Persepsi Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan di Bank Syariah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v2i2.324Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kegiatan ekonomi dan lembaga keuangan yang berkembang saat ini adalah sistem pada perbankan syariah. Perbankan syariah menggunakan model bagi hasil di setiap oprasionalnya, salah satu keunggulan yang kompetitif yang di miliki bank pada umumnya adalah pelayanan melalui peningkatan SDM berdasarkan hasil kerja karyawan, pelayanan yang diberikan menciptakan suatu kepercayaan, jika nasabah merasa puas akan pelayanan yang diberikan maka hal itu akan membuat nasabah menjadi loyal terhadap bank. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang di gunakan adalah data primer dan data skunder, yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, koesioner, dan dokumentasi, Analisis data mencakup tahap pengurangan data, penyampaian, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data kemudian diubah menjadi kata-kata atau teks, yang kemudian di masukkan ke dalam cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat, pertama kepercayaan tehadap kualitas pelayanan yang di berikan oleh Bank Syariah indonesia (BSI) KCP Panam Raya dalam meningkatkan jumlah nasabah dapat di lakukan melalui: (a) BSI menerapkan prosedur perbankan sesuai dengan prinsip-prinsip islam (b) BSI melayani calon nasabah penabung dengan baik, (c) BSI melayani nasabah penabung dengan salam dan salam, (d) BSI menunjukan rasa terimakasih dan penghargaan atas kepercayaan nasabah terhadap BSI, (e) BSI menerapkan pengelolaan yang di lakukan oleh lembaga pemerintah membuat pengelolaan dana lebih aman. Sedangkan kedua yaitu Faktor Penghambat Kurangnya Kepercayaan Masyarakat Terhadap Lembaga Keuangan Syariah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Panam Raya yaitu (a) Kurangnya pemahaman terhadap sistem oprasional perbankan syariah yang dianggap sama dengan sistem oprasional yang ada dalam Bank konvensional. (b) Faktor internal dan eksternal.
References
Aulia, R. (2021). Analisis Pendapat Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bank Syariah Indonesia Cabang Panam Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan SyarifKasim Riau)
A, Supriyanto. (2022). Peran Nilai-Nilai Islami Dalam Kewirausahaan Untuk Menunjang Sebuah Kinerja Bisnis. El-Hekam, Vol 7 No (1)
A, Supriyanto. (2021). Pertumbuhan Bisnis Online Mahasiswa Melalui Sosial Media pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, Vol 3 No (2).
Amalia, A., Siregar, S., & Sugianto, S. (2022). Transaksi Valuta Asing (Sharf) dalam Perspektif Islam dan Aplikasinya dalam Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol 8 No (2).
ArdianiA Ika, Sulistyawati, (2022): "DETEKSI MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH: SUATU KAJIAN EMPIRIS." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8.3, 3741- 3752.
Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 267, Al-Quran Terjemah Bahasa Indonesia. Kudus
Esgandari, K., Bonab, R. S., Sarmast, B., Azar, S. F., & Khalili, M. (2012). Investigation on relation between personnel organizational commitment and banking services quality. African Journal of Business Management, Vol 6 No (26)
Etta Mamang Sangajdi dan Sopiah, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: ANDI, 2013),
Herawati, N., & Sulistyowati, M. (2019). Strategi Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Dengan Optimalisasi Kualitas Pelayanan, Penangan Komplain Dan Fasilitas Teknologi Di Bank Mandiri Syariah Cabang Solo. Journal Of Management, Business And Education, Vol 6 No (2)
Hayati Mislah, Kotak Pos 35 Bogor 16770. 2 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda, Jl. Tol Ciawi, 2015, XXXV
Herawati, N., & Sulistyowati, M. (2019). Strategi Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Dengan Optimalisasi Kualitas Pelayanan, Penangan Komplain Dan Fasilitas Teknologi Di Bank Mandiri Syariah Cabang Solo. Journal Of Management, Business And Education, Vol 6 No (2),
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2004). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.
Hendri Tanjung dan Didin Hafidudin, Manajemen Syari’ah Dalam Praktik (Jakarta: Gema Insani, 2003) h. 56
Koeswara, S., & Muslimah, M. (2013). Analisis Besarnya Pengaruh Kinerja Pelayanan (Service Performance) Frontliner dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Prioritas PT. Bca, Tbk Cabang Permata Buana dengan Pendekatan Metode Regresi Linear Multiple. Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 8(1),
Lucky Rachmawati, Deasy Ayu Rahma Putri. "Analisis Tingkat Pertumbuhan Bank Syariah di Indonesia." Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam 5.1 (2022): 1-12 182923.
Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol 8 No (3), 2501-2510.
Majid, 2009. Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nasution, M. H., & Sutisna, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking. Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, Vol 1 No (1).
Purnomo dan Usman, Metode Penelitian Sosial (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013), hlm. 154
Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarjono, Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset, (Jakarta: Selemba Empat, 2013), hlm. 6-7
Saraswati, H., Sudrajat, B., Hidayat, W., Herin, T. M., Rahma, D., & Ari, A. (2023). Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Syariah Indonesia (BSI). MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, Vol 1 No (3).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D (Bandung: CV Alfabet, 2010)
Silvestro, R. & Brandon‐Jones, A. (2010). Measuring internal service quality: comparing
Susanti, C. E. (2017). Analisis persepsi konsumen terhadap kualitas produk keramik merek milan di Surabaya. Jurnal Widya manajemen & Akuntansi, Vol 3(2).
Susanti, C. E. (2017). Analisis persepsi konsumen terhadap kualitas produk keramik merek milan di Surabaya. Jurnal Widya manajemen & Akuntansi, Vol 3 No (2).
Supriyanto, A., Permatasari, R. D., Prihastuti, A. H., Saputra, T., & Bora, M. A. (2023). Kesuksesan Muslimah Pelaku UMKM: Peran Dimensi EntrepreneurialOrientation. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam,Vol 10 No (2)
Tyas, D. A., & Supriyanto, A. (2022). Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Syariah: Ditinjau Dari Halal Lifestyle, Muslim Friendly Facilities, Dan Knowledge. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(2),
Wiryaningtyas, D. P. (2019). Pengaruh Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Pada Bank Kredit Desa Kabupaten Jember. Growth, 14(2), 49-57. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growth. Volume 14 Nomor 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mhd.Ari, Nurkhozin, Putri Citra Setiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.