Analisis Kebijakan PAI dalam Menangani Kasus Guru yang Dilaporkan ke Polisi Akibat Pemberian Hukuman Terhadap Siswa di Sekolah

Authors

  • Hasnan Ahmad Habiballah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Umi Farihah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Khoirul Anwar UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2509

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Disiplin, Hukuman Fisik, Pedoman Guru

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran kebijakan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memberikan pedoman bagi guru dalam menerapkan tindakan disiplin di sekolah, khususnya hukuman fisik. Penelitian ini menyoroti kekhawatiran yang berkembang mengenai pelaporan guru ke polisi akibat pemberian hukuman fisik, meskipun hal tersebut masih sering diterapkan dalam pendisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana PAI dapat memberikan pedoman yang jelas bagi guru dalam menerapkan disiplin sesuai dengan nilai-nilai Islam, sambil menghindari dampak hukum. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis pustaka sebagai metode pengumpulan data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun hukuman fisik masih diterima dalam konteks tertentu, hal tersebut harus digunakan sebagai solusi terakhir, dengan penerapan disiplin berbasis dialog dan pendekatan restoratif lebih diprioritaskan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran PAI sangat penting dalam menyediakan pedoman disiplin yang adil, mengedepankan hak siswa, serta melindungi profesi guru dari potensi pelaporan hukum.

References

Afrita, Fitri, and Fadhilla Yusri. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja.” Educativo: Jurnal Pendidikan 2(1):14–26.

Ali, Mohammad, and Muhammad Asrori. 2022. Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Amir, Erwin, Safaruddin Safaruddin, and Suriyati Suriyati. 2024. “Implementasi Teknik Punishment Dalam Menangani Kedisiplinan Shalat Berjama’ah Siswa Di Madrasah Aliyah.” Journal of Instructional and Development Researches 4(2):85–96.

Anggraini, Nadia Dian, Hesti Sadtyadi, and Urip Widodo. 2024. “Deteksi Dini Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 4(1):476–91.

Asma, Nurul, and Hasrian Rudi Setiawan. 2025. “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMK Swasta Mulia Medan.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 4(4):7082–93.

Chairunnisaa, Amalda. 2024. “Implementasi Disiplin Positif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Lamper Kidul 02 Semarang.”

Ernawati, Ernawati, Munasir Munasir, Rosihan Anwar, Hafidin Nurhadi, and Didin Nuriana. 2024. “Penegakan Disiplin Positif Sebagai Upaya Meminimalisir Hukuman Fisik Dan Non Fisik.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10(16):286–96.

Fatoni, Agus. 2025. “Peran Majelis Pecinta Rasulullah SAW Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Masyarakat Kampung Negeri Batin Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan.”

Harmathilda, Harmathilda, Ahmad Fauzan, Octaviani Afifah, Siti Khofifah, and Iredho Fani Reza. 2024. “Kedisiplinan Diri Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Remaja Perspektif Islam.” Educate: Journal of Education and Learning 2(2):95–108.

Herlanda, Viandra Naufalita, Utari Nur Setiyati, Oktabella Safara Pangestika, and Havidz Cahya Pratama. 2024. “Analisis Dampak Kedisiplinan Dalam Berseragam Pada Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang.” Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan 9(1):27–34.

Indriani, Nina, and Indrianis Suryani. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Khazanah Pendidikan 17(1):242–52.

Issabila, Fardhini, and Moh Nahrowi. 2025. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Plus Sunan Giri Puger.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 15(1):46–65.

Iswatiningsih, Daroe. 2025. “Pendidikan Keras Di Masa Lalu Dan Relevansi Hukuman Fisik Di Sekolah Saat Ini.” Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 4(5):541–46.

Kamaluddin, Moh. 2024. “Penerapan Hukuman Pidana Dalam Kasus Kekerasan Terhadap Anak Di Dunia Pendidikan: Perspektif Hukum Pidana Dan Perlindungan Anak.” J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah 3(6):5882–87.

