Optimalisasi Pelatihan Keterampilan Digital Content Creator Dalam Peningkatan Life Skill Narapidana di Lapas Kelas IIA Pancur Batu

Authors

  • Deby Pradana Program Studi Teknik Pemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Lauditta Indahdewi Program Studi Teknik Pemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2310

Keywords:

Optimalisasi, Digital Content Creator, Life Skill

Abstract

Lingkungan lembaga pemasyarakatan termasuk kepada lingkungan yang unik, memiliki tantangan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi pelatihan keterampilan digital content creator dalam peningkatan life skill narapidana di lapas kelas IIA Pancur Batu dan juga menganalisis hambatan optimalisasi pelatihan keterampilan digital content creator dalam peningkatan life skill narapidana di lapas Kelas IIA Pancur Batu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya optimalisasi pelatihan keterampilan digital content creator dalam peningkatan life skill narapidana di Lapas kelas IIA Pancur Batu, upaya yang dilakukan adalah dengan mendatangkan pelatih yang kompeten di bidangnya, kemudian menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pelatihan, dan memilih narapidana yang memiliki motivasi tinggi dalam digital content creator. Dan hambatan optimalisasi pelatihan keterampilan digital content creator dalam peningkatan life skill narapidana di Lapas Kelas IIA Pancur Batu yaitu kurangnya pelatih yang kompeten di bidang content creator, adanya keterbatasan sarana dan prasarana pelatihan, minimnya minat narapidana terhadap content creator, selain itu juga adanya keterbatasan anggaran dan kurangnya kerja sama dengan pihak eksternal

References

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan

Batu, L. P. (2025). Profil Lapas Kelas Iia Pancur Batu. Https://Www.Lapaspancurbatu.Com/

Black, G. B., Van Os, S., Machen, S., & Fulop, N. J. (2021). Ethnographic Research As An Evolving Method For Supporting Healthcare Improvement Skills: A Scoping Review. Bmc Medical Research Methodology, 21(1), 1–13.

Ditjenpas. (2025). Sejarah Lembaga Pemasyarakatan. Https://Www.Ditjenpas.Go.Id/Sejarah.

Dwi Andriani, A., Husnul Chotimah, D., & Siti Fauziah, S. (2023). Role Of Influencer Academy’s Content Creator Class In Improving High School Students’ Public Speaking Ability. The International Journal Of Education Management And Sociology, 2(1), 71–77.

Forum, W. E. (2024). The Global Competitiveness Index (Gci) 5.0. Https://Www.Weforum.Org/About/The-Global-Competitiveness-Index-Gci-5-0/

Ji, X., Zheng, S., Cheng, C., Cheng, L., & Cronin, L. (2022). Development And Psychometric Evaluation Of The Chinese Version Of The Life Skills Scale For Physical Education. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 19(9).

Kamiksius, O., Megasari, G., Wibawa, E. G., Ardilla, S., Solichin, E., & Yonas, A. (2023). Pelatihan Keterampilan Digital Content Creator Dalam Meningkatkan Life Skill Generasi Muda Untuk Membangun Usaha Mandiri. 8(3), 530–533.

Kim, D. S., Jin, H., & Bae, J. (2025). Role Of Parenting Attitudes And Basic Psychological Needs In Life Skills Development And Transfer Among Korean Student-Athletes. Scientific Reports, 15(1), 1630.

Kirk, D. E. (2004). Optimal Control Theory: An Introduction. In Ieee Transactions On Automatic Control (Vol. 17, Issue 3, Pp. 423–423). Dover Publications.

Kirkpatrick, D. L. (1959). Techniques For Evaluating Training Programs. Training And Development Journal, June(June), 178–192.

Lee, S., Chang, Y., Lee, O. K. D., Ryu, S., & Yin, Q. (2024). Exploring Online Social Platform Affordances For Digital Creators: A Multi-Method Approach Using Qualitative And Configurational Analysis. Industrial Management And Data Systems, 124(4), 1501–1530.

Nelly Geerts, Anina Vercruyssen, I. G. (2024). Digital Skills Training For Older People: The Importance Of The ‘Lifeworld.’ 1, 0–3.

Rezaee, S., Bagherzadeh, R., Reisi, M., Fotovat, L., & Vahedparast, H. (2024). The Effect Of Life Skills Training On Reducing Domestic Violence And Improving Treatment Adherence In Women With Diabetes Experiencing Intimate Partner Violence: A Randomized Clinical Trial Based On The Theory Of Self-Efficacy. Bmc Public Health, 24(1).

Riyanda, A. R., Parma Dewi, I., Jalinus, N., Ahyanuardi, Sagala, M. K., Rinaldi, D., Prasetya, R. A., & Yanti, F. (2025). Digital Skills And Technology Integration Challenges In Vocational High School Teacher Learning. Data And Metadata, 4.

Saftari, M., & Sinta, S. (2022). Analisis Faktor Peserta, Pelatih, Prasarana, Serta Materi Pelatihan Yang Mempengaruhi Efektifitas Pelatihan Menggunakan Smart-Pls. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 86–98.

Saks, A. M. (2006). Antecedents And Consequences Of Employee Engagement. Journal Of Managerial Psychology, 21(7), 600–619.

Shahid, M., Ahmad, B., & Khan, M. R. (2024). English Language Learners As Digital Content Creators: An Exploration Of Social Networking On The Perceived Development Of Language Skills. Call-Ej, 25(1), 46–63.

Widiasih, N. P. S., & Darma, G. S. (2021). Millennial Digital Content Creator On New Normal Era: Factors Explaining Digital Entrepreneur Intention. Asia Pacific Management And Business Application, 010(02), 161–176.

Yogo Turnandes, Rizki Novendra, Vebby, Afriansyah, Eddissyah Putra Pane5, L. P. (2025). Pelatihan Keterampilan Digital Content Creator Bagi Guru Ponpes Ulil Albab Alja’afariyah. 5(1), 162–169

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Deby Pradana, & Lauditta Indahdewi. (2025). Optimalisasi Pelatihan Keterampilan Digital Content Creator Dalam Peningkatan Life Skill Narapidana di Lapas Kelas IIA Pancur Batu. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 6783–6798. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2310

Issue

Section

Articles