Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan High Order Thinking Skills Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Daarul Qur’an Jambi

Authors

  • Asrul Mangkat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Najmul Hayat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Idarianty UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.909

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan high order thinking skills dan aktivitas belajar peserta didik di sekolah menengah pertama Daarul Qur’an Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah Posttest Only Control Design dengan pola desain penelitian Nonequivalent control group desain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, lembar observasi, dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Mancova dengan taraf signifikasi α = 0,05 atau 5%. Penelitian ini menghasilkan tiga hal yaitu: (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas IX di SMP Daarul Qur’an Jambi, berdasarkan Hasil uji statistik mancova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. (2) terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas IX di SMP Daarul Qur’an Jambi, berdasarkan Hasil uji statistik mancova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,030<0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dan aktivitas belajar siswa kelas IX di SMP Daarul Qur’an Jambi sebesar 0,001 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif seperti Mind Mapping dalam proses pembelajaran PAI, maka dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan aktivitas belajar siswa

References

Albu Alhmaldi, (2018). Metodik Khusus Pendidikaln Algalmal (MKPAl), (Balndung: Alrmico), 15.

Anderson dan Krathwohl, (2002), Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta. 56

Atikah Khairun Nisa, N., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 543–556.

Abdul Hakim Ma‘ruf, dkk, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,‖ Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, no. 3, h. 505.

Anike Erliena Arindawati dan Hasbullah Huda, (2004). Beberapa Alternatif Pembelajaran di Sekolah Dasar (Malang: Bayumedia Publishing), 40

Ahmad Tafsir, (2004). Metodologi Pengajaran Agama Islam (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya), 9.

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetyo, (1997). Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Pustaka Setia), 52-53.

Agus Warseno dan Ratih Kumorojati, Super Learning: Praktitk belajar-mengajar…, hal.85

Arifin Nugroho, (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep Pembelajaran Penilaian dan soal-soal) (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia), 16.

Ahmad Rohani HM., (2004). Pengelola Pengajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta). 8

Arifin, (2018). Ilmu Pendidikan Islam Ditinjau Teori dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdispliner. (Jakarta: Bumi Aksara). 175.

Ahmadiyanto. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIIIC SMPN 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6, no. 2 (2016): 980–93. http://ppjp.ulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/2034.

Ali, Hasniyati Gani. “Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik.” Jurnal Al-Ta’dib 6, no. 1 (2014): 31–42.

Afnita, Yana Yela, and Sumianto Sumianto. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Dengan Menggunaan Model Problem Posing Pada Siswa Sekolah Dasar.” Indonesian Research Journal On Education 1, no. 1 (2021): 25–34. https://doi.org/10.31004/irje.v1i1.9.

Aprilia, Suci, Zubaidah R, and Dona Fitriawan. “Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal AlphaEuclidEdu 3, no. 1 (2022): 100. https://doi.org/10.26418/ja.v3i1.52776.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Asalla, Lydiawati Kosasih. “Merancang Aktivitas Pembelajaran Untuk Meningkatkan Student Center Learning: Case Study Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen.” Humaniora 2, no. 1 (2011): 90. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.2954.

Azis, Rosmiati. “Hakikat Dan Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 8, no. 2 (2019): 292–300.

Bahtiar, Abd Rahman. “Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2017): 149–58. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368.

Buzaln, Tony. (2008). Buku Pintalr Mind Malp untuk Alnalk (Algalr Alnalk Lulus Ujialn dengaln Nilali Balgus). (Jalkalrtal: Gralmedial Pustalkal Utalmal, 2008), 4.

Doni Swadarma. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran, (Jakarta: PT. Gramedia), hal. 3

Depdikbud, (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka). 224.

Dinni, H N. “HOTS (High Order Thinking Skills) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1 (2018): 170–76. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597.

Djamaluddin, Ahdar. Belajar Dan Pembelajaran (4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis). New Scientist. Vol. 162. Sulawesi: CV Kaaffah Learning Center, 2019.

Erlina, Diah Ayu, and Sri Sutarni. “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2024): 454–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2409.

Erny, Haji, S., & Widada, W. (2017). Pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X ipa sma negeri 1 kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(7), 84–95

Endang Mulyaningsih, (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung: ALFABETA), hal.238.

Fuaddilah Ali Sofyan, (2019). “Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013”, Jurnal Inventa, 1 (Maret), 4-5.

Hazairin Habe and Ahiruddin, (2017). Sistem Pendidikan Nasional, Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis 2, no. 1: 39–45, https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48.

Higher, K., Thinking, O., Hots, S., Londa, K., & Domu, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Leaning Berbasis Web Pada. 1(2), 25–28.

Hamzah B. Uno, (2008). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif (Jakarta: Bumi Aksara), 2

Hamdan. Pengembangan Dan Pembinaan Kurikulum: Teori Dan Praktek Kurikulum PAI. Banjarmasin: Al-Hikmah Pustaka, 2019.

Irmawati, R. D., Supriyati, Y., & Suseno, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 143–156.

Joanna, Ingke, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Trunojoyo Madura. “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Contextual Teaching Learning Terhadap Hots Siswa Kelas V SD.” Jurnal Teladan 8, no. 2 (2023): 2527–3191.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pres, 2019.

Kurniati, Dian, Romi Harimukti, and Nur Asiyah Jamil. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 20, no. 2 (2016): 142–55. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Asrul Mangkat, Najmul Hayat, & Idarianty. (2025). Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan High Order Thinking Skills Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Daarul Qur’an Jambi . Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 114–125. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.909

Issue

Section

Articles