Model Evaluasi Kirkpatrick Dalam Program Pembinaan Kepribadian di Lapas Kelas IIA Serang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.2139Keywords:
Evaluasi Kirkpatrick, Pembinaan Kepribadian, Lembaga PemasyarakatanAbstract
Overkapasitas di lembaga pemasyarakatan menimbulkan dampak prisonisasi yang berkontribusi pada tingginya angka residivis di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pembinaan kepribadian di Lapas Kelas IIA Serang dengan menggunakan Model Evaluasi Kirkpatrick yang meliputi empat dimensi yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi reaksi, narapidana merespon positif kegiatan pembinaan seperti band, hadroh, pengajian, dan pramuka dengan antusiasme yang tinggi. Pada dimensi pembelajaran, narapidana memperoleh pengetahuan baru, peningkatan keterampilan, serta perubahan sikap ke arah yang lebih baik. Dimensi perilaku memperlihatkan adanya internalisasi nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, dan spiritualitas yang tercermin dalam aktivitas sehari-hari. Pada dimensi hasil, program pembinaan berdampak positif pada peningkatan produktivitas, kesiapan reintegrasi sosial, dan motivasi untuk tidak mengulangi tindak pidana. Namun, terdapat hambatan seperti keterbatasan petugas, sarana prasarana yang tidak memadai, minimnya tenaga ahli, belum adanya SOP khusus, kurangnya kerjasama eksternal, dan ketiadaan penghargaan formal bagi narapidana
References
Andrews, D. A., & Bonta, J. (2010). The psychology of criminal conduct (5th ed.). Routledge.
Aulia, R. (2020). Penerapan Model Evaluasi Kirkpatrick Pada Pelatihan Dasar CPNS Calon Hakim MA Pada Mata Pelatihan Aneka di Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 1(2), 22–29.
Azizah, D. N., Fatonah, U., & Syarifuddin. (2023). Konsep Model Kirkpatrick dalam Evaluasi Program Pelatihan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 3(1), 69–74.
Bambang Edy Permono. (2021). Pengawasan pada program pembinaan narapidana. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Retrieved from www.ditjenpas.go.id/pengawasan-pada-program-pembinaan-narapidana
Engriyani, E. (2022). Evaluasi program pendidikan dan pelatihan menggunakan Model Kirkpatrick pada institusi pemerintah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 683–692.
Fahma, A., Mesiono, & Hadijaya, Y. (2021). Leading class program evaluation in improving the quality of education. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 233–242.
Huda, N., Dahliana, D., & Aseri, A. F. (2022). Evaluasi Model Kirkpatrick terhadap Program Khusus Dai pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 4(2), 263–281.
Kirkpatrick, J. D., & Kirkpatrick, W. K. (2016). Kirkpatrick’s four levels of training evaluation. Versa Press.
Kresna Dharma, P., & Slamet, S. (2016). Model pembinaan narapidana guna mencegah pengulangan tindak pidana (recidive) di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Klaten. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 5(3), 6.
Panjaitan, R. S. B. (2023). Peran pembinaan kemandirian dalam mengurangi kasus residivis di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5551–5554.
Phillips, J. J., & Phillips, P. P. (2016). Handbook of training evaluation and measurement methods (4th ed.). Routledge.
Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., Khaidir, Jahja, A. S., & Karimuddin. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zain.
Sari, A. U. (2021). Evaluasi pelatihan dengan Model Evaluasi Kirkpatrick di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 5(3), 269–274.
Suhartati, T. (2022). Evaluasi program pendidikan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila bagi guru menggunakan model Kirkpatrick. Educational Technology Jurnal, 2(1), 45–55.
Suparno, Sirajuddin, S., Zulkarnain, S., & Suradi, A. (2023). Evaluasi program magang dengan Model Evaluasi Kirkpatrick. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 82–88.
Taxman, F. S., Shepardson, E. S., & Byrne, J. M. (2013). Tools of the trade: A guide to incorporating science into practice. U.S. Department of Justice.
Taufiqoh, Z., Sukamto, S., & Lisa, M. (2021). Model Evaluasi Kirkpatrick pada pelatihan teknis siaga Covid-19 berbasis keluarga melalui e-learning. Cakrawala, 15(1), 1–10.
UNODC. (2023). Prison challenges and overcrowding. United Nations Office on Drugs and Crime. Retrieved from https://www.unodc.org
Ward, T., & Maruna, S. (2007). Rehabilitation: Beyond the risk paradigm. Routledge.
Wirzahayati, D., Asril, & Rudiadi. (2023). Pelaksanaan pembinaan narapidana pada Lapas Medium Security di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bukittinggi. Journal of Sharia and Law, 2(2), 452–469.
Yakin, D. H. I. H. (2023). Metodologi penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). CV. Aksara Global Akademia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahri Rizqi, Wido Cepaka Warih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.