Peran Etika Profesi dalam Meningkatkan Kualitas Dosen Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma sebagai Pendidik

Authors

  • Devina Elysia Tri Anindya Universitas Andi Djemma
  • Irayanti Nur Universitas Andi Djemma
  • Muh. Rifqy Ramadhan Universitas Andi Djemma

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2813

Keywords:

Etika Profesi, Dosen, Pendidikan

Abstract

Dalam perannya sebagai pendidik, dosen hukum tidak hanya bertugas menyampaikan teori dan praktik hukum, tetapi juga membentuk cara berpikir kritis, objektif, dan berintegritas pada mahasiswa. Peningkatan kualitas ini merupakan bagian dari tanggung jawab moral dan profesional yang harus dijalankan sejalan dengan etika profesi, agar dosen hukum mampu menjadi teladan sekaligus agen perubahan dalam dunia pendidikan dan penegakan hukum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana etika profesi berkontribusi dalam membentuk kualitas Dosen Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma sebagai Pendidik yang profesional dan bermoral. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Keseluruhan peran etika profesi dalam meningkatkan kualitas Dosen Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma menunjukkan bahwa etika bukan hanya pelengkap administratif, tetapi merupakan bagian inti dari profesi dosen. Etika menjadi arah untuk dosen bersikap adil, jujur, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, penguatan etika profesi harus terus menjadi fokus utama dalam upaya peningkatan mutu dosen sebagai pendidik. Etika profesi tidak hanya menjadi pedoman normatif, tetapi juga melekat pada kesadaran moral sebagian besar dosen yang diwujudkan melalui sikap, perilaku, dan keteladanan dalam proses pembelajaran

References

Annur, Y. F., Yuriska, R., Arditasari, S. T., & Bengkulu, U. (2021). Pendidikan karakter dan etika dalam pendidikan. 330–335.

Dalam, P., Pajak, K., & Kota, U. (2021). Internalisasi Budaya Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi Dan Pammali Dalam Kepatuhan Pajak Umkm Kota Makassar. 19(01), 1–16.

El-faqih, J. (2018). No Title. 4, 50–67.

Hasanati, N. (2017). Pengaruh Kompetensi terhadap Komitmen Profesi pada Dosen The Influence Of Competence Toward Lecturer ’ s Profession Commitment Indonesia menjadi perhatian utama dari berbagai pihak , karena Tinggi di Republik Indonesia optimal bisa disebabkan karena profe. 9(1).

Marlia, R., Wahyuni, S., & Suharyati, H. (2025). Urgensi Filsafat Ilmu dalam Meneguhkan Integritas dan Etika Profesi Dosen. 8, 2476–2481.

Soegiarto, H., & Fathoni, M. (2024). Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Hukum dan Pariwisata, Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia. 2(4), 447–460.

Subagyo, A. dan I. K. (2023). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal Equilibrium (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Downloads

Published

2025-11-16

How to Cite

Devina Elysia Tri Anindya, Irayanti Nur, & Muh. Rifqy Ramadhan. (2025). Peran Etika Profesi dalam Meningkatkan Kualitas Dosen Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma sebagai Pendidik. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 7780–7789. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2813

Issue

Section

Articles