Pemahaman dan Preferensi Ibu Pada Produk Kosmetik Halal Anak di Kecamatan Manggala Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2792Keywords:
Pemahaman Ibu, Preferensi Ibu, Kosmetik Halal, Produk AnakAbstract
Pertumbuhan industri kosmetik halal mengalami peningkatan yang sangat pesat, termasuk di Indonesia yang memiliki populasi muslim terbesar dan menjadi salah satu pasar utama. Permintaan terhadap produk yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman semakin meluas, tidak hanya pada sektor makanan dan minuman, tetapi juga pada kosmetik dan perawatan tubuh. Meski demikian, perhatian akademik terhadap kosmetik halal khusus untuk anak masih minim, padahal anak-anak juga menggunakan produk perawatan tubuh dan pilihan mereka sangat dipengaruhi oleh orang tua, terutama ibu. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemahaman dan preferensi ibu terhadap produk kosmetik halal anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif eksploratif dengan melibatkan 10 ibu yang memiliki anak usia 3–7 tahun yang bersekolah di Sekolah Islam Terpadu di Kecamatan Manggala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibu di Kecamatan Manggala memiliki pemahaman dan preferensi yang mendalam terhadap produk kosmetik halal anak, ditunjukkan melalui pilihan yang konsisten dan loyal pada merek terpercaya, serta peran aktif dalam membentuk pola konsumsi halal sejak dini. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi edukasi dan kebijakan yang mendukung konsumsi halal sejak usia dini.
References
Agus, Z. (2024). Metode Rasulullah Saw Dalam Mendidik Anak Usia 3-7 Tahun. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 226–234.
Arlina, S. (2018). Perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online produk kosmetik (pemutih wajah) yang mengandung zat berbahaya berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999. UIR Law Review, 2(1), 317–330. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/uirlrev.2018.2.01.991
Aryandhana, D., Bintarti, S., & Hidayatullah, R. (2021). Pengaruh persepsi dan preferensi masyarakat terhadap keputusan pembelian perumahan syariah di Kabupaten Bekasi. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 191–206.
Bakri, A. R., & Nasucha, J. A. (2021). Pengaruh bermain peran terhadap interaksi sosial anak usia dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79.
Chairunnisyah, K., Ak, M. F., & Wathan, H. (2020). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Ibu Muslim Kota Medan Dalam Mengkonsumsi Produk Makanan Halal. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 1(1), 43–49.
Chalim, A., & Setiawan, I. (2024). Dampak Makanan Halal Terhadap Karakter Mahasiswa Politeknik Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Gabungan Bidang Sosial, 6, 134–142.
Farida, S., Zahra, N. A., & Derajat, S. P. (2025). Persepsi Konsumen Terhadap Strategi Branding Pada Produk Kosmetik Halal Di Indonesia. KRAKATAU (Indonesian of Multidisciplinary Journals), 3(1), 51–57.
Faturohman, I. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli terhadap Makanan Halal. Studi pada Konsumen Muslim di Indonesia. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 882–893. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/irwns.v10i1.1525
Goff, G. K., & Stein, S. L. (2025). Cosmeceuticals in the Pediatric Population Part I: A Review of Risks and Available Evidence. Pediatric Dermatology, 42(2), 221–227.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.
Hakiki, H., & Priantina, A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Halal Pada Produk Kosmetik Di Kalangan Generasi Z. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah (Al-Intaj), 10(1), 81–95.
Hidayat, D., Maskur, M., & Budiman, B. (2024). Kontribusi Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Kebiasaan Makan Halal pada Anak Usia Dini. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 3(3), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/riggs.v3i3.368
Husnullail, M., & Jailani, M. S. (2024). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam riset ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 70–78.
Isra’ Ahmad, N., Supriadi, Bando, U. D. M. A., & Wazithah T, M. A. (2025). Tren Kosmetik Halal di Kalangan Generasi Z Makassar: Pemahaman Label dan Pengaruhnya pada Pilihan Pembelian. Journal of Innovative and Creativity, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.467
Isra’Ahmad, N., Supriadi, S., & Khaerunnisa, K. (2025). Kontribusi Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Etika Konsumsi Islami. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1019–1030.
