Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.89Abstract
Dunia pendidikan saat ini telah diwarnai dengan kecanggihan teknologi yang memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis digitalisasi lembaga pendidikan dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dunia pendidikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Pada penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, karena seluruh data diambil dari jurnal, dan buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat peneliti unkapkan bahwa belajar tidak hanya bisa terjadi di dalam kelas, inilah keunikan pembelajaran di abad 21 yang perkembangannya harus diantisipasi sejak awal. Selain itu management information system adalah bagian dari pengelolaan sebuah teknologi yang diatur dengan berbagai kebutuhan manusia terutama dalam dunia pendidikan. Konsep kurikulum serta cara pendidikan juga wajib bisa membiasakan dengan hawa bidang usaha yang lalu bertumbuh serta terus menjadi bersaing yang wajib menjajaki kemajuan teknologi serta data. Pembelajaran berbasis digital atau sering dikenal dengan istilah e-learning merupakan model pembelajaran yang menerapkan teknologi digital didalam proses belajar mengajar, teknologi digital yang digunakan seringkali berupa media sosial dan aplikasi-aplikasi yang terkoneksi dengan jaringan internet.
References
Alwi Hilir, Teknologi Pendidikan di Abad Digital (Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha, 2019).
Alwi Hilir, Pengembangan Teknologi Pendidikan Peran pendidik dalam menggunakan media pembelajaran (Jawa Tengah: Lakeisha, 2021).
C.P.Gupta dan K.K. Goyal, Computer Concepts and Management Information Systems (America: Mercury Learning And Information, 2020).
Evi Fatimatur Rusydiyah, Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0 (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2019).
Falimu, dkk, Manejemen Pendidikan Berbasis Digital, (Sulawesi Selatan: Pustaka Akademikus, 2023).
Iskandar dan Setiawan Assegaff, “Pengembangan E-Learning Dalam Pembelajaran Pad IAIN STS Jambi,” Jurnal Manajemen Sistem Informasi 2, no.4 (desember 2017): 751, https;//org/10.637356/389302.
Iskandar, Aletmi dan Dedi Sastradika, “Pendidikan Holistik Berbasis Kecerdasan Ruhiologi di Revolusi Industri 4.0,” Jurnal Tarbawi 15, no.2 (desember 2019): 223, https;/jt.10.3837.3763.
Kenneth C. Laudon and Jane P. Laudon, Management Information Systems, Managing the Digital Firm, Fifteenth Edition (New York: Pearson, 2018).
Lukman Hakim, Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen, dilengkapi teori dasar sistem informasi manajemen pendidikan (Kota Jambi: CV. Timur Laut Aksara, 2019).
Muhammad Japar, Teknologi Dan Informasi Pendidikan (Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press, 2018).
Matthew B. Miles & A. Michael Hubermen, Analisis Data Kualitatif Penerjemah Tjeljep Rohendi Rohidi (Jakarta: UI Press, 2014).
Mohamad Adam Rusmana, Pengembangan Pembelajaran PAI di Era Digital (Jakarta: CV.Amerta Media, 2020).
Nasution, Metodologi Research Penelitian Ilmiah (Jakarta: Budi Aksara, 2002).
S.Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2015).
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2011).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, 2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.