Konsep Ekoteologi Dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Qur’an Tematik Dengan Pendekatan Grounded Theory
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2513Keywords:
Ekoteologi, Al-Qur’an, Grounded Theory, Tafsir TematikAbstract
Krisis ekologis global menuntut pendekatan interdisipliner, termasuk dari perspektif keagamaan. Dalam Islam, Al-Qur’an diyakini memuat prinsip-prinsip dasar etika lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengonstruksi konsep ekoteologi dalam perspektif Al-Qur’an dengan pendekatan tafsir tematik yang dipadukan dengan metode Grounded Theory. Data primer berupa ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan alam, penciptaan, dan tanggung jawab manusia dianalisis melalui tiga tahap koding: open, axial, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an membangun narasi ekoteologis yang kuat melalui konsep tauhid, kekhalifahan, keseimbangan (mīzān), dan larangan terhadap kerusakan (fasād). Keempat konsep ini saling terhubung dalam membentuk landasan normatif dan spiritual terhadap kesadaran ekologis dalam Islam. Penelitian ini menawarkan kerangka konseptual untuk ekoteologi Islam yang didasarkan pada Al-Qur'an yang tidak hanya bersifat teoretis tetapi juga praktis untuk membangun etika transformatif untuk lingkungan. Selain itu, pendekatan ini menunjukkan kemungkinan integrasi antara metode kualitatif dan studi tafsir dalam pembentukan teori berbasis teks keagamaan
References
Afriandi, Budi, Tamrin Kamal, Rosniati Hakim, Halim Hanafi, Julhadi, and Hengki Ras Bumi. “Objek-Objek Kajian Filsafat Ilmu (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) Dan Urgensinya Dalam Kajian Keislaman.” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat 7, no. 1 (2024): 72–80.
Amanda, Restu Rizki, Cucu Surahman, Elan Sumarna, Faiz Aswa Nazhan, and Rifqi Fathan Saepudin Muzakki. “Analisis Strategi Pembelajaran Dalam Surat An-Nahl Ayat 11: Kajian Tafsir Tarbawi.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 6, no. 2 (2025): 141–54. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i2.18825.
Andi, Azhari. “Kepemimpinan Perspektif Alquran; Interpretasi Semiotik Qs. Al-Baqarah (2): 30-34.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir 4, no. 1 (2019): 45–60. https://doi.org/10.32505/tibyan.v4i1.883.
Andi Iting, Muhammad Yusuf, and Hasyim Haddade. “Al Tawakkal Dalam Al Qur’an.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6, no. 1 (2025): 1–15. https://doi.org/10.55623/au.v6i1.380.
Andini, Riddo. “Konservasi Lingkungan Berbasis Ekologi Integral Perspektif Al-Qur’an,” 2022.
Diansah, Edo Ardo Arta, Erwin Erwin, Wahyu Agung Prasongko, Ali Nurdin, and Siti Aisyah. “Urgensi Evaluasi Dalam Komunikasi Dakwah Menurut Tafsir Ibnu Katsir QS. Al-Hasyr Ayat 18-19.” Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam 5, no. 3 (2024): 293–312. https://doi.org/10.58401/takwiluna.v5i3.1686.
Filmizan, Andri Nirwana AN, Ainur Rhain, Yeti Dahliana, and Syamsul Hidayat. “Kata Mizan Dalam Prespektif Tafsir Al-Mizan Dan Implikasinya Terhadap Nilai Pendidikan (Kajian Surat Ar-Rahman Dan Al-Hadid).” Al-Mau’izhoh 6, no. 1 (2024): 585–95. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9428.
Harahap, Ahmad Yunus, and Suwarno. “Komunikasi Dua Arah Sebagai Interaksi Edukatif Dalam Kisah Nabi Ādam Alaihi Al-Salam (As).” Jurnal Studi Pendidikan Islam 6, no. 2 (2023): 230–47.
Huda, Nurul. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAH LUQMAN DAN APLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN PAI.” An-Nahdhah 14, no. 1 (2021): 272–300. https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/download/101/71/.
Ikhsan, Hidayatul. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAH LUQMAN DAN APLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN PAI,” no. 183 (2022): 4.
Kahfi, A L, and Hamidullah Mahmud. “Penerapan Etika Amanah Dalam Manajemen Kepemimpinan Modern Perspektif Q.S Al-Ahzab : 72 Berdasarkan Tafsir Al-Misbah.” Al-Munir: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (2024): 293–314.
Kosasih, Ahmad. “Pendekatan Grounded Theory (Grounded Theory Aproach) Sebuah Kajian Sejarah, Teori, Prinsip Dan Strategi Metodenya.” Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dosen UNINDRA 2018 5 (2018): 122–32.
Mudin, Moh Isom, Hamid Fahmy Zarkasyi, and Abdul Kadir Riyadi. “Prinsip Ekologis Untuk Kehidupan Berkelanjutan Perspektif Teologi Islam: Kajian Atas Kitab Rasail Al-Nur Sa`id Nursi.” Fikrah 9, no. 1 (2021): 45–62. https://doi.org/10.21043/fikrah.v9i1.9018.
Nisa, Rani Khairun. “Ayat-Ayat Kauniyah Dan Implikasi Teologisnya Dalam Al-Qur’an,” 2023, 1–103.
Nurhayati, Aisyah, Zulfa Izzatul Ummah, and Sudarno Shobron. “Kerusakan Lingkungan Dalam Al-Qur’an.” Suhuf 30, no. 2 (2018): 194–220.
Nurrahmi S., Anti, Irfan Safrudin, Ahmad Hasan Ridwan, and Sohifah Sohifah. “Keseimbangan Ekologis Dalam Perspektif Islam: Studi Komparatif Tafsir Al-Misbah Dan Tafsir Al-Azhar.” Islamica 7, no. 2 (2023): 31–42. https://doi.org/10.59908/islamica.v7i2.115.
Quraish Shihab, Karya M. “PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Surat Al-A’raf Ayat 56-58 Tafsir Al Misbah,” 2011.
Rifzikka, Safira Azmy. “Studi Analisis Tafsir Surah Ar-Rum Ayat 41 Tentang Kerusakan Lingkungan.” Journal of Islamic Studies and Humanities 9, no. 2 (2024): 254–98. https://doi.org/10.21580/jish.v9i2.23659.
Widiastuty, Hesty, and Khairil Anwar. “Ekoteologi Islam : Prinsip Konservasi Lingkungan Dalam Al-Qur ’ an Dan Hadits Serta Implikasi Kebijakannya” 11, no. 1 (2025): 465–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isna Tsania El-Habsa, Muhammad Alif, Sholahuddin Al Ayubi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a