Digitalisasi Perbankan Syariah dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2812Keywords:
Digital Perbankan, Bank Syariah Indonesia (BSI), BSI Mobile, Kepercayaan NasabahAbstract
Fenomena penelitian ini adalah transformasi digital perbankan syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) yang memberi kemudahan, kecepatan, dan efisiensi transaksi melalui BSI Mobile. Isu yang muncul yaitu rendahnya pemahaman masyarakat tentang layanan syariah, risiko keamanan digital, serta persaingan dengan bank konvensional. Penelitian ini menyoroti bagaimana digital banking BSI membangun kepercayaan nasabah sekaligus memperkokoh eksistensi perbankan syariah di era modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana layanan digital banking di BSI mampu memfasilitasi kebutuhan transaksi nasabah serta mengidentifikasi kontribusinya dalam membangun kepercayaan terhadap layanan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berlandaskan postpositivisme dengan peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan digital banking di BSI KC Makassar melalui BSI Mobile memudahkan nasabah dalam membuka, memperbarui, hingga menutup rekening secara digital dengan verifikasi sidik jari dan identitas. Digitalisasi ini meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan transaksi sekaligus memperkuat kepercayaan nasabah melalui unsur kompetensi, kebaikan hati, dan integritas yang saling melengkapi sehingga membangun loyalitas nasabah serta memperkokoh eksistensi perbankan syariah di era digital. Implikasinya, BSI perlu terus memperkuat teknologi, keamanan, dan inovasi layanan agar kepercayaan nasabah tetap terjaga.
References
Ainia, R. N. (2025). Peran Financial Technology Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Al-Fatih Global Mulia, 7(1), 20–33.
Alabshar, N., Pujiwati, L. A., Munawaroh, T., & Fatoni, Z. (2024). Disabilitas dan Kemiskinan Ekstrem di Indonesia: Analisis Data Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2020. Jurnal Kawistara, 14(1).
Al-Duhaidahawi, H. M. K., Zhang, J., Abdulreza, M. S., Harjan, S. A., & Shah, S. S. H. (2019). The Role of Financial Inclusion and Competitive Advantage: Evidence from Iraqi Islamic Banks. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(3), 193–199.
Amaliyah, Z., & Hadi, R. (2025). MEMBANGUN KEPERCAYAAN NASABAH MELALUI SERVICE EXCELLENCE:(Studi Kasus pada Nasabah Kelolaan SGK di Bank Mandiri). Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 499–505.
Amrillah, M. U. (2020). Urgensi Pembentukan Undang-Undang Digital Banking Bagi Perbankan Syariah Di Indonesia. Lex Renaissance, 5(4), 928–945.
Anggreni, M., & Taufiq, M. (2022). Urgensi Transformasi Digitalisasi Perbankan Syariah Secara Masif Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 115–128.
Aripin, N. T., Fatwa, N., & Hannase, M. (2022). Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi Dan Inklusi Keuangan Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 29–45.
Bank Syariah Indonesia. (2023). Market Share Perbankan Syariah Terus Meningkat, Laba BSI Tumbuh 31%. Https://Www.Bankbsi.Co.Id/News-Update/Berita/Market-Share-Perbankan-Syariah-Terus-Meningkat-Laba-Bsi-Tumbuh-31.
Hisam, M. (2023). Tinjauan kinerja Bank Syariah Indonesia (BSI): Perkuat aset dan visi misi yang efektif. Currency (Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah), 2(1), 202–221.
Ikhwal, N. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Syariah Kota Batam. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2(2), 185–195.
Iqbal, J., Heriyani, H., & Urrahmah, I. (2021). Pengaruh Kemudahan dan Ketersediaan Fitur terhadap Penggunaan Mobile Banking. Global Financial Accounting Journal, 5(2), 25–36.
Isra’Ahmad, N. (2025). PRODUCT EXCELLENCE AND SERVICE EFFECTIVENESS AT BSI: KEY TO CUSTOMER LOYALTY OF EASY WADIAH PRODUCTS. Journal of Islamic Studies [Z-ISLAMICA], 1(2).
Junaedi, E., & Neneng, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang. Islamic Banking & Economic Law Studies (I-BEST), 2(1), 13–32.
Kamarudin, F., Sufian, F., Nassir, A. M., Anwar, N. A. M., & Hussain, H. I. (2019). Bank efficiency in Malaysia a DEA approach. Journal of Central Banking Theory and Practice, 8(1), 133–162.
Mawarni, R. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 39–54.
Mujib, A. (2015). Pendekatan Fenomenologi dalam Studi Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 167–183.
Putri, D. C. P., & Lutfianti, A. (2024). Peran teknologi finansial FinTech dalam mengubah layanan perbankan tradisional. Media Hukum Indonesia (MHI), 2(4).
Rizal, S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Terhadap Kepercayaan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Journal of Law and Economics, 1(1), 32–41.
Simanjuntak, M. H. (2023). Jumlah pengguna BSI Mobile naik 39 persen pada 2022 capai 4,81 juta. Https://Www.Antaranews.Com/Berita/3375894/Jumlah-Pengguna-Bsi-Mobile-Naik-39-Persen-Pada-2022-Capai-481-Juta.
Sukma, Y. A. A., Agustina, L., Mahmudah, D., Setiawan, A. B., Mustika, R., Dunan, A., & Ratnawati, A. (2019). Perkembangan ekonomi digital di Indonesia: strategi dan sektor potensial. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Aplikasi Informatika Dan Informasi Dan Komunikasi Publik Badan Penelitian Dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi Dan Informatika.
Syabatullah, S., & Tambunan, K. (2024). Kompetensi Custumer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Nasabah Pada Kantor Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. Journal Sains Student Research, 2(1), 342–361.
Undang-Undang, R. I. (1998). Nomor 10 tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 tahun 1992 Tentang Perbankan. Lembaran Negara Republik Indonesia.
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 3(1), 1–10.
Woetzel, J., Thomas, R., Barquin, S., & Devesa, T. (2021). Future of Asia: The future of financial services. McKinsey & Company. https://www. mckinsey. com/industries/financial-services ….
Yati, N., Gani, I., & Hamid, S. (2024). Analisis Penerapan Strategi E-Service Quality dalam Upaya Mempertahankan Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Makassar Veteran. Journal of Institution and Sharia Finance, 7(2), 1–13.
Zahiruddin, I. A. (2015). Digital Banking: Meningkatkan Akses dan Pelayanan. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 19, 3–5.
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Supriadi, Sufiani Zahra, Muhammad Sabian Rafif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a