Pengembangan Media Aplikasi Pembelajaran Berbasis Internet Untuk Siswa Kelas 4 SD Pada Pelajaran Matematika Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2530Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, Internet, Matematika, StatistikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pembelajaran matematika yang lebih interaktif pada materi statistika kelas 4 SD yang selama ini masih terbatas pada media konvensional sehingga belum mampu menghadirkan konsep secara konkret dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis internet yang dirancang untuk memfasilitasi pemahaman konsep statistika melalui fitur visual dan interaktif. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh validasi sangat baik dari ahli media dan ahli materi, serta mendapat respon positif dari siswa dan guru. Penggunaan aplikasi juga mampu meningkatkan pemahaman siswa berdasarkan perbandingan nilai sebelum dan sesudah pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa aplikasi berbasis internet yang dikembangkan efektif mendukung proses pembelajaran matematika dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, fleksibel, dan bermakna bagi siswa sekolah dasar
References
Arsyad, A. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Lestari, A. (2023). Pengaruh Media Interaktif terhadap Pemahaman Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 145-152.
Munir. (2022). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Sugiyanto, E. (2022). Teknologi Digital dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 22-31.
Yulianti, F., & Ramdani, H. (2021). Media Interaktif untuk Materi Statistika Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 190-198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heri Setiyawan, Panji Agung Prayogi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a