Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Procrastination Academic Siswa/I SMK Negeri 4 Pontianak

Authors

  • Febby Vellisa Wulandari Fakultas Ilmu Kesehatan dan Psikologi, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Riszky Ramadhan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Psikologi, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Nur Kur’ani Fakultas Ilmu Kesehatan dan Psikologi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.2157

Keywords:

Regulasi Diri; Prokrastinasi Akademik; Kurikulum Merdeka

Abstract

Meningkatnya prevalensi prokrastinasi akademik di kalangan siswa sekolah menengah kejuruan menjadi tantangan utama dalam implementasi kurikulum merdeka di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana pada 178 siswa jurusan desain pemodelan dan informasi bangunan di SMK Negeri 4 Pontianak. Data dikumpulkan melalui dua skala terstandar, yaitu regulasi diri dalam belajar dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan, di mana siswa dengan regulasi diri lebih tinggi cenderung memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang lebih rendah. Temuan ini menegaskan pentingnya regulasi diri dalam mendukung kemandirian belajar dan menekan perilaku penundaan tugas. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya perancangan intervensi pembelajaran yang memperkuat keterampilan regulasi diri siswa, khususnya dalam konteks kurikulum merdeka

References

Ardiyah. (2024). Wajibnya Siswa Naik Kelas Membuat Pendidikan Indonesia Mengalami Kemerosotan. Kumparan.Com.

Assafi’i, D., Anuar, A. Bin, Galugu, N. S., & Kadir, A. (2023). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 9(1), 123. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11618

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II (II). Pustaka Pelajar.

Clovia Risty, F., & Nur Fahmawati, Z. (2024). Kontrol Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. In Pubmedia Journal of Islamic Psychology (Vol. 1, Issue 2). https://diksima.pubmedia.id/index.php/Psychology

Fadila Istiqamah, N., Saman, A., & Anas, M. (2023). Penerapan Teknik Behavior Contract Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa Di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Enrekang.

Faujiah. (2023). Penerapan Goal Setting Untuk Meningkatkan Self Regulation Learning Pada Siswa SMK: Pendekatan Eksperimen Non-Randomized Control Trial. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia. e-ISSN. 2622-8297, Vol 9. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2017). Teori-Teori Psikologi . Ar-Ruzz Media.

Martiana, L., Batubara, A., Ginting, S. U. B., & Dina, R. (2022). PengaruhTeman Sebaya Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Swasta Tunas Pelita Binjai . 11.

Matara. (2023). Psikologi Pendidikan . Yogyakarta. Selat Media.

Mutia. (2024). Anggaran Pendidikan Naik dalam RAPBN 2024, Tembus Rekor Baru. databooks.id.

Periantolo. (2017). Statistika Dasar untuk Psikologi. Pustaka Belajar.

Pujiastuti, R., Sari, M. T., Imawati, D., & Syahputri. (2020). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 11 Samarinda. Motivasi (Jurnal Mahasiswa Psikologi). ISSN: 1858-397X, 8, 1–7. Http://Ejurnal.Untag-Smd.Ac.Id/Index.Php/MTV/Index

Putri, I., Rakhmawati, D., & Gunawan, S. (2024). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xi Smk Negeri 7 Semarang. In Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol. 21). https://uia.e-journal.id/guidance

Rahmawati. (2024). JK Kritik Keras Kurikulum Merdeka: Nggak Cocok Secara Nasioanl. Detik.Com.

Rifa’i, H. R., & Syahrina, I. A. (2019). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dan Self Compassion Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di Man 2 Solok. Jurnal PSYCHE 165 Fakultas Psikologi, 12(2).

Saputra, W. N. E., Da Costa, A., & Alhadi, S. (2018). Creative Solution Focused Counseling Models (CSFCM): Strategi Kreatif untuk Mengembangkan Self-regulated Learning Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(4), 162–170. https://doi.org/10.17977/um001v3i42018p162

Tania A, L . (2021). Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling). UAD Press.

W, F., J, R., Johson, J, L., & McCown. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment.

Winarso . (2024). Mengelola Prokrastinasi Akademik: Pendekatan Psikoedukasi Berbasis Religion. Jejak Pustaka.

Yusran, N., Nuraeni, N., & Fauziah, M. (2022). Profil Self-Regulated Learning Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. e-ISSN: 2964–1888(2021), Vol. 2(1), 612–618. https://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/viewFile/10440/pdf

Zimmerman, B. J. (2008). Self-Regulated Learning and Academic Achievenment. (2 ed.). New York. Lawrence Erlbaum Associate Taylor and Francis e-Library.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Febby Vellisa Wulandari, Riszky Ramadhan, & Nur Kur’ani. (2025). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Procrastination Academic Siswa/I SMK Negeri 4 Pontianak. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(4), 5503–5511. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.2157

Issue

Section

Articles