Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai

Authors

  • Usman Fahmy UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dwi Gustila Anggi Putri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M.Fadhil UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M.Yudha UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v1i1.80

Keywords:

Strategi Guru, Motivasi Belajar

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan bagian penting dalam ketercapaian tujuan dari pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi guru al-quran hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru al-quran hadist. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian yang di dapatkan, motivasi guru al-qur’an hadist antara lain; kuis dan hadiah, memberi pujian. faktor pendukung dan penghambat guru al-qur’an hadist dalam memotivasi belajar siswa, faktor pendukungnya lingkungan, fasilitas dan orang tua, faktor penghambatnya terdapat pada pribadi anak itu sendiri serta psikologi dan ekonominya. Strategi pembelajaran yang digunakan guru al-qur’an hadist adalah hanya menggunakan strategi atau metode ceramah dalam berlangsungnya proses pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aziz, Mursa. Pendidikan Agama Islam: Memaknai pesan-pesan Alqur’an. Purwodadi: Sarnu Untung,2020.

Aziz, Mursal, dan Zulkipli Nasution. Metode Pembelajran Bata Tulis Al-Qur’a:Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-qur’an. Meda: Pusdikra MJ, 2020.

A Octavia, Shilphy. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan Remaja. Yogyakarta: CV Budi Utama

Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution, Al-Qur’an Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknolog i. Medan: CV. Widya Puspita, 2019.

Daryanto. Strategi Dan Tahapan Mengajar.Bandumg: CV. YramaWidya,2013 Darmadi, Hamid. (2019) Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Jakarta, Anlmage

Haidir dan Salim. (2014). Strategi Pembelajaran (Suatu pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa secara Transformatif). Medan: Perdana Publishing.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. BelajardenganPendekatan PAILKEM:PembelajaranAktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT BumiAksara. 2011.

Hamzah B. Uno. Model Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara. 2008.

Sarifandi, Suja’i. (2014) Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Hadis Nabi, Jurnal Ushuluddin Vol.XXI

Simatupang, Halim. (2019) Strategi Belajar Mengajar Abad ke-21. Surabaya, CV. Cipta Media Edukasi.

Suardi, Moh. (2017). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta. Parama Ilmu

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fahmy, U., Gustila Anggi Putri, D., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–25. https://doi.org/10.61104/alz.v1i1.80

Issue

Section

Articles