Kajian Literatur Integrasi Etika Islam Dalam Pembelajaran Digital Untuk Generasi Muda
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2313Keywords:
Etika Islam, Pembelajaran Digital, Integrasi Nilai, Generasi MudaAbstract
Era digital telah mengubah paradigma pembelajaran dan memunculkan tantangan etika seperti plagiarisme serta perundungan siber. Penelitian ini bertujuan merumuskan kerangka konseptual integrasi nilai-nilai etika Islam dalam pembelajaran digital bagi generasi muda dengan mengidentifikasi nilai utama, strategi penerapan, dan model implementasi yang aplikatif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif melalui studi literatur sistematis terhadap 35 artikel jurnal terakreditasi SINTA yang terbit dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan tiga nilai etika Islam yang relevan, yaitu sidiq (kejujuran), amanah (integritas dan tanggung jawab), dan adab (kesopanan digital). Strategi integrasi disusun melalui pendekatan multilevel: level kurikulum dengan desain konten berbasis nilai, level pedagogis melalui keteladanan guru, dan level teknis dengan pengembangan media interaktif. Model implementasi yang dihasilkan menekankan pentingnya dukungan institusional dan sinergi antara sekolah serta keluarga untuk membangun ekosistem pembelajaran yang berkarakter. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan etika Islam dalam pembelajaran digital penting untuk membentuk generasi muda yang unggul secara digital dan bermoral mulia
References
Afnan, H., Nur, M., Maksum, R., Pendidikan, F., Islam, A., Surakarta, U. M., & Indonesia, S. (2025). Enhancing Students ’ Soft Skills Through Digital Literacy Integration in Islamic Education : a Tpack-. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 15(01). https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/27311?utm_source
Ali, N., Saputra, E., & Wulan, R. (2016). Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Perkembangan Teknologi Informasi Mobile di Madrasah Aliyah Manaratul Islam. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 80–86. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1014
Aljuhani, S. A., & Alghamdi, N. S. (2019). A comparison of sentiment analysis methods on Amazon reviews of Mobile Phones. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(6), 608–617. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2019.0100678
Amin, M., & Malik, A. (2025). Peran Umat Islam dalam Mengarahkan dan Mengontrol Perkembangan Teknologi: Suatu Perspektif Keagamaan. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 3(5), 960–965. https://doi.org/10.62379/jishs.v3i5.2731
Araniri, N., & Nahriyah, S. (2025). Integration of Islamic Religious Education and Digital Technology in Shaping Students’ IMTAQ Character in the Digital Age. Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 13–19. file:///home/andia/Documents/2.PUNYA MAYA/4.STUDY/SEMESTER 2/1.ISLAM MUHAMMADIYAH/1.JURNAL/10.Integration of Islamic Religious Education and Digital Technology in Shaping Students’ IMTAQ Character in the Digital Age.pdf
Ayu Era Wardhani, Nur’Aini Istiqomah, & Nur Luthfiah. (2025). Integrasi Nilai Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Membangun Kepribadian Muslimah Di Era Digital. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 141–149. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.872
Azka, M. Y. R., & Jenuri, J. (2024). Urgensi Nilai Islam dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Kontemporer. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 5(2), 189–200. https://doi.org/10.52593/mtq.05.206
Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 55–61. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.776
Hilal Fikri, L. (2023). Pendidikan Agama Islam dan literasi Media Sosial dalam Menghadapi Era Informasi Bagi Generasi Muda Indonesia. Journal of Education and Religious Studies, 3(03), 103–111. https://doi.org/10.57060/jers.v3i03.123
Irwansyah Suwahyu. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Di Era Society 5.0. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.61220/ri.v3i1.005
Islam, P., & Digital, E. (2025). Integralisme Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Etika Digital dalam Era Society 5 . 0. 6(1), 116–146. file:///home/andia/Documents/2.PUNYA MAYA/4.STUDY/SEMESTER 2/1.ISLAM MUHAMMADIYAH/1.JURNAL/5.Integralisme Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Etika Digital dalam Era Society 5.0.pdf
Juwairiyah, J., & Fanani, Z. (2025). Integration of Islamic Values in Learning Methods: Building Character and Spirituality in the Digital Era. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 10(1), 113–130. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v10i1.6215
Maharani, D. P., Suryaningrum, A. S., Nuraini, D. A., Anggraini, O. W. N., Yuliani, D. A., Prahesti, A., & Nurrohim, A. (2025). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam PemanfaatanTeknologi Digital oleh Generasi Z di Era Moderen. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.
