Kajian Literatur Integrasi Etika Islam Dalam Pembelajaran Digital Untuk Generasi Muda

Authors

  • Malika Harsanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Andia Enggar Mayasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sujood Sujood Muhammadiyah University of Surakarta
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2313

Keywords:

Etika Islam, Pembelajaran Digital, Integrasi Nilai, Generasi Muda

Abstract

Era digital telah mengubah paradigma pembelajaran dan memunculkan tantangan etika seperti plagiarisme serta perundungan siber. Penelitian ini bertujuan merumuskan kerangka konseptual integrasi nilai-nilai etika Islam dalam pembelajaran digital bagi generasi muda dengan mengidentifikasi nilai utama, strategi penerapan, dan model implementasi yang aplikatif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif melalui studi literatur sistematis terhadap 35 artikel jurnal terakreditasi SINTA yang terbit dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan tiga nilai etika Islam yang relevan, yaitu sidiq (kejujuran), amanah (integritas dan tanggung jawab), dan adab (kesopanan digital). Strategi integrasi disusun melalui pendekatan multilevel: level kurikulum dengan desain konten berbasis nilai, level pedagogis melalui keteladanan guru, dan level teknis dengan pengembangan media interaktif. Model implementasi yang dihasilkan menekankan pentingnya dukungan institusional dan sinergi antara sekolah serta keluarga untuk membangun ekosistem pembelajaran yang berkarakter. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan etika Islam dalam pembelajaran digital penting untuk membentuk generasi muda yang unggul secara digital dan bermoral mulia

References

Afnan, H., Nur, M., Maksum, R., Pendidikan, F., Islam, A., Surakarta, U. M., & Indonesia, S. (2025). Enhancing Students ’ Soft Skills Through Digital Literacy Integration in Islamic Education : a Tpack-. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 15(01). https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/27311?utm_source

Ali, N., Saputra, E., & Wulan, R. (2016). Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Perkembangan Teknologi Informasi Mobile di Madrasah Aliyah Manaratul Islam. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 80–86. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1014

Aljuhani, S. A., & Alghamdi, N. S. (2019). A comparison of sentiment analysis methods on Amazon reviews of Mobile Phones. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(6), 608–617. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2019.0100678

Amin, M., & Malik, A. (2025). Peran Umat Islam dalam Mengarahkan dan Mengontrol Perkembangan Teknologi: Suatu Perspektif Keagamaan. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 3(5), 960–965. https://doi.org/10.62379/jishs.v3i5.2731

Araniri, N., & Nahriyah, S. (2025). Integration of Islamic Religious Education and Digital Technology in Shaping Students’ IMTAQ Character in the Digital Age. Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 13–19. file:///home/andia/Documents/2.PUNYA MAYA/4.STUDY/SEMESTER 2/1.ISLAM MUHAMMADIYAH/1.JURNAL/10.Integration of Islamic Religious Education and Digital Technology in Shaping Students’ IMTAQ Character in the Digital Age.pdf

Ayu Era Wardhani, Nur’Aini Istiqomah, & Nur Luthfiah. (2025). Integrasi Nilai Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Membangun Kepribadian Muslimah Di Era Digital. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 141–149. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.872

Azka, M. Y. R., & Jenuri, J. (2024). Urgensi Nilai Islam dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Kontemporer. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 5(2), 189–200. https://doi.org/10.52593/mtq.05.206

Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 55–61. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.776

Hilal Fikri, L. (2023). Pendidikan Agama Islam dan literasi Media Sosial dalam Menghadapi Era Informasi Bagi Generasi Muda Indonesia. Journal of Education and Religious Studies, 3(03), 103–111. https://doi.org/10.57060/jers.v3i03.123

Irwansyah Suwahyu. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Di Era Society 5.0. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.61220/ri.v3i1.005

Islam, P., & Digital, E. (2025). Integralisme Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Etika Digital dalam Era Society 5 . 0. 6(1), 116–146. file:///home/andia/Documents/2.PUNYA MAYA/4.STUDY/SEMESTER 2/1.ISLAM MUHAMMADIYAH/1.JURNAL/5.Integralisme Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Etika Digital dalam Era Society 5.0.pdf

Juwairiyah, J., & Fanani, Z. (2025). Integration of Islamic Values in Learning Methods: Building Character and Spirituality in the Digital Era. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 10(1), 113–130. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v10i1.6215

Maharani, D. P., Suryaningrum, A. S., Nuraini, D. A., Anggraini, O. W. N., Yuliani, D. A., Prahesti, A., & Nurrohim, A. (2025). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam PemanfaatanTeknologi Digital oleh Generasi Z di Era Moderen. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Malyuna, S. I., & Lubis, M. (2023). Integrasi Materi Pembelajaran Iman, Islam, dan Ihsan dalam Upaya Mencegah Dekadensi Moral di Era Digital. Hikmah, 20(1), 92–104. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.197

