Pengaruh Brand Ambassador NCT Dream dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc

Authors

  • Fredericha Resti Minarti Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.2100

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian, Instagram

Abstract

Perkembangan media sosial telah membawa pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif masyarakat, khususnya melalui platform Instagram yang banyak dimanfaatkan sebagai media promosi produk kecantikan. Kehadiran brand ambassador dipandang mampu meningkatkan daya tarik dan citra merek, yang pada gilirannya memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador NCT Dream dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Somethinc. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden, yang merupakan pengikut akun Instagram @Feminalpg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara brand image tidak berpengaruh signifikan secara parsial, tetapi keduanya memiliki pengaruh simultan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran berbasis figur publik, terutama dalam industri kecantikan yang dipengaruhi oleh fenomena Korean Wave, serta perlunya perusahaan menjaga citra merek agar keberlanjutan loyalitas konsumen dapat terjamin

References

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: Impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798–828. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348035

Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena penggunaan media sosial: Studi pada teori uses and gratification. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.177

Keller, K. L. (2016). Reflections on customer-based brand equity: Perspectives, progress, and priorities. AMS Review, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s13162-016-0078-z

Kim, J., & Kim, S. (2022). K-pop celebrity endorsement and consumer behavior: Exploring the mediating role of brand attachment. Journal of Business Research, 142, 100–112. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.12.031

Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion marketing communications. Wiley.

Maksum, A. R., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh brand ambassador dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Primadasari, A., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh brand awareness, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Forum Ekonomi, 23(3), 380–392. https://doi.org/10.29264/jfor.v23i3.8923

Probisini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh promosi dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian pengguna marketplace X dengan brand image sebagai variabel intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 2(2), 77–89.

Spry, A., Pappu, R., & Cornwell, T. B. (2011). Celebrity endorsement, brand credibility and brand equity. European Journal of Marketing, 45(6), 882–909. https://doi.org/10.1108/03090561111119958

Suharyono, M. I. P., dkk. (2014). Pengaruh brand ambassador terhadap brand image serta dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 1–9.

Downloads

Published

2025-09-22

How to Cite

Fredericha Resti Minarti. (2025). Pengaruh Brand Ambassador NCT Dream dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(4), 5241–5248. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.2100

Issue

Section

Articles