Pendidikan Inklusif: Studi Penegasan Status Anak Binaan Sebagai Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2365Keywords:
Pendidikan Inklusif, Anak Binaan LPKA, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Penelitian ini bertujuan menegaskan status Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak sebagai bagian dari Anak Berkebutuhan Khusus dalam perspektif pendidikan inklusif. Latar belakangnya berangkat dari fakta bahwa Anak Binaan sering mengalami kerentanan berlapis meliputi faktor sosial, ekonomi, psikologis, dan kultural yang menghambat akses dan partisipasi pendidikan mereka. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur mendalam terhadap peraturan perundang-undangan nasional, instrumen hukum internasional, dokumen organisasi internasional, serta kajian akademik terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun regulasi nasional belum secara eksplisit memasukkan Anak Binaan sebagai ABK, secara substantif mereka memenuhi karakteristik yang sejalan dengan definisi internasional. LPKA di berbagai daerah di Indonesia telah mengadopsi pendidikan sesuai standar inklusif meskipun masih menghadapi berbagai kendala. Penelitian ini merekomendasikan pengakuan formal Anak Binaan sebagai ABK dalam kebijakan pendidikan untuk memastikan pemenuhan hak belajar yang setara, adaptif, dan transformatif demi mendukung rehabilitasi serta reintegrasi sosial mereka.
References
Aini, N. (2019). Pendidikan Anak-Anak Narapidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(2), 208.
Ainscow, M., & Haile-Giorgis, M. (2018). The Education of Children with Special Needs: Barriers and opportunities in Central and Eastern Europe. Innocenti Occasional Papers, 4(2018), 1–45.
Ardinda, A. A., & Salomo, R. V. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyelenggaraan Kebijakan Sekolah Filial Bagi Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Palembang. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(1), 72. https://doi.org/10.31289/publika.v7i1.2465
Buli-Holmberg, J., & Jeyaprathaban, S. (2016). Effective Practice In Inclusive and Special Needs Education. International Journal of Special Education, 31(1), 119–134.
El Rizaq, A. D. B., Ambarwati, A., Abdullah, A. F. A., & Sukartiningsih, S. (2022). Learners’ Self-Actualization and Inclusive Education Practices in Madrasah. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1, 74–86.
Florian, L. (2008). Special or inclusive education: Future trends. British Journal of Special Education, 35(4), 202. https://doi.org/10.1111/j.1467-8578.2008.00402.x
HM, A., & Wahyuni, S. (2021). Pendidikan Inklusif pada Anak Berkebutuhan Khusus. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 33–44. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1882
Jonata, M., & Butar Butar, H. F. (2022). Implementasi Pendidikan Kepada Anak (Studi Kasus Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu). Soliditas: Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks, 5(1), 22–29. https://doi.org/10.31328/js.v5i1.2908
Manting, L., & Sudarwanto, P. B. (2020). Implementasi Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tangerang. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2), 196–201. https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.116
Reilly, T., & Platz, L. (2003). Characteristics and Challenges of Families Who Adopt Children With Special Needs: An Empirical Study. Children and Youth Services Review, 25(10), 781–803. https://doi.org/10.1016/S0190-7409(03)00079-3
Rida Melinda, Ahmad Suriansyah, & Wahdah Refia Refianti. (2024). Pendidikan Inklusif: Tantangan dan Peluang dalam Implementasinya di Indonesia. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 337–343. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.1096
Sunardi, , Yusuf, M., Gunarhadi, , Priyono, , & Yeager, J. L. (2011). The Implementation of Inclusive Education for Students with Special Needs in Indonesia. Excellence in Higher Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.5195/ehe.2011.27
Tunjung Wulan, P., Sasmita, A. R., & Kunci, K. (2022). Analisis Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Anak Sipil di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo. In Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1).
Wirawan, R., & Dwimawanti, I. H. (2019). Kualitas Pelayanan Pendidikan Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(2), 14–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syahezi Syam, Herry Fernandes Butar Butar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a