Monoarfa, M., Sinaga, A. V., & Wizerti, W. A. S. (2024). Integrasi Nilai Budaya dan Perkembangan IPTEK dalam Pengembangan Kurikulum. Publikasi Pendidikan, 14(1), 91. https://doi.org/10.26858/publikan.v14i1.62824

Mufrihah, A., Yudha, E. S., Supriatna, M., Ahman, A., & Nurihsan, J. (2025). Rasch Model Analysis of Santri Reverence Morals Scale. Islamic Guidance and Counseling Journal, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.25217/0020258548700

Muluk, M. S. (2024). Profil Kepribadian Muslim Digital: Integrasi Dzikir, Fikir, Ilmu dan Amal. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 1(2), 222–239. https://doi.org/10.38073/aijis.v1i2.1559

Mutmainnah. (2024). Etika Pendidikan Islam di Era Digital: Tinjauan Sistematis Terhadap Pembentukan Moral dalam Pembelajaran Daring. ISIHUMOR : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(4), 173–179.

Natsir, M. A. S., & Taufik, M. (2023). Peran Pendidikan dalam Membentuk Peradaban Islam di Era Sains dan Teknologi : Tinjauan Sosial Budaya. At-Tadbir:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 88–97.

Novita, N. N. I. (2023). Penguatan Etika Digital Melalui Materi “Adab Menggunakan Media Sosial” Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73–93. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.45

Nurafifah, P., Rasina Mianti, P., Zahrania, N. N., & Azis, A. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Mendorong Kemajuan Sains dan Teknologi (IPTEK) di Era Globalisasi. HHikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 118–130.

Nurhayati, M. A., Wirayudha, A. P., Fahrezi, A., Pasama, D. R., & Noor, A. M. (2023). Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(1), 1–27. https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1618

Nurrahma, F., Fahmi, M., & Rohman, F. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital : Membangun Generasi Muslim Yang Melek. AICLema, 1, 210–222. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/AICLeMa/article/view/2936

Rafi bagus adi wijaya, & Subakti, A. (2025). Literasi Digital Islami: Upaya Preventif Membentuk Identitas Remaja Muslim Di Era Media Sosial. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 34–46. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i2.17503

Salsabila, U. H., Iftakhuzzulfa, A., & Tsani, F. H. ibnu. (2024). Transformasi Pendidikan Islam untuk Generasi Z: Peran Teknologi dalam Ruang Kelas. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(2), 55–61. https://doi.org/10.14421/kaunia.4380

Silvina Waroh, Amelia Putri, & Gusmaneli. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penguatan Literasi Digital pada Generasi Milenial. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1012

Sukma, H. W. (2025). Mengintegrasikan Pendidikan Islam dengan Literasi Digital untuk Menjawab Tantangan Global. 3(1), 19–29.

Umar, U., & Nimah, S. (2020). Revitalisasi Iptek Modern Dalam Gagasan Ilmuan Dan Perspektif Islam. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(1), 30–50. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v5i1.294

Umro, J. (2025). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Inovasi Menuju Pembelajaran Religius yang Relevan di Era Digital. Jurnal Al-Makrifat, 10(1), 128–139.

Wahab Syakhrani, A., Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai, S., Nur Effendi, M., Fawait, A., Aini Bunyani, N., & Finmeta, A. W. (2023). Strengthening the Morals of the Muslim Generation Through Digital-Based Islamic Education. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 328–340. https://injoe.org/index.php/INJOE/article/view/70

Wahyudi, D., Idris, J., & Jannah, M. (2024). Utilization of Digital Technology in Teaching Islamic Religious Education and Ethics. ISCIS2024: International Seminar and Conference on Islamic Studies, 372–383. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ISCIS/article/view/21924/8983

Waroh, S., Putri, A., & Gusmaneli. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penguatan Literasi Digital pada Generasi Milenial. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1012

Yusnita, E., Prasetiyo, A. E., Hasanah, U., Octafiona, E., & Rahmatika, Z. (2023). Shaping Teenagers’ Moral in the Digital Era: Islamic Education Perspective. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.33367/ji.v13i1.3529

Zulaiha Abas, S. B., & IAIN Sultan Amai Gorontalo, P. (2025). Integrasi Teknologi Digital dalam Pengembangan Sumber Belajar PAI yang Kontekstual dan Relevan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 391–401. https://journal.staittd.ac.id/index.php/at/article/view/395/293

Zulyatina, R. N., Munadziroh, A., & Salsabila, A. N. (2024). Menghadapi Ghazwul Fikri: Bagaimana Budaya Populer Menjadi Tantangan Bagi Keyakinan Islam Di Era Digital. Socio Religia, 5(2), 67–81. https://doi.org/10.24042/sr.v5i2.24944

Downloads

Published

2025-11-02

How to Cite

Harsanto, M., Enggar Mayasari, A., Sujood, S., & Triono Ali Mustofa. (2025). Kajian Literatur Integrasi Etika Islam Dalam Pembelajaran Digital Untuk Generasi Muda. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 6963–6973. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2313

Issue

Section

Articles