan tujuan, (2) masukan (input) meliputi: pemetaan kelompok narapidana, perencanaan sumber belajar, penetapan sarana dan prasarana, perencanaan kurikulum pendidikan keterampilan mandiri, (3) proses (process) meliputi: penerapan pemetaan kelompok narapidana, penyampaian materi, metode yang digunakan, sumber belajar yang digunakan, kualifikasi pembimbing dan kemampuan awal narapidana, serta hasil (output) dari pelatihan dan pendampingan pendidikan keterampilan mandiri yang meliputi: kompetensi narapidana dan kemandirian narapidana.

References

Bafadal, Ibrahim, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Cepi, Safrudin, dan Suharsimi Arikunti, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Djamil, R.Abdoel, Pengantar Hukum Indonesia Edisi Revisi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad,.2006.

Donald L.Kirkpatrick,dll. Evaluating Training Programs. San Francisco: Bertty-Koehlerublishers, Inc, 2008.

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006,

Fitzpatrick Jody, Christina Christie, dan Melvin M.Mark, Evaluation I Action, California: SAGE Publications, Inc, 2009,

Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor: M.02-PK.04.10 Tahun 1990.

LePine,Wesson, Colguitt. Organizational Behavior Improving performance and Commitment in the Worksplace, New York: McGraw-Hill, 2009.

Mathiis dan Jockson di dalam vethzal Rivai dan Sylviana Murni, Education Management:analisi Teori dan Oraktik, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada,2009.

M.Ivancevich,John. Human Resource Management, New York: McGraw-Hill Companies, Inc. 2007.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999.

Sallis,Edward Total Quality Management In Education Manajemen Mutu Pendidikan, Jogjakarta: IRGiSoD, 2010.

Syaodih Sukmadinata, Nana. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Muliawiwin, & Muhammad Yunus. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Program Pembinaan Dan Pembimbingan Kemandirian Pendidikan Keterampilan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Kota Tanjungpinang. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 157–164. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.925

Issue

Section

Articles