Malyuna, S. I., & Lubis, M. (2023). Integrasi Materi Pembelajaran Iman, Islam, dan Ihsan dalam Upaya Mencegah Dekadensi Moral di Era Digital. Hikmah, 20(1), 92–104. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.197
Monoarfa, M., Sinaga, A. V., & Wizerti, W. A. S. (2024). Integrasi Nilai Budaya dan Perkembangan IPTEK dalam Pengembangan Kurikulum. Publikasi Pendidikan, 14(1), 91. https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.62824
Mufrihah, A., Yudha, E. S., Supriatna, M., Ahman, A., & Nurihsan, J. (2025). Rasch Model Analysis of Santri Reverence Morals Scale. Islamic Guidance and Counseling Journal, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.25217/0020258548700
Muluk, M. S. (2024). Profil Kepribadian Muslim Digital: Integrasi Dzikir, Fikir, Ilmu dan Amal. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 1(2), 222–239. https://doi.org/10.38073/aijis.v1i2.1559
Mutmainnah. (2024). Etika Pendidikan Islam di Era Digital: Tinjauan Sistematis Terhadap Pembentukan Moral dalam Pembelajaran Daring. ISIHUMOR : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(4), 173–179.
Natsir, M. A. S., & Taufik, M. (2023). Peran Pendidikan dalam Membentuk Peradaban Islam di Era Sains dan Teknologi : Tinjauan Sosial Budaya. At-Tadbir:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 88–97.
Novita, N. N. I. (2023). Penguatan Etika Digital Melalui Materi “Adab Menggunakan Media Sosial” Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45
Nurafifah, P., Rasina Mianti, P., Zahrania, N. N., & Azis, A. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mendorong Kemajuan Sains dan Teknologi (IPTEK) di Era Globalisasi. HHikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 118–130.
Nurhayati, M. A., Wirayudha, A. P., Fahrezi, A., Pasama, D. R., & Noor, A. M. (2023). Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(1), 1–27. https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1618
Nurrahma, F., Fahmi, M., & Rohman, F. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital : Membangun Generasi Muslim Yang Melek. AICLema, 1, 210–222. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/AICLeMa/article/view/2936
Rafi bagus adi wijaya, & Subakti, A. (2025). Literasi Digital Islami: Upaya Preventif Membentuk Identitas Remaja Muslim Di Era Media Sosial. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 34–46. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i2.17503
Salsabila, U. H., Iftakhuzzulfa, A., & Tsani, F. H. ibnu. (2024). Transformasi Pendidikan Islam untuk Generasi Z: Peran Teknologi dalam Ruang Kelas. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(2), 55–61. https://doi.org/10.14421/kaunia.4380
Silvina Waroh, Amelia Putri, & Gusmaneli. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penguatan Literasi Digital pada Generasi Milenial. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1012
Sukma, H. W. (2025). Mengintegrasikan Pendidikan Islam dengan Literasi Digital untuk Menjawab Tantangan Global. 3(1), 19–29.
Umar, U., & Nimah, S. (2020). Revitalisasi Iptek Modern Dalam Gagasan Ilmuan Dan Perspektif Islam. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(1), 30–50. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v5i1.294
Umro, J. (2025). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Inovasi Menuju Pembelajaran Religius yang Relevan di Era Digital. Jurnal Al-Makrifat, 10(1), 128–139.
Wahab Syakhrani, A., Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, S., Nur Effendi, M., Fawait, A., Aini Bunyani, N., & Finmeta, A. W. (2023). Strengthening the Morals of the Muslim Generation Through Digital-Based Islamic Education. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 328–340. https://injoe.org/index.php/INJOE/article/view/70
Wahyudi, D., Idris, J., & Jannah, M. (2024). Utilization of Digital Technology in Teaching Islamic Religious Education and Ethics. ISCIS2024: International Seminar and Conference on Islamic Studies, 372–383. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ISCIS/article/view/21924/8983
Waroh, S., Putri, A., & Gusmaneli. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penguatan Literasi Digital pada Generasi Milenial. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1012
Yusnita, E., Prasetiyo, A. E., Hasanah, U., Octafiona, E., & Rahmatika, Z. (2023). Shaping Teenagers’ Moral in the Digital Era: Islamic Education Perspective. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.33367/ji.v13i1.3529
Zulaiha Abas, S. B., & IAIN Sultan Amai Gorontalo, P. (2025). Integrasi Teknologi Digital dalam Pengembangan Sumber Belajar PAI yang Kontekstual dan Relevan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 391–401. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/395/293
Zulyatina, R. N., Munadziroh, A., & Salsabila, A. N. (2024). Menghadapi Ghazwul Fikri: Bagaimana Budaya Populer Menjadi Tantangan Bagi Keyakinan Islam Di Era Digital. Socio Religia, 5(2), 67–81. https://doi.org/10.24042/sr.v5i2.24944
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Malika Harsanto, Andia Enggar Mayasari, Sujood Sujood, Triono Ali Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a