Penerapan Permainan Stik Es Krim Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Cendikia Belantaraya

Authors

  • Dahlina Institut Agama Islam Ar-Risalah Inhil Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i1.913

Abstract

.Keterampilan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang melibatkan koordinasi tangan dan mata serta keterampilan lainnya yang mendukung kemampuan menulis, menggambar, dan keterampilan manual lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak melalui permainan stik eskrim di Taman Kanak-Kanak Cendikia Belantaraya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan observasi dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data dan menggunakan penelitian tindakan kelas  dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak setelah penerapan permainan ini. Permainan stik es krim terbukti efektif dalam mengembangkan motorik halus anak-anak di TK Cendikia Belantaraya. Melalui pendekatan yang menyenangkan dan kreatif, anak-anak dapat belajar dan mengembangkan keterampilan motorik halus yang penting untuk mendukung perkembangan mereka lebih lanjut. Dalam aktivitas yang melibatkan stik es krim dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, memperkuat otot tangan dan jari, serta merangsang kreativitas anak. Selain itu, penggunaan stik es krim dalam kegiatan yang menarik dapat membantu anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan mendukung perkembangan motorik halus mereka.

References

Anwar, S. (2020). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwis, R. (2019). Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewi, R. (2023). Penerapan Media Stik Es Krim dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: UMM Press.

Fitria, R., & Amalia, S. (2022). Studi Eksperimen Penggunaan Bahan Sederhana dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 5(1), 45-52.

Hartati, T. (2019). Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jakarta: Erlangga.

Hidayah, N. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Ismail, Z. (2017). Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 32-45.

Kusumawati, L. (2020). Penerapan Metode Bermain dalam Pengembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak, 15(2), 58-69.

Nasution, M. (2021). Psikologi Perkembangan Anak. Medan: Universitas Medan Press.

Nugroho, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di PAUD. Surabaya: Graha Ilmu.

Rachmawati, D. (2019). Strategi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Surabaya: Erlangga.

Setiawan, S., & Sari, M. (2021). Kerajinan Tangan Berbasis Stik Eskrim dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Pra-Sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 10(3), 210-218.

Suyadi, S. (2020). Metode Pembelajaran Kreatif untuk Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2022). Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14(3), 123-134.

Siahaan, J. (2021). Pembelajaran Kreatif untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pratiwi, N., et al. (2023). Pengaruh Aktivitas Menyusun Objek terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 124-132.

Wati, E. (2021). Strategi Pembelajaran dengan Bermain di Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, D. (2018). Permainan Stik Es Krim untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 88-100.

Downloads

Published

2025-04-11

How to Cite

Dahlina. (2025). Penerapan Permainan Stik Es Krim Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Cendikia Belantaraya. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(1), 105–113. https://doi.org/10.61104/alz.v3i1.913

Issue

Section

Articles