Kapioru, Raynel Matheus, Jimmy Pello, and Reny Rebeka Masu. 2025. “Analisis Konsep Keadilan Restoratif (Restorative Justice) Dalam Kasus Penggunaan Hukuman Disiplin (Corporal Punishment) Pada Anak Di Lingkungan Sekolah Ditinjau Dalam Perspektif Perlindungan Guru.” Journal Of Administrative And Social Science 6(1):108–19.

Kusmanto, Adi, Rohim Habibi, and Susanti Susanti. 2024. “Menumbuhkan Kedisiplinan Melalui Penerapan Reward And Punishment Dalam Kultur Sekolah Pesantren.” Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1):40–54.

Madinah, Safira Nur. 2024. “Penanaman Nilai–Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Sedekah Laut Di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.”

Maela, Eva, Veryliana Purnamasari, Iin Purnamasari, and Siti Khuluqul. 2023. “Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio Fkip Unma 9(2):931–37.

Maulana, Fadhli. 2025. “Perlindungan Hukum Terhadap Hak Guru Dalam Melakukan Penegakan Disiplin Terhadap Siswa Di Sekolah Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.”

Mistiningsih, Mistiningsih. 2025. “Peran Guru Pai Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Program Mentari Pagi Di Sd Negeri 029 Long Kali Kabupaten Paser Kalimantan Timur.”

Muhammad, Devy Habibi, and Tobroni Tobroni. 2024. “Kebijkan Penguatan Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini: Studi Analisis Implementasi Dan Model Integratif.” Benchmarking 8(2):157–68.

Nafa, Yordan, Moh Sutomo, and Mashudi Mashudi. 2022. “Wawasan Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 7(1):69–82.

Rahayu, Dwi. 2025. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMA Bustanul ‘Ulum Jaya Sakti Anak Tuha Lampung Tengah.”

Rezeqy, Muhammad Arif, and Sari Atika Parinduri. 2024. “Implikasi Strategi Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Terhadap Karakter Baik Siswa Di Madrasah Aliyah Rohani Ikhwanul Muslimin Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai.” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 2(1):348–53.

Rusmilawati Windari, S. H. 2022. Kebijakan Formulasi Larangan Hukuman Fisik (Corporal Punishment) Pada Anak Dalam Lingkup Pengasuhan Dan Pendidikan (Kajian Integratif Terhadap Penanggulangan Kekerasan Pada Anak). SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Sari, Rita Kumala, Nurhadi Kusuma, Ferdinandus Sampe, Syalendra Putra, Siti Fathonah, Dewi Asriani Ridzal, Karolus Wulla Rato, Eva Apriani, Tito Parta Wibowo, and Dewi Mardhiyana. 2023. Metodologi Penelitian Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Sembiring, Kiki Handoko. 2023. “Rekonstruksi Regulasi Perlindungan Hukum Bagi Guru Yang Melakukan Tindakan Kekerasan Di Lingkungan Pendidikan Berbasis Nilai Keadilanbermartabat.”

Sinaga, Ridwan. 2022. “Penggunaan Hukuman Disiplin Pada Anak Di Lingkungan Sekolah Dalam Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum [JIMHUM] 2(4).

Syafei, Isop. 2025. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cv Widina Media Utama.

Udin, Tamsik, Shorihatul Inayah, Subaedah Hamid, Arif Hidayat, Ani Nur Aeni, and Etty Ratnawati. n.d. “Pendidikan Karakter Tanpa Kekerasan.”

Wulandari, R. A. Aulia. 2024. “Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 106162 Medan Estate Dalam Proses Belajar Mengajar Ta 2023/2024.” Indonesian Journal Education Basic 2(1):56–69.

Yandi, Andri, Anya Nathania Kani Putri, and Yumna Syaza Kani Putri. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review).” Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1(1):13–24.

Downloads

Published

2025-10-28

How to Cite

Habiballah, H. A., Farihah, U., & Anwar, K. (2025). Analisis Kebijakan PAI dalam Menangani Kasus Guru yang Dilaporkan ke Polisi Akibat Pemberian Hukuman Terhadap Siswa di Sekolah . Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 6683–6694. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2509

Issue

Section

Articles