Implementasi Pengembangan Mutu Program Tahfizh Al-Qur’an di SDMu Sang Pencerah Metro Dan Dampaknya Terhadap Hafalan Siswa

Authors

  • Slamet Setiawan Universitas Islam Lampung (UNISLA)

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2378

Keywords:

Tahfizh Al-Qur’an, Mutu Pendidikan Islam, Manajemen Program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengembangan mutu program Tahfizh Al-Qur’an di SDMu Sang Pencerah Metro serta dampaknya terhadap hafalan siswa pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan mutu program Tahfizh di SDMu Sang Pencerah Metro dilakukan melalui integrasi kurikulum nasional dan keagamaan, penerapan metode talaqqi dan murojaah, serta pemanfaatan teknologi digital. Faktor pendukung utama meliputi komitmen manajemen sekolah, profesionalisme guru tahfizh, dan dukungan orang tua. Sementara itu, faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu, variasi kemampuan kognitif siswa, serta sarana pembelajaran yang belum optimal. Program ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hafalan siswa, penguatan karakter Qur’ani, dan terbentuknya budaya sekolah yang religius. Penelitian ini juga mengembangkan model Q-HIT (Qur’anic Holistic Integrated Tahfizh) sebagai kerangka konseptual pengembangan mutu yang mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan spiritual

References

Aziz, A., & Syafi’i, M. (2021). Manajemen Program Tahfizh di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(3), 89–102. https://doi.org/10.21043/jmpi.v10i3.7231

Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Deming, W. E. (1986). Out of the Crisis. MIT Press.

Halimah, N., Rahmawati, A., & Yusron, M. (2017). The Impact of Tahfizh Al-Qur’an on Students’ Cognitive Abilities. International Journal of Educational Studies, 5(4), 233–240. https://doi.org/10.1016/j.ijedust.2017.04.008

Hidayat, M. (2020). Tantangan Implementasi Program Tahfizh di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(2), 75–85. https://doi.org/10.24252/jpii.v8i2.6125

Maulana, A., & Rahayu, E. (2021). Integrasi Pendidikan Akademik dan Keagamaan di Sekolah Islam. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 9(3), 103–115. https://doi.org/10.23917/jspsi.v9i3.7163

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Nurhayati, D., & Supriyadi, A. (2019). Integrasi Kurikulum Keagamaan dan Umum dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 112–124. https://doi.org/10.24252/jipi.v7i2.4873

Prasetyo, R. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Program Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 245–256. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i2.7532

Rahmat, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Program Tahfizh Al-Qur’an. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 11(1), 45–55. https://doi.org/10.36709/jipi.v11i1.9256

Safitri, S. (2020). Faktor Psikologis dalam Pencapaian Hafalan Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 8(3), 78–88. https://doi.org/10.31004/jppi.v8i3.601

Sallis, E. (2002). Total Quality Management in Education. Kogan Page.

Sari, T., & Putra, H. (2021). Evaluasi Program Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 56–67. https://doi.org/10.21043/jmpi.v9i1.7204

Susanto, E. (2022). Kolaborasi Sekolah dan Komunitas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(4), 211–223. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i4.9213

Wahyuni, S. (2020). Kompetensi Guru Tahfizh dan Pengaruhnya terhadap Hasil Hafalan Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 10(2), 134–146. https://doi.org/10.24252/jpii.v10i2.7482

Zubaidi, A. (2017). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi. Rajawali Pers.

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Setiawan, S. (2025). Implementasi Pengembangan Mutu Program Tahfizh Al-Qur’an di SDMu Sang Pencerah Metro Dan Dampaknya Terhadap Hafalan Siswa. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 6799–6810. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2378

Issue

Section

Articles