Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas

Authors

  • Nidia Suriani Universitas Jambi
  • Iskandar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.87

Keywords:

Manajemen Kelas, Psikologi Pendidikan

Abstract

Manajemen pengelolaan kelas adalah seni dalam mengatur kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kontribusi psikologi pendidikan dalam manajemen pengelolaan kelas. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Pada penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, karena seluruh data diambil dari jurnal, buku, dan proseding ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut; pertama, Manajemen kelas merupakan usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengatur agar kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran dapat berjalan secara sistematis, konsep dasar yang perlu dicermati dalam manajemen kelas adalah penempatan individu, kelompok, sekolah dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya, tujuan manajemen kelas untuk menunjang dalam proses belajar mengajar seperti terciptanya tata tertib dan patuh terhadap peraturan-peraturan didalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Kedua, Psikologi pendidikan merupakan cabang dari psikologi dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada maslah pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dalam masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar. Ketiga, konstribusi psikologi pendidikan dalam manajemen pengelolaan kelas berupa kemampuan mengatur kelas dengan baik dan berkontribusi kepada siswa.

References

Ahmad, Q., & Nur, H. (2022). Psikologi Manajemen Dalam Pendidikan. NIDHOMIYYAH : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 119.

Anwar, Z., Supadmi, Nurmina, Rachmijati, C., Azizatul, B., Dahlia, F., & Asmawati. (2022). Psikologi Pendidikan. PT.Arr Rad Pratama.

Asep, S. (2016). Bahan Belajar Mandiri. Panduan Buku.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV.Pena Persada.

Hadi, R. (2022). Manajemen Pengelolaan Kelas. Risete Gate, 2(2), 45.

Hadziq, A. F. (2019). Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof.Dr.Zakiah Daradjat. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 7(2), 149.

Imam, A. H. (2017). Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 257.

Junier, S. (2022). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96.

Markus, O. (2018). Manajemen Kelas. Jurnal Teruna Bhakti, 1(1), 45.

Muhammad, W. S., Dian, F., Sintiya, A., Hafiza, T. H., & Lutfiah, A. N. (2022). PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. EDU MANAGE: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 3.

Nur, H. (2020). PSIKOLOGI MANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN. AKTUALITA jurnal penelitian sosial dan keagamaan, 10(2), 28.

Nur, H., Hardika Yuliati, H., Sinta, Y. S., & Imam, G. (2017). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Opan Arifudin, Rudy Hidana, Andre Julius, Y. D. B. D., Elferida Sormin, Al ghazali, Hastuti Marlina, S. L., & Rhini Fatmasari & Zuwirna, Leni Nurmiyanti, A. S. B. (2020). Psikologi Pendidikan. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Ulfah, S. R., Gemala, W., & Juniko, E. T. (2022). Manajemen Kelas. Widina Bhakti Persada Bandung.

Yansen, A. R., Hara, P., & Sulistianingsih. (2023). Psikologi Pendidikan. EUREKA MEDIA AKSARA.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Suriani, N., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25. https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.87

Issue

Section

Articles