Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam

Authors

  • Hasan Syahrizal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Iskandar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Martinis Yamin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.88

Abstract

Psikologi pendidikan dalam manajemen pendidikan islam merupakan ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia yang menjalankan fungsi manajemen pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan perspektif psikologi pendidikan dalam manajemen pendidikan islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Pada penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, karena seluruh data diambil dari jurnal, buku, dan proseding ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut; pertama, psikologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji dan mengembangkan keilmuan tentang perilaku manusia yang berada dalam dunia pendidikan. Kedua, manajemen pendidikan Islam sebagai sebuah proses pengelolaan dalam sebuah lembaga pendidikan Islam yang melibatkan unsur-unsur pendukung dalam menanamkan nilai-nilai ajaran Islam. Ketiga, perspektif psikologi pendidikan dalam manajemen pendidikan islam merupakan studi tentang tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses manajemen dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya

References

Ahmad, Q., & Nur, H. (2022). Psikologi Manajemen Dalam Pendidikan. NIDHOMIYYAH : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 119.

Anugerah, A. S. (2023). Perspektif Adalah Cara Pandang, Kenali Jenis-Jenisnya. Liputan6.com, 1(1), 1.

Anwar, Z., Supadmi, Nurmina, Rachmijati, C., Azizatul, B., Dahlia, F., & Asmawati. (2022). Psikologi Pendidikan. PT.Arr Rad Pratama.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV.Pena Persada.

Barsihannor. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. MANAGEMEN OF EDUCATION: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 35.

Hadziq, A. F. (2019). Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof.Dr.Zakiah Daradjat. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 7(2), 149.

Imam, A. H. (2017). Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 257.

Imam, M., & Noor, H. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan Islam; perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dalam pengelolaan pendidikan islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Junier, S. (2022). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96.

KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id/perspektif, 1(1), 1.

Muhammad, W. S., Dian, F., Sintiya, A., Hafiza, T. H., & Lutfiah, A. N. (2022). PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. EDU MANAGE: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 3.

Nur, H. (2020). PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN. AKTUALITA jurnal penelitian sosial dan keagamaan, 10(2), 28.

Nur, H., Hardika Yuliati, H., Sinta, Y. S., & Imam, G. (2017). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Opan Arifudin, Rudy Hidana, Andre Julius, Y. D. B. D., Elferida Sormin, Al ghazali, Hastuti Marlina, S. L., & Rhini Fatmasari & Zuwirna, Leni Nurmiyanti, A. S. B. (2020). Psikologi Pendidikan. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Rahma, F. (2023). Pengertian Perspektif: Teknik, Jenis-jenis, dan Macamnya. Gramedia blog, 1(1), 1.

Rusmini. (2017). Psikologi Manajemen. PUSAKA.

Yansen, A. R., Hara, P., & Sulistianingsih. (2023). Psikologi Pendidikan. EUREKA MEDIA AKSARA.

Yuspiani. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. CV.Kencana Jaya.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Syahrizal, H., Iskandar, & Yamin, M. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.88

Issue

Section

Articles