Interprestasi Mahasiswa Universitas Negeri Medan Terhadap Modernisasi Keberagaman Agama
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2425Keywords:
Interpretasi Mahasiswa, Keberagaman Agama, ModernisasiAbstract
Modernisasi telah membawa perubahan fundamental dalam kehidupan sosial-keagamaan masyarakat, termasuk cara individu memahami dan mengamalkan keyakinan di tengah keberagaman agama yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interpretasi mahasiswa Universitas Negeri Medan terhadap modernisasi keberagaman agama dalam konteks masyarakat multikultural kota Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif di lingkungan kampus, dan studi dokumentasi terkait kebijakan keberagaman agama. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa memiliki interpretasi ganda terhadap modernisasi keberagaman agama. Di sisi positif, modernisasi meningkatkan akses pendidikan, memperluas wawasan melalui teknologi informasi, dan memfasilitasi dialog lintas agama yang mendorong toleransi antarumat beragama. Teknologi dan media sosial memungkinkan interaksi yang lebih luas antar mahasiswa berbeda agama. Namun, modernisasi juga menimbulkan tantangan berupa individualisasi, sekularisasi, berkurangnya nilai sakral dalam praktik keagamaan, serta potensi konflik akibat penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial
References
Aulia, H. S. (2023). Hubungan agama dengan modernisasi di Indonesia. Maliki Interdisciplinary Journal (MIJ), Volume 3, 791-799. https://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/15410
Azisi, A. M. (2022). Urgensi peran mahasiswa dalam menebar jala moderasi beragama di era digital. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 18(2), 95–110. https://doi.org/10.19109/medinate.v18i2.15444
Bunga, F. A., Sihombing, G. L., Gigir, J. M., & Tafonao, T. (2025). Tantangan Pluralisme Agama untuk Keharmonisan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 56–66. https://doi.org/doi.org/10.62282/juilmu.v2i1.56-66
Effendi, A., Danil, M., Zainuddin, & Aini, N. (2025). Modernisasi dan Toleransi Umat Beragama Dalam Penerapan Hukum Islam di Mentawai ( Studi Kasus Pulau Sipora Desa Sidomakmur). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–15. https://jurnal.insan.ac.id/index.php/altafani/article/view/811
Fikriyah, K. (2024). Dinamika modernisasi agama: Eksplorasi perspektif mahasiswa terhadap perubahan praktik keagamaan. Studia Religia: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.24042/sr.v5i2.22716
Jaelani, J. (2023). Modernitas Kehidupan Beragama Dalam Perkembangan Pendidikan Islam (Studi Analisis Pemikiran Muhammad Abduh). Civilization Research: Journal of Islamic Studies, 2(2), 168–187. https://doi.org/10.61630/crjis.v2i2.1
Kencana, T., & Winda Kustiawan. (2023). Analisis Komunikasi Digital Terhadap Moderasi Beragama Di Kalangan Mahasiswa Kota Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2305–2313. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2400
Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Wahana Inovasi, 8(2), 189-194. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2389
Mawarni, C., Ulfa, S., Afriani, N. T., & Siregar, H. L. (2025). Analisis Toleransi Beragama Mahasiswa Universitas Negeri Medan Ditinjau dari Perspektif Islam. Al-Iman Jurnal Keisalaman Dan Kemasyarakatan, 9(1), 103–124. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/7980
Parhan, Z., Ramadhani, M., & Jais, A. (2025). Dialog Lintas Agama dan Budaya: Telaah Historis dan Konseptual atas Relevansinya dalam Kehidupan Masyarakat Plural di Indonesia. Al-Anam: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(2), 95–108. https://journal.salahuddinal-ayyubi.com/index.php/JUU/
article/view/439
Rambe, T., & Sari, S. M. (2022). Moderasi Beragama Di Kota Medan: Telaah Terhadap Peranan Forum Kerukunan Umat Beragama (Fkub) Medan. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama. http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v5i2.12630
Ulfa, M. (2024). Menjaga Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Strategi Menghadapi Teknologi. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 3(1), 43–63. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/48
Yuliawati, Asnamawati, L., Herawati, I. E., Resti, S. N. E., & Nurmalia, A. (2023). Kajian Teori Modernisasi: Komunikasi Pendidikan untuk Pembelajaran Mandiri di Era Revolusi Industri. Journal On Teacher Education, 5(2), 309–320. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/21930
Yunus, F. M. (2014). Agama dan Pluralisme. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(2), 213–229. https://doi.org/10.22373/jiif.v13i2.72
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anastasya Sembiring, Anisa Amelia Purba, Arini Surbakti, Fatma Anggraini Lubis, Iwidya Risti Sinaga, Mikha Valdo Tambunan, Nur Cahyu Azizah, Putriana Sinaga, Ruth Hanna Sihombing, Saqinah Aifi Kirmala, Yakinda Benianfi Munthe, M. Iqbal, Alfonsius Ligori Keer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a