Relevansi Ajaran KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim Terhadap Etika Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Jombang

Authors

  • M Ikhsan Nurdin Universitas Hasyim Asyari, Tebuireng, Jombang
  • Umul Khirotus Universitas Hasyim Asy’ari Jombang
  • Ani Ramada Universitas Hasyim Asyari, Tebuireng, Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2636

Keywords:

KH. Hasyim Asy'ari, Adabul Al-'Alim wa Al-Muta'allim, Etika Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji relevansi ajaran etika KH. Hasyim Asy'ari dalam kitab klasik Adabul Al-'Alim wa Al-Muta'allim terhadap etika mahasiswa di Universitas Hasyim Asy'ari Jombang. Universitas ini mengintegrasikan ilmu agama dan umum dan berkomitmen mencetak lulusan berilmu dan berakhlak mulia. Penelitian menggunakan metode yuridis-empiris dengan pendekatan konseptual, melibatkan wawancara dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai etika yang diajarkan KH. Hasyim Asy'ari dalam kitab tersebut masih sangat relevan dengan perilaku dan etika mahasiswa UNHASY, mencakup sikap hormat kepada guru, pengaturan diri dalam pembelajaran, tanggung jawab akademik, serta kesadaran spiritual. Pengamalan ajaran ini telah membentuk budaya etika yang baik di kampus, meski masih ada tantangan seperti kedisiplinan waktu. Diharapkan kitab ini dapat dijadikan mata kuliah atau kajian rutin untuk memperkuat budaya akademik sesuai prinsip adab dan akhlak Islam

References

DPM UNHASY. (n.d.). Sejarah. https://dpm-unhasy.or.id/sejarah

Faruq, I. (2024). Nilai–nilai Pendidikan Akhlak pada Kitab Ta’lim Muta’allim dan Aktualisasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 448–452.

Hakim, L., Asy’, H., Wal, A., Asy’, K. H. H., Wal, A., Asy’, K. H. H., Wal, A., Hasyim, K. H., & Pendahuluan, A. (2019). Adabul ‘Alim wal Muta’alim. Jurnal Media Kita, 03, 56. Surabaya: Universitas Airlangga.

Khuluq, L. (2013). Fajar Kebangunan Ulama: Biografi K.H. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: LKIS Printing Cemerlang.

Marzuki, P. M. (2021). Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana.

Musafak, M. A. (2020). Etika Ideal Murid dan Guru Perspektif KH. Muhammad Hasyim Asy’ari: Tinjauan Kitab Adabul ’Alim Wal Muta’allim. Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(2), 45–64.

Pasaribu, R. B., Nainggolan, K. G., Simbolon, N. R., & Tarigan, R. B. (2024). Etika Mahasiswa di Lingkungan Pendidikan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1), 114–120.

Rachman, R., Ardiansyah, E., Friskanov, I. S., & Saleh, M. (2022). Edukasi Tentang Pentingnya Kesadaran Mahasiswa dalam Etika di Kehidupan Kampus. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 106–111.

Sagala, S. (2022). Etika Akademik di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 8359–8370.

Wahyuni, S., & Ibrahim, R. (2017). Pemaknaan Jawa Pegon dalam Memahami Kitab Kuning di Pesantren. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 17(1), 4–21.

Winingsih, H., Syafe’i, I., Fauzan, A., & Fadilah, M. K. (2022). Konsep Akhlak dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan Implementasinya pada Pembinaan Akhlak Santri. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 114–129.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

M Ikhsan Nurdin, Umul Khirotus, & Ani Ramada. (2025). Relevansi Ajaran KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim Terhadap Etika Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(6), 8320–8328. https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2636

Issue

Section

Articles