Pembelajaran Berbasis Digital di Era Revolusi Indutri 5.0
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i1.856Abstract
Revolusi Industri 5.0 menandai pergeseran paradigmatik dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, terutama melalui penerapan teknologi digital yang semakin canggih. Penelitian ini mengkaji implikasi pembelajaran berbasis digital dalam konteks Revolusi Industri 5.0, dengan fokus transformasi metode pengajaran, peningkatan keterlibatan siswa, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh lembaga pendidikan. Melalui kajian literatur, ditemukan bahwa teknologi seperti kecerdasan buatan, realitas virtual, dan augmented reality berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menyesuaikan proses pendidikan dengan kebutuhan individual siswa yang terbiasa dengan kemudahan teknologi. Namun, implementasi pembelajaran berbasis digital juga menimbulkan tantangan terkait kesenjangan digital, privasi, dan keamanan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ada berbagai tantangan, pembelajaran berbasis digital menawarkan peluang besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal, efisien, dan inklusif di era Revolusi Industri 5.0.
References
Alam, M. dkk. (2023). eBook O - Yang Terdepan dalam Teknologi Pembelajaran. In eBook.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2).
Ayu Monia, F., & Elin Yuspita, Y. (2023). Implementasi IT dalam Kesiapan Sekolah Menghadapi Akreditasi Sekolah. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 3(1). https://doi.org/10.24090/sjp.v3i1.9378
Ayuwandani, Y. (2024). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum (PSSH) Society 5.0 : Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Era Digital Society 5.0: Learning Strategies And Inovation In The Digital Era (Vol. 3).
Eka Puji Astutik, N. A. A. A. M. P. (2023). Artificial Intelligence: Dampak Pergeseran Pemanfaatan Kecerdasan Manusia Dengan Kecerdasan Buatan Bagi Dunia Pendidikan Di Indonesia. Sindoro Cendekia Pendidikan, Vol. 1(10).
Hafizah, N. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4). https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2699
Harun, S. (2022). Pembelajaran di Era 5.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR.
Imania, S., Indarti, N., & Sobakh, N. (2021). Peluang dan tantangan pembelajaran digital di era industri 4.0 menuju era 5.0”. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional, 1(1).
Kurniawan, R. A. (2022). Peran Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa.
Kusuma, C. S. D. (2020). Dampak Teknologi informasi di dalam Media Sosial dapat merubah Gaya Hidup Sosial. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 17(1).
Maharani, D., Anggraeni, D., & Nofitri, R. (2024). Pemanfaatan Artificial intelligence dalam Pembuatan Presentasi bagi Guru-Guru Brainfor Islamic School Kisaran. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 2(1). https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.219
Muhammad Yusuf, Dwi Julianingsih, & Tarisya Ramadhani. (2023). Transformasi Pendidikan Digital 5.0 melalui Integrasi Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1). https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328
Muslimah. (2023). Inovasi pendidikan abad 21 : Meningkatkan pembelajaran di era digital. Universitas Lambung Mangkurat.
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653
Siswati, B. H., Yelia, Hidayati, permata ika, Khoeriyah, E. T., & Afania, N. (2023). Ilmu Pengetahuan Dan Pedagogi Dalam Terapan Serta Teknologi. In Akademia Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadilah Falah Syifa, Mohamad Furqon, Bagas Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.