Dampak Ta’zir (Hukuman) Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Andalusia Solok Selatan
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v2i2.460Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan pondok pesantren Andalusia dalam meningkatkan kedisiplinan santri melalui ta’zir dan jenis ta’zir yang berhasil meningkatkan kedisiplinan santri. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ta’zir berdampak dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Ini terlihat dari adanya rasa kepatuhan, rasa kesadaran, dan rasa tanggung jawab dari diri santri atas perilaku yang telah diperbuat dalam melakukan pelanggaran. Upaya yang dilakukan pondok pesantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri melalui ta’zir, adanya tiga kategori dalam memberikan ta’zir, yaitu ringan, sedang dan berat. Sedangkan jenis ta’zir yang berhasil meningkatkan kedisiplinan santri dalam pelaksanaannya dan membuat santri jera yaitu ta’zir kategori berat. Demikian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan ta’zir di Pondok Pesantren Andalusia sebagian besar sudah bisa dikatakan berjalan dengan baik dan benar, pelaksanaan ta’zir yang baik dapat berdampak kepada meningkatknya kedisiplinan santri di Pondok pesantren Andalusia Solok Selatan. Sebagian besar kedisiplinan santri sudah ada peningkatan yang cukup baik.
References
Adila, A. C., Arifin, J., & Nasarruddin, R. B. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI METODE TA’ZIR (STUDI ANALISIS SANTRIWATI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MANSURIYAH). The Teacher of Civilization : Islamic Education Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1824
Bazikho, F. (2023). PENGARUH PUNISHMENT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X IIS-A DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM: FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i1.662
Dilia, D. I., Rony, R., & Trianawati, A. (2022). Pengaruh Ta’zir Terhadap Akhlak Santri Putri Pondok Pesantren. At-tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.1
Erlianti, D., Hijeriah, E. M., Suryani, L., Wahyuni, L., Sari, N., & Hartutik, D. (2024). Metodologi Penelitian: Teori dan Perkembangannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fajriah, F. (2020). MENGHUKUM ANAK SESUAI SUNNAH NABI SAW. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6229
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Herawati, F., & Yani, M. T. (2014). STRATEGI PEMBINAAN KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL IBADAH AL BAIAD SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 1012–1030. https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p1012-1030
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4117
Husni, M., Rofi, S., & Huda, H. (n.d.). Penerapan Ta’zir Sebagai Upaya Pembentukan Disiplin Siswa Di Mts Al-Mushawwir. Retrieved November 30, 2024, from http://repository.unmuhjember.ac.id/14803/10/k.%20ARTIKEL.pdf
M.Pd, A. M. A. (2020). POTRET PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN: Aplikasi Model Keteladanan dan Pembiasaan dalam Ruang Publik. EDU PUBLISHER.
Noor, A. Z. (2021). Puisi dan Bulu Kuduk. DIVA PRESS.
Rahmawati, E., & Hasanah, U. I. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), Article 1.
Saputra, A. S. (2023). MENUMBUHKAN DISIPLIN DIRI MELALUI DISIPLIN POSITIF RESTITUSI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1367
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara.
Zakiyyah, I. (2024). Manajemen Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Agama. Penerbit NEM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabilah Jihana, Martin Kustati, Rezki Amalia, Gusmirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.