Isra’Ahmad, N., Supriadi, S., Sudirman, S., & Samsul, S. (2025). Pendampingan Sertifikasi Halal sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM pada Produk Keripik Bayam Sapiria (Kribas) Kota Makassar. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 270–280.
Karimah, I. (2015). Perubahan kewenangan lembaga-lembaga yang berwenang dalam proses sertifikasi halal. Jurnal Syariah, 3, 108.
Mandasari, N. F., Hasanuddin, R., & Ashdaq, M. (2025). PREFERENSI PRIORITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SULAWESI BARAT DALAM PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 1–10.
Mardianto, D., Siradjuddin, S., & Muin, R. (2025). Peran Penghematan Dalam Dimensi Tersembunyi Merek Halal Pada Adopsi Produk Halal Berkelanjutan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 2(4), 1159–1170. https://doi.org/https://doi.org/10.70248/jakpt.v2i4.2379
Mawardi, I., Zahroh, L. A., & Lindra, K. F. P. (2025). PENGARUH RELIGIUSITAS, KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL KOSMETIK EMINA. CURRENCY (Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah), 4(1), 589–599. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/currency.v4i1.1002
Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian eksploratif komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 65–74.
mybaby.co.id. (n.d.). Menentukan Produk Kosmetik Aman untuk Bayi. Https://Www.Mybaby.Co.Id/Read/Perawatan-Anak/Menentukan-Produk-Kosmetik-Aman-Untuk-Bayi.
NADA, N. T. Z., & Muzammil, S. (2025). FATWA MUI TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK. Jurnal Ekonomi & Manajemen Bisnis, 2(01), 36–47.
Nadja, R. A., & Halimah, A. S. (2023). Preferensi konsumen terhadap pangan. Penerbit Nem.
Nasution, N. L., Sit, M., & Sitorus, A. S. (2025). Eksplorasi Pemahaman dan Pengalaman Ibu terhadap Makanan Halalan Toyyiban pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(2), 916–924. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v8i2.1130
Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan langkah penelitian antropologi: Sebuah literature review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 44–68.
Panjaitan, J. A. R., Listy, A., Az-Zahra, S., & Wulandari, D. A. (2025). HUKUM DAN KEHALALAN PRODUK KOSMETIK BAGI PEREMPUAN DALAM ISLAM, STUDY LITERATUR. Jurnal Inovasi Dan Kolaborasi Nusantara, 6(2).
Pratama, D. B., & Hartati, N. (2020). Pengaruh Literasi Halal Dan Religiositas Terhadap Konsumsi Produk Halal Pada Mahasiswa Mks Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Finansha-Journal of Sharia Financial Management, 1(2), 1–12.
Rizal, S. (2025). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Nivea For Men di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Teknologi, 2(1), 32–45.
Salsabila, M. F., Triani, I., Zahwa, & Izzatunnisa, N. (2025). Keputusan Membeli Kosmetik Halal di Kalangan Generasi Z. Al-Fiqh, 3(1), 60–75. https://doi.org/10.59996/al-fiqh.v3i1.650
Saputra, D. E., Nazira, N. A., Putri, F. W., & Hidayati, A. N. (2025). MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI EKOSISTEM INDUSTRI HALAL DI INDONESIA. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 2(4), 81–93.
Sari, A. F. K., & Junaidi, J. (2020). Fenomena label halal is it a awareness or branding. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.915
Solikatun, S., Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang). Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1).
Surya, B., & Syafri, S. (2020). Kutub Pertumbuhan Dan Gentrifikasi Pada Kawasan Pinggiran Kota Makassar. Urban and Regional Studies Journal, 3(1), 13–22.
Susanti, K. H. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Preferensi Masyarakat Memilih Produk Bank Syariah Indonesia Cabang Garut. Persya: Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 25–30.
The Business Research Company. (2025). Halal Cosmetics Global Market Report 2025. Https://Www.Thebusinessresearchcompany.Com/Report/Halal-Cosmetics-Global-Market-Report.
Ummah, N., Arafah, M., & Darwis, R. H. (2025). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Preferensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Customer Tokonushop Bone). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 5(1), 64–76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Isra' Ahmad, Supriadi, Muhammad Ashdaq, Diarti Andra Ningsih, R Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a