Persepsi Mahasiswa Teknik Mesin Upi Terhadap Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Dunia Akademik Dan Industri
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2536Keywords:
Amanah, Shiddiq, Etika Profesi, Teknik Mesin, Pendidikan IslamAbstract
Tuntutan dunia industri terhadap insinyur profesional yang memiliki integritas moral kuat menjadikan integrasi nilai-nilai etika Islam dalam pendidikan tinggi teknik sebagai kebutuhan mendesak. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi persepsi mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengenai aktualisasi nilai Amanah (kepercayaan) dan Shiddiq (kejujuran) dalam praktik akademik serta relevansinya bagi dunia industri. Melalui metode kajian literatur kualitatif, penelitian ini mensintesis berbagai sumber ilmiah bereputasi yang membahas etika Islam, pendidikan teknik vokasional, dan konsekuensi pelanggaran etika profesional. Temuan menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa memiliki kesadaran normatif yang tinggi terhadap nilai-nilai Islam dalam aktivitas akademik, masih terdapat kesenjangan signifikan dalam kemampuan menerjemahkan nilai tersebut ke dalam respons praktis terhadap dilema etika industri. Kajian ini menegaskan bahwa tanggung jawab profesional dalam bidang teknik tidak dapat dipisahkan dari prinsip-prinsip etika Islam, sehingga diperlukan penguatan kurikulum melalui studi kasus etika terapan yang menghubungkan integritas akademik dengan kompetensi etis industri. Implikasinya menekankan pentingnya penyempurnaan kurikulum dan penelitian lanjutan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam pengambilan keputusan etis di situasi profesional yang nyata
References
Abrar, M., & Ihza, M. H. (2024). Pemetaan Bibliometrik Terhadap Distribusi Pendapatan Sebagai Instrument Pengentasan Kemiskinan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sekretari, 9(2), 83–96. https://doi.org/10.35870/jemensri.v9i2.3003
Aini, K. N., Apriliana, N. A., & Utami, R. R. A. P. (2022). Kejujuran Mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam Sudut Pandang Akademik. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(2), 229–241.
Bunga, Y. D., & Sukwadi, R. (2024). Penerapan Kode Etik Profesionalisme Profesi Insinyur: Pelaksanaan Pembangunan Rumah Susun Polres Manggarai Barat Ntt. Jurnal Praktik Keinsinyuran, 1(03), 229–242. https://doi.org/10.25170/jpk.v1i03.6207
Chapfika, B. (2008). The role of integrity in higher education. International Journal for Educational Integrity, 4(1). https://doi.org/10.21913/ijei.v4i1.192
Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). No Title 済無No Title No Title No Title. 20(1), 167–186.
Digital, T. (2025). Jurnal Pekayunan SCIENTIFIC WRITING TRANSFORMATION : AI IMPLEMENTATION IN Jurnal Pekayunan. 1, 12–21.
Hidayat, M. U., & Najah, I. N. (2020). Konsep Ihsan Perspektif Al- Qur ’ an Sebagai Revolusi Etos Kerja M . Ulil Hidayat Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Isma Nurun Najah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta A . Pendahuluan Al-Qur ` an sebagai pedoman hidup utama seorang muslim mendorong. 3(1), 22–40.
Ibrahim, M., Islam, S., Zohriah, O., & Azid, M. (2024). Addressing contemporary ethical and moral issues through islamic education. Journal on Islamic Studies, 1(1), 36–51. https://doi.org/10.35335/kbbzar83
Ichsan, A. S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi Gls Di Mi Muhammadiyah Gunungkidul). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 69–88. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.189
Id, S. (2025). INDONESIA-Tamplate Al-Zayn.
