Manajemen Kompetensi Pedagogik Guru Berbasis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jakarta

Authors

  • M. Zuhriansah Universitas PTIQ Jakarta, Jakarta
  • Ahmad Zain Sarnoto Universitas PTIQ Jakarta, Jakarta
  • Syamsul Bahri Tanrere Universitas PTIQ Jakarta, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2302

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Manajemen Berbasis Al-Qur’an, Hafalan Siswa

Abstract

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk karakter sekaligus mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik. Dalam konteks lembaga pendidikan Islam yang menjadikan Al-Qur’an sebagai bagian dari kurikulum, kualitas hafalan siswa menjadi indikator keberhasilan yang penting, meskipun masih ditemukan berbagai kendala dalam prosesnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Jakarta menghadapi sejumlah hambatan, seperti terbatasnya pelatihan guru, kurang bervariasinya metode pengajaran, evaluasi yang belum menyeluruh, minimnya pendekatan individual, serta lemahnya sinergi dengan orang tua. Kendati demikian, penerapan manajemen kompetensi pedagogik tersebut tetap memberi dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan hafalan Al-Qur’an siswa, terbukti dengan bertambahnya prestasi mereka, termasuk keberhasilan dalam mengikuti sertifikasi hafalan yang diadakan sekolah. Pencapaian tersebut mendukung visi, misi, dan program unggulan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui reduksi, penyajian, hingga penarikan kesimpulan

References

Abrasy, M. A. Al. (1984). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Abrasyi, M. A. (1970). Dasar Pendidikan Islam, diterjemahkan oleh Bustami A. Gani dan Djohar. Bahry, dari judul At-Tarbiyyah al-Islȃmiyyah. Bandung: Bulan Bintang.

Azra, A. (2021). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.

Badriah, B., Sarnoto, A. Z., Siskandar, S., & Junaidin, J. (2023). Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sma Islam Dian Didaktika Depok Jawa Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2743–2756. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5163

Bahri, S., & Arafah, N. (2021). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rinneka Cipta.

Febrina, R., Yani, N., Hutabarat, R., & Amra, A. (2024). Manajemen Efektif Program Tahfidz Al Quran dalam Mewujudkan Generasi Islami di SD Islam Al Muttaqin. JPPI : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 4(4).

Hasbullah. (1996). Kapital Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Juhri. (2023). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus Pada Sd Islam Athirah Racing Centre). CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(4). https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i4.2579

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication, Inc.

Mulyasa, E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, (Konsep, Strategi dan Implementasi). Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Guru profesional, menciptakan pembelajaran dan menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Grafika Pers. http://grafikapers.press/

Sarnoto, A. Z. (2012). Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 1–7. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/112

Sarnoto, A. Z. (2013). Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan. Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–7. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/106

Sarnoto, A. Z., & Habibie, B. R. (2020). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Tahfidz Al-Qur’an Santri Ponpes Al-Qur’aniyyah Pondok Aren Banten. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Komunikasi, 9(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.56745/jp.v9i1.65

Sarnoto, A. Z., & Waluyo. (2018). Pengaruh Kompetensi pedagogik guru tahfizh dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar tahfizh Al-Qur’an siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 8(1), 48–62. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/issue/archive

Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Kuswanto, H. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Pada Usia Remaja Di Lembaga Takhassus Al-Qur’an (LTQ) Griya Tahfizh Bekasi. Jurnal Profesi, 11(2), 47–58. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/267

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, F., Santosa, E. B., & Rejekiningsih, T. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Virtual Reality dalam Pendidikan: Transformasi Pendidikan era 5.0. Pradina Pustaka.

Syaodih, E. (2007). ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL. Educare.

Tilaar, H. A. R. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara. https://www.bumiaksara.com/

Wakidi, W., & Aristiati, F. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3), 312–320.

Yasin, A. F. (2011). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah ( Studi Kasus di MIN Malang I ). El-QUDWAH, 1(April), 157–181.

Yusup, M., & Marzani, M. (2018). INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN: PEMIKIRAN, LINGKUNGAN, BUDAYA, DAN PERILAKU (Studi di SMAN Titian Teras Abdurrahman Sayoeti Jambi). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 54–78. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.108

Zuhairini. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Gema Insani.

Zuhairini. (2004). Metedologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

M. Zuhriansah, Ahmad Zain Sarnoto, & Syamsul Bahri Tanrere. (2025). Manajemen Kompetensi Pedagogik Guru Berbasis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Jakarta. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 6728–6744. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2302

Issue

Section

Articles