Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.86Keywords:
Sumber Daya ManusiaAbstract
Kualitas sumber daya manusia sangat penting dalam menjalankan lembaga pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis urgensi kualitas sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Pada penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, karena seluruh data diambil dari jurnal, dan buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut; pertama, sumber daya manusia manusia merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal perasaan, keinginan, ketrampilan, pengetahuan, dorongan, daya dan karya. sumber daya manusia merupakan sumber keunggulan daya saing yang mampu menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang yang harus dihadapi oleh semua lembaga pendidikan islam. Lingkup bidang sumbar daya manusia terdiri dari bidang pekerjaan, perolehan dan penetapan sumber daya manusia, pengembangan sumber daya manusia. Kedua, mutu bagi setiap institusi adalah agenda utama dan meningkatkan mutu merupakan tugas yang paling penting. Mutu adalah kualitas memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.
References
Faiqatul, H. (2017). Kepemimpinan Islami Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MISKAT, 2(2), 131.
Fitriyah, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smpit. Jurnal ESEMA, Islamic Educationel Management, 3(2), 118.
Ita, N., & Dewi, Z. K. (2020). Peran Manajemen Sdm Dalam Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. MANAGERA: Indonesian Journal Of Education Management, 2(1), 33.
Karimah, N. dan. (2017). Kepemimpinan Islami Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MISKAT, 2(2), 131.
Ngalimun, Imam, M., & Imam, M. (2022). Internal dan Eksternal dalam Penerapan Penilaian Manajemen Mutu di Lembaga Pendidikan Islam. MUALLIMUN: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 153.
Nurul, Q. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia; teori, aplikasi dan studi empiris. CV.Pustaka Abadi.
Rahmasyah, M. F. (2023). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 50.
Supiah, N. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.