Transformasi Digital dan Internalisasi Ideologi Islam Berkemajuan dalam Gerakan Sosial Muhammadiyah

Authors

  • Aulia Nabila Realisti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Janera Almasahni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2486

Abstract

Transformasi digital telah mengubah secara signifikan cara gerakan keagamaan dan sosial, termasuk Muhammadiyah, dalam mengekspresikan nilai-nilai Islam melalui platform digital. Perkembangan teknologi informasi membuka peluang strategis bagi perluasan dakwah, penguatan literasi ideologis, dan aktualisasi gagasan Islam Berkemajuan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Muhammadiyah menginternalisasikan prinsip-prinsip ideologinya melalui aktivisme digital serta bagaimana transformasi tersebut berkontribusi terhadap gerakan sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka, dengan menganalisis dokumen resmi Muhammadiyah (Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah, Kepribadian Muhammadiyah), jurnal ilmiah, dan media dakwah daring. Analisis dilakukan melalui tahapan seleksi sumber, validasi, dan interpretasi data menggunakan teori Cyber-Islamic Environment dan konsep literasi ideologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital meningkatkan efektivitas dakwah dan memperkuat literasi ideologis warga Muhammadiyah, sekaligus memperluas partisipasi dalam program sosial dan kemanusiaan. Kajian ini juga menemukan bahwa transformasi digital tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi, tetapi juga sebagai sarana penguatan ideologi Islam Berkemajuan. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya kajian dakwah digital dan ideologi Islam; secara praktis, memberikan arah pengembangan literasi, etika, dan kaderisasi digital Muhammadiyah di masa depan.

References

Arifin, F. (2020). Rethinking Dawah Model in the Fourth Industrial Revolution for Digital Native Generation. Jurnal Dakwah, 20(1), 27–49. https://doi.org/10.14421/jd.1434

Candra, A. A., Suryadi, K., Rahmat, R., & Nurbayani, S. (2021). Digital Citizenship Infrastructure to Foster the Reinforcement of National Identity in Indonesia. Kultura-Społeczeństwo-Edukacja, 19(1), 37–50. https://doi.org/10.14746/kse.2021.19.3

Chigbu, U. E., Atiku, S. O., & Du Plessis, C. C. (2023). The Science of Literature Reviews: Searching, Identifying, Selecting, and Synthesising. Publications, 11(1). https://doi.org/10.3390/publications11010002

Digital Da’wah Transformation: Cultural And Methodological Change Of Islamic Communication In The Current Digital Age. (2022). International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 05(08), 2033–2043. https://doi.org/10.47191/ijmra/v5-i8-18

Fauzi, N. A. F., & Ayub. (2019). Fikih informasi: Muhammadiyah’s perspective on guidance in using social media1. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(2), 267–293. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i2.267-293

Hadiyanto, A., Putri, K. Y. S., & Fazli, L. (2025). Religious moderation in Instagram: An Islamic interpretation perspective. Heliyon, 11(4), e42816. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2025.e42816

Haryadi, D. (2020). Otoritas Keagamaan Baru: Habituasi dan Arena Dakwah Era Digital. Islamic Insights Journal, 2(2), 69–82. https://doi.org/10.21776/ub.iij.2020.002.02.01

Hidayat, A., & Anggoro, D. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Optimalisasi Dakwah Persyarikatan Muhammadiyah Cabang Sekampung Lampung Timur Sekampung dan mampunyai pemahaman serta perlunya pendampingan pemanfaatan dakwah hanya di share lewat group WA internal dan belum terpublic. Jurnal Sinar Sang Surya, 7(1), 117–124. http://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/sinarsangsurya/article/view/2552

Hizam Sheikh Khairudin, S. M., & Mohammad, M. A. (2021). The Role of Information Technology on the Muslim Community in the Era of Globalization and Digitalizatio. Journal of Information Technology Management, 13(3), 178–186. https://doi.org/10.22059/JITM.2021.83236

Huda, S., Maulana Mas’udi, M., & Muthohirin, N. (2022). The Rise of Muhammadiyah’s Islamic Da’wah in the Contemporary Era: Transformation to Online Trend and Responses to Islamic Moderation. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(01), 1–24. https://doi.org/10.22219/progresiva.v11i01.20889

Ismail, A., Munsi, H., & Hans, A. (2019). Online Social Movement: Adopsi Teknologi Informasi dalam Melakukan Gerakan Sosial di Indonesia. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 4(1), 91–114. https://doi.org/10.31947/etnosia.v4i1.5039

Mahzumi, F., Aminuddin, A., Mahfudh, H., & Sm, M. M. (2025). CYBER-ISLAMIC MODERATION IN INDONESIA: Digital Activism of Islami.co and IBTimes.id and Its Implications for Young Muslims. Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 49(1), 22–49. https://doi.org/10.30821/miqot.v49i1.1290

Maulana, A. M. R. (2022). Agama Digital (Digital Religion) dan Relevansinya Terhadap Studi Agama Interdisipliner: Sebuah Tinjauan Literatur. At-Tafkir, 15(2), 162–183. https://doi.org/10.32505/at.v15i2.4821

Nugraha, R. H., Parhan, M., & Aghnia, A. (2020). Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan Melalui Dakwah Digital. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 3(02), 175–194. https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.398

Prabowo, N. A., Widyanto, R. A., Pujiarto, B., Hanafi, M., Widiyanto, A., & Avizenna, M. H. (2022). Model Konseptual E-Da’wah Muhammadiyah Berbasis Web. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 6(1), 16–25. https://doi.org/10.31603/komtika.v6i1.7093

Religion, C., Real, D. A. N., Tengah, D. I., & Digital, M. (2021). Komunika. 4(1), 63–78.

Setyaningsih, R. (2019). Model Penguatan E-dakwah Di Era Disruptif Melalui Standar Literasi Media Islam Online. Tsaqafah, 15(1), 67. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i1.2947

Sokolovskiy, K. (2022). State-confessional relations within the context of the expansion of religion in the internet space: new opportunities, new challenges. Vestnik BIST (Bashkir Institute of Social Technologies), 2(2(55)), 189–195. https://doi.org/10.47598/2078-9025-2022-2-55-189-195

Somantri, A. (2022). Paradigma Baru Al Islam Dan Kemuhammadiyahan; Penguatan Narasi Teknologi Digital. Bayani, 2(2), 149–162. https://doi.org/10.52496/bayaniv.2i.2pp149-162

Wafi, M. B. F., Ilhami, N., & Taufiqurohman, T. (2022). Transformasi Perilaku Beragama Masyarakat Muslim Kontemporer: Fenomena Al-Qur’an Di Era Digital. IN RIGHT: Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia, 11(1), 39. https://doi.org/10.14421/inright.v11i1.2503

Wahyu Hidayat. (2023). Muhammadiyah; Di Antara Gerakan Modernis, Tajdid Dan Purifikasi. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 70–82.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Aulia Nabila Realisti, Janera Almasahni, & Triono Ali Mustofa. (2025). Transformasi Digital dan Internalisasi Ideologi Islam Berkemajuan dalam Gerakan Sosial Muhammadiyah. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(6), 8501–8507. https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2486

Issue

Section

Articles