Perumusan Profil Lulusan Menggunakan Pendekatan Manajemen Mutu
Studi pada Pondok Modern Darul Khoirot Malang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1887Keywords:
Profil Lulusan, Manajemen Mutu, TQM–PDCA, Pesantren ModernAbstract
Transformasi pendidikan Islam di era globalisasi menempatkan perumusan profil lulusan sebagai fondasi strategis untuk menyelaraskan kurikulum, pedagogi, dan evaluasi dengan kebutuhan pasar kerja serta kompetensi abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses perumusan profil lulusan di Pondok Modern Darul Khoirot (PMDK) Malang, menganalisis implementasi manajemen mutu dalam penetapan profil, dan mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambatnya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dihimpun melalui wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen, dan kajian pustaka; analisis dilakukan secara interaktif mengikuti model Miles & Huberman dengan triangulasi sumber dan teknik untuk menjaga kredibilitas. Hasil menunjukkan empat tahap kunci: identifikasi kebutuhan pemangku kepentingan, penyusunan draf berbasis benchmarking nasional-global, finalisasi partisipatif, serta publikasi dan sosialisasi sebagai panduan implementasi; penerapan Total Quality Management (TQM) dengan siklus Plan–Do–Check–Act (PDCA), penguatan kapasitas pendidik, dan kolaborasi lintas sektor mendorong konsistensi capaian, integrasi nilai keislaman dengan literasi digital, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi lintas budaya.
References
Altbach, P. G., & de Wit, H. (2020). Global perspectives on higher education and skills development. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429319620
Amaliah, S., & Basri, M. (2023). Penguatan karakter dan integritas lulusan pesantren melalui manajemen mutu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 89–105. https://doi.org/10.21009/jmpi.12.2.005
Deming, W. E., & Edwards, J. (2022). Quality management and educational leadership: The PDCA approach in the digital era. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-89978-2
Fadli, A., & Anwar, H. (2023). Kebijakan nasional dalam penetapan standar mutu pendidikan pesantren. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(1), 34–47. https://doi.org/10.22236/jkp.v8i1.2023
Fauziah, D., & Zain, R. (2021). Inovasi kurikulum dan pembelajaran berbasis profil lulusan pesantren. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(3), 112–126. https://doi.org/10.21043/jpm.v7i3.1478
Hidayah, N. (2022). Prinsip dan penerapan manajemen mutu pendidikan di pondok pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 123–135. https://doi.org/10.31004/jmpi.v7i2.276
Hudha, M. N. (2022). Keterlibatan stakeholder dalam pengembangan profil lulusan pondok pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 45–59. https://doi.org/10.21580/jpi.v15i1.1749
Husni, M., & Rohman, A. (2023). Integrasi pendidikan tradisional dan modern di Pondok Modern Darul Khoirot Malang. Jurnal Studi Pesantren, 9(1), 77–90. https://doi.org/10.18326/jsp.v9i1.77
Knight, P. T., & Yorke, M. (2021). Employability and higher education: Enhancing learning through graduate attributes. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315142624
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan dan pedoman penyusunan profil lulusan dan capaian pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.
Khamim, H., & Muzakki, A. (2022). Penguatan daya saing lulusan pesantren melalui integrasi ilmu agama dan pengetahuan umum. Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 98–110. https://doi.org/10.21580/jpi.v16i2.3201
Khasanah, U., & Surur, M. (2022). Evaluasi capaian profil lulusan pesantren berbasis manajemen mutu. Jurnal Evaluasi Pendidikan Islam, 6(1), 43–58. https://doi.org/10.21580/jepi.v6i1.876
Latifah, N., Sari, D., & Syukri, R. (2023). Model manajemen mutu pendidikan dalam menghadapi revolusi industri di pesantren. Jurnal Pendidikan Modern, 8(1), 14–29. https://doi.org/10.21009/jpm.v8i1.542
Leithwood, K., Sun, J., & Pollock, K. (2023). Distributed leadership in education: Enhancing quality and innovation. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-98568-3
Lutfi, M. (2020). Manajemen mutu pendidikan pesantren: Teori dan praktik. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 5(2), 65–79. https://doi.org/10.26740/jpik.v5i2.2020
Nasution, R. (2022a). Manajemen mutu terpadu dalam pengelolaan pendidikan pesantren modern. Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 11(2), 142–154. https://doi.org/10.31004/jpp.v11i2.789
Nasution, R. (2022b). Strategi peningkatan mutu pendidikan berbasis total quality management. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(3), 102–118. https://doi.org/10.31004/jmpi.v10i3.811
Nuraini, L., & Purnomo, A. (2020). Penentuan profil lulusan sebagai identitas lembaga pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.21580/jpki.v4i1.123
OECD. (2023). Education at a glance 2023: OECD indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/69096873-en
Putri, R., & Rofiq, A. (2020). Implementasi total quality management di pondok pesantren: Studi kasus. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 45–60. https://doi.org/10.31004/jmpi.v6i3.236
Rahman, F. (2021). Risiko kehilangan relevansi pesantren tanpa profil lulusan yang terukur. Jurnal Pendidikan Pesantren, 3(2), 40–55. https://doi.org/10.21043/jpp.v3i2.356
Rohman, F., Amaliah, S., & Basri, M. (2022). Evaluasi profil lulusan pesantren berbasis manajemen mutu. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen, 10(1), 88–101. https://doi.org/10.31227/jpim.v10i1.207
Shah, R., & McLean, R. (2022). Integrating religion and modernity in education: Global perspectives. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003135172
Siregar, H., & Mulyadi, T. (2021). Peran standar mutu pendidikan dalam transformasi pesantren modern. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan, 9(2), 88–104. https://doi.org/10.31004/jpimp.v9i2.776
Springer, K. (2022). Continuous improvement in Islamic education: Practices and implications. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-20489-1
UNESCO. (2023). Reimagining our futures together: A new social contract for education. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000379707
World Bank. (2023). Learning for all: Investing in people’s knowledge and skills to promote development. World Bank. https://doi.org/10.1596/978-1-4648-2033-4
Yorke, M., & Knight, P. T. (2021). Enhancing graduate employability: Connecting higher education with the labor market. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315142624
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Husni, Ishmah Syafiulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.