Peran Gaya Kepemimpinan dalam Membangun Brand Love dan Dampaknya terhadap Kinerja Keuangan
Studi Kasus pada PT BPR DP Taspen Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1882Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Brand Love, Kinerja Keuangan, PLS-SEMAbstract
Kinerja keuangan merupakan indikator utama keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan daya saing, khususnya pada lembaga keuangan mikro seperti PT BPR DP Taspen Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap pembentukan brand love serta dampaknya terhadap kinerja keuangan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 70 pegawai, dan data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) berbasis SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sementara brand love terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa faktor emosional berupa brand love lebih dominan dalam meningkatkan profitabilitas dibandingkan kepemimpinan langsung. Penelitian ini berimplikasi pada strategi manajerial, di mana perusahaan perlu memfokuskan penguatan brand love melalui inovasi layanan, personalisasi interaksi, dan penciptaan pengalaman nasabah yang berkesan guna mendukung keberlanjutan kinerja keuangan
References
Bagozzi, R. P., Batra, R., & Ahuvia, A. (2017). Brand love: development and validation of a practical scale. Marketing Letters, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.1007/s11002-016-9406-1
Chow, M. Y. C., & Ho, S. P. S. (2025). Effects of financial consumer protection on brand love and brand advocacy. Journal of Financial Services Marketing, 30(2), 1–15. https://doi.org/10.1057/s41264-025-00306-x
Faridh, M., & Marsella, F. (2021). Efek Pola Kepemimpinan Secara Berintegritas Serta Responsibilitas Terhadap Maksimalnya Kinerja Keuangan. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 6(2), 135–149. https://doi.org/10.51289/peta.v6i2.521
Ghozali, I. (2023). Pengaruh Gaji, Fasilitas Dan Minat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Gpm (Gunung Putra Mandiri). Soetomo Management Review, 1(3), 281–290.
Grappi, S. (2016). The relationship between brand love and actual brand performance: Evidence from an international study. International Marketing Review, 33(6), 806–824. https://doi.org/10.1108/IMR-11-2015-0238
Hair, Hult, Ringle, & Sarstedt. (2023). Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813
Krisnadi, A., & Tarigan, J. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja keuangan melalui perilaku manajer atas isu manajemen lingkunga sebagai variabel intervening. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(1), 107–115.
Meirinhos, G., Cardoso, A., Neves, M., Silva, R., & Rêgo, R. (2023). Leadership Styles, Motivation, Communication and Reward Systems in Business Performance. Journal of Risk and Financial Management, 16(2). https://doi.org/10.3390/jrfm16020070
Pereira, I. V., & Araújo, J. (2023). Service Delight and Brand Love: Its’ Impact on Premium Price and Word-of-Mouth. International Journal of Marketing, Communication and New Media, June 2023. https://doi.org/10.54663/2182-9306.2023.sn13.156-176
Sari, I. (2019). Pengaruh Reward Financial Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Keuangan Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Profita, 12(3), 514. https://doi.org/10.22441/profita.2019.v12.03.012
Sharma, P. N. (2018). Moving beyond the employee: The role of the organizational context in leader workplace aggression. Leadership Quarterly, 29(1), 203–217. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2017.12.002
Sofyani, H. (2023). Penentuan Jumlah Sampel pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 311–319. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i2.19031
Son, T. T., Phong, L. B., & Loan, B. T. T. (2020). Transformational Leadership and Knowledge Sharing: Determinants of Firm’s Operational and Financial Performance. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020927426
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aliy Rasyid, Allyya Saputra, Nikko Putra Ardiatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.