Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v1i1.80Keywords:
Strategi Guru, Motivasi BelajarAbstract
Strategi pembelajaran merupakan bagian penting dalam ketercapaian tujuan dari pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi guru al-quran hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru al-quran hadist. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian yang di dapatkan, motivasi guru al-qur’an hadist antara lain; kuis dan hadiah, memberi pujian. faktor pendukung dan penghambat guru al-qur’an hadist dalam memotivasi belajar siswa, faktor pendukungnya lingkungan, fasilitas dan orang tua, faktor penghambatnya terdapat pada pribadi anak itu sendiri serta psikologi dan ekonominya. Strategi pembelajaran yang digunakan guru al-qur’an hadist adalah hanya menggunakan strategi atau metode ceramah dalam berlangsungnya proses pembelajaran.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aziz, Mursa. Pendidikan Agama Islam: Memaknai pesan-pesan Alqur’an. Purwodadi: Sarnu Untung,2020.
Aziz, Mursal, dan Zulkipli Nasution. Metode Pembelajran Bata Tulis Al-Qur’a:Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-qur’an. Meda: Pusdikra MJ, 2020.
A Octavia, Shilphy. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan Remaja. Yogyakarta: CV Budi Utama
Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution, Al-Qur’an Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknolog i. Medan: CV. Widya Puspita, 2019.
Daryanto. Strategi Dan Tahapan Mengajar.Bandumg: CV. YramaWidya,2013 Darmadi, Hamid. (2019) Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Jakarta, Anlmage
Haidir dan Salim. (2014). Strategi Pembelajaran (Suatu pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa secara Transformatif). Medan: Perdana Publishing.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. BelajardenganPendekatan PAILKEM:PembelajaranAktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT BumiAksara. 2011.
Hamzah B. Uno. Model Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara. 2008.
Sarifandi, Suja’i. (2014) Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Hadis Nabi, Jurnal Ushuluddin Vol.XXI
Simatupang, Halim. (2019) Strategi Belajar Mengajar Abad ke-21. Surabaya, CV. Cipta Media Edukasi.
Suardi, Moh. (2017). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta. Parama Ilmu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.