Strategi Pemasaran Sandal Hotel pada Program Pembinaan Kemandirian Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang

Authors

  • Vikri Vikri Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Budi Priyatmono Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Ali Muhammad Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Umar Anwar Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2369

Keywords:

Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan, Pembinaan Kemandirian

Abstract

Lapas Padang membina kemandirian narapidana melalui produksi sandal hotel, namun penjualannya rendah karena lemahnya pemasaran, minim branding, dan stigma negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran sandal hotel yang diproduksi oleh narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk sandal hotel Lapas Padang memiliki kualitas yang baik. Penetapan harga dilakukan secara detail, sehingga harga jual kompetitif. Pemasaran saat ini masih didominasi secara offline melalui rekomendasi mulut ke mulut, dan belum memanfaatkan platform digital. Kendala utama meliputi keterbatasan anggaran promosi, kesulitan negosiasi harga, dan stigma negatif masyarakat terhadap produk narapidana. Stigma negatif ini diperparah oleh minimnya edukasi dan sosialisasi tentang program pembinaan kemandirian narapidana serta manfaat sosial dan ekonomi dari produk mereka. Untuk mengatasi hal ini, program "PROKANA" diusulkan, yang berfokus pada digital marketing melalui Instagram dan TikTok dan storytelling untuk menonjolkan nilai sosial produk, serta membangun kemitraan strategis. harapannya dapat meningkatkan penjualan, mengubah persepsi dan memberikan keterampilan kepada narapidana

References

Al Farezi, I., & Pangestuti, N. (2022). Strategi Pemasaran Hasil Kegiatan Kerja Kopi Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Metro. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3361.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146.

Asmawati, H. (2022). Analisis Penguatan Sistem Pemasyarakatan Melalui Konsep Reintegrasi Sosial. Jurnal Mengkaji Indonesia, 1(2), 172. https://doi.org/10.59066/jmi.v1i2.209

Diantoro, M., Aripriharta, A., Fauzan, S., Zuhri, F. U., & Al Ittikhad, A. (2020). Peningkatan Strategi Pemasaran Produk Karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas Satu Kota Malang berbasis Website. Prosiding Hapemas, 1(1), 426.

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Nabil Naufal, M. S. (2022). Pembinaan Kemandirian Dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan Bagi Narapidana Pada Lapas Klas Iia Mataram. Jurnal Komunikasi Hukum, 8(2), 815. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh/issue/view/863

Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349.

PP No. 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan, (1999).

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Risaldo, A. (2021). Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Nilai Jual Hasil Produksi Warga Binaan Pemasyarakatan. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 83.

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34.

Safrin, F. M. (2021). Pemenuhan Hak Asasi Manusia dalam Program Pembinaan Kemandirian Narapidana Perempuan di Era Normal Baru. Jurnal HAM, 12(2), 285. https://doi.org/10.30641/ham.2021.12.285.

Sope, A. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 87. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i2.56

UU No. 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan, (2022).

Wibowodjati, M. S. 2023. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Kerajinan Kulit Di Yogyakarta Dalam Menarik Minat Pembeli Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Djoen Leather dan Ajeng Leather) SKRIPSI. 19.

Downloads

Published

2025-11-07

How to Cite

Vikri, V., Budi Priyatmono, Ali Muhammad, & Umar Anwar. (2025). Strategi Pemasaran Sandal Hotel pada Program Pembinaan Kemandirian Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 7293–7301. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2369

Issue

Section

Articles