Implementasi Pengembangan Mutu Program Tahfizh Al-Qur’an di SDMu Sang Pencerah Metro Dan Dampaknya Terhadap Hafalan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2378Keywords:
Tahfizh Al-Qur’an, Mutu Pendidikan Islam, Manajemen ProgramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengembangan mutu program Tahfizh Al-Qur’an di SDMu Sang Pencerah Metro serta dampaknya terhadap hafalan siswa pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan mutu program Tahfizh di SDMu Sang Pencerah Metro dilakukan melalui integrasi kurikulum nasional dan keagamaan, penerapan metode talaqqi dan murojaah, serta pemanfaatan teknologi digital. Faktor pendukung utama meliputi komitmen manajemen sekolah, profesionalisme guru tahfizh, dan dukungan orang tua. Sementara itu, faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, variasi kemampuan kognitif siswa, serta sarana pembelajaran yang belum optimal. Program ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hafalan siswa, penguatan karakter Qur’ani, dan terbentuknya budaya sekolah yang religius. Penelitian ini juga mengembangkan model Q-HIT (Qur’anic Holistic Integrated Tahfizh) sebagai kerangka konseptual pengembangan mutu yang mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan spiritual
References
Aziz, A., & Syafi’i, M. (2021). Manajemen Program Tahfizh di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(3), 89–102. https://doi.org/10.21043/jmpi.v10i3.7231
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.
Deming, W. E. (1986). Out of the Crisis. MIT Press.
Halimah, N., Rahmawati, A., & Yusron, M. (2017). The Impact of Tahfizh Al-Qur’an on Students’ Cognitive Abilities. International Journal of Educational Studies, 5(4), 233–240. https://doi.org/10.1016/j.ijedust.2017.04.008
Hidayat, M. (2020). Tantangan Implementasi Program Tahfizh di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(2), 75–85. https://doi.org/10.24252/jpii.v8i2.6125
Maulana, A., & Rahayu, E. (2021). Integrasi Pendidikan Akademik dan Keagamaan di Sekolah Islam. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 9(3), 103–115. https://doi.org/10.23917/jspsi.v9i3.7163
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Nurhayati, D., & Supriyadi, A. (2019). Integrasi Kurikulum Keagamaan dan Umum dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 112–124. https://doi.org/10.24252/jipi.v7i2.4873
Prasetyo, R. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Program Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 245–256. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i2.7532
Rahmat, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Program Tahfizh Al-Qur’an. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 11(1), 45–55. https://doi.org/10.36709/jipi.v11i1.9256
Safitri, S. (2020). Faktor Psikologis dalam Pencapaian Hafalan Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 8(3), 78–88. https://doi.org/10.31004/jppi.v8i3.601
Sallis, E. (2002). Total Quality Management in Education. Kogan Page.
Sari, T., & Putra, H. (2021). Evaluasi Program Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 56–67. https://doi.org/10.21043/jmpi.v9i1.7204
Susanto, E. (2022). Kolaborasi Sekolah dan Komunitas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(4), 211–223. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i4.9213
Wahyuni, S. (2020). Kompetensi Guru Tahfizh dan Pengaruhnya terhadap Hasil Hafalan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 10(2), 134–146. https://doi.org/10.24252/jpii.v10i2.7482
Zubaidi, A. (2017). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi. Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Slamet Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a