Kardina Engelina Siregar, & Ali Musri Semjan Putra. (2024). The Efficiency of Islamic Higher Education Curriculum in Indonesia : A Literature Review on Improving Intellectual Competence and Work Readiness Through Islamic Religious Education. International Journal of Studies in International Education, 1(4), 44–59. https://doi.org/10.62951/ijsie.v1i4.111
M. Wahyu Hidayat, & Janan, M. (2023). Enhancing Moral Integrity: Islamic Education’S Role in Fostering Superior Character Within Islamic Boarding School Management. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 5(2), 155–164. https://doi.org/10.52627/managere.v5i2.334
Mahasiswa, H., Arab, P. B., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Belajar, T., Humanistik, D., Penerapan, U., Bahasa, P., Khofshoh, A., Chikmah, R., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Yunus, M., & Bakar, A. (2023). MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Efektivitas 5 Madzhab Shofiyatu Zahrotil Muniroh Rika Triambarwati Diria Putri. 3(2).
Muhammad Hafizd Fauzi, Salwa Salsabila, Aghnia I’lmi Diniyati, Annisa Rizki Pebriani, Raden Ayu Intan Fithriya, & Edi Suresman. (2025). Integrasi Nilai Islam dan Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi dalam Perspektif Akademik dan Keagamaan. Reflection : Islamic Education Journal, 2(2), 186–196. https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.771
Murhayati, S. (2025). Integrasi Nilai Islam dalam Model Kurikulum Berbasis TIK Integration of Islamic Values in ICT-Based Curriculum Model. Iqra, 20(01), 58–66. https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.6618
Noviandari, H., Utami, F. P., Wahyuningsih, E. T., Stai, T., & Yogyakarta, I. (2024). Integration of Islamic education and character education: Strategies to build moral integrity in madrasah institutions. Islam in World Perspectives, 5(1), 123–132. http://journal2.uad.ac.id/index.php/IWP/index%7C
Prasetiyo, J., & Harto, P. (2023). Gender Diversity dan Keahlian Keuangan Komite Audit dalam Memprediksi Financial Statement Fraud. Owner, 7(3), 2150–2159. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1560
Purnama, W., Nasir, T. M., & Erihadiana, M. (2024). Student Perceptions of the Basic Concepts of Islamic Education. Ta`dib: Jurnal Pendidikan Islam, 29(2), 193–209.
Putra, R. A. R. (2021). Menilik Nilai – Nilai Keislaman dalam Etika Profesi Personal Pengembang Teknologi Pembelajaran. JIE (Journal of Islamic Education), 6(2), 158. https://doi.org/10.52615/jie.v6i2.218
Ridwan, R. S., Fatya, S. N., & Fauziutami, F. (2022). Relevansi Lulusan Teknologi Pendidikan pada Profesi Pengembang Media Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(1), 23–33. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.43506
Susanto, E. E., & Suryani, Z. (2024). 牛凯 1 ,张平 2 ( 1. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, 3(62293481), 2413–2426.
Tremblay, J., Regnerus, M. D., Educação, S. D. A. S. N. D. E., Júnior, F. T., Sanfelice, J. L., Tavares Júnior, F., Dourado, L. F., Brito, M. M. A. de, Maiti, Bidinger, Sposito, M. P., Dubet, F. F., Ribeiro, C. A. C., Silva, N. do V., Barbosa, M. L. de O., Cunha, N. M., Dayrell, J., Rogošić, S., Baranović, B., … Alves, S. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Educacao e Sociedade, 1(1), 1689–1699. http://www.biblioteca.pucminas.br/teses/Educacao_PereiraAS_1.pdf%0Ahttp://www.anpocs.org.br/portal/publicacoes/rbcs_00_11/rbcs11_01.htm%0Ahttp://repositorio.ipea.gov.br/bitstream/11058/7845/1/td_2306.pdf%0Ahttps://direitoufma2010.files.wordpress.com/2010/
Wilkinson, J. (2015). Digital Receipt Page. 1(Bb 54277138), 4473839.
Zin, M. Z. M., Amin, A. A., Ishak, A. H., Ahmad, N. A., & Sulaiman, R. (2024). Integrity Of Professional Muslim Workforces: Relationship Between Integrity and Religiosity Based on Islamic Teachings. International Journal of Religion, 5(12), 661–670. https://doi.org/10.61707/341gbe94
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karyadi Dwi Nurally, Fauzan Dwi Ramadhan -, Veni Hapsari, Rulli Firmansyah, Jenuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a