Peran Gaya Kepemimpinan dalam Membangun Brand Love dan Dampaknya terhadap Kinerja Keuangan

Studi Kasus pada PT BPR DP Taspen Bekasi

Authors

  • Aliy Rasyid Manajemen, Universitas Pertiwi
  • Allyya Saputra Manajemen, Universitas Pertiwi
  • Nikko Putra Ardiatna Manajemen, Universitas Pertiwi

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1882

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Brand Love, Kinerja Keuangan, PLS-SEM

Abstract

Kinerja keuangan merupakan indikator utama keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan daya saing, khususnya pada lembaga keuangan mikro seperti PT BPR DP Taspen Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap pembentukan brand love serta dampaknya terhadap kinerja keuangan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 70 pegawai, dan data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) berbasis SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sementara brand love terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa faktor emosional berupa brand love lebih dominan dalam meningkatkan profitabilitas dibandingkan kepemimpinan langsung. Penelitian ini berimplikasi pada strategi manajerial, di mana perusahaan perlu memfokuskan penguatan brand love melalui inovasi layanan, personalisasi interaksi, dan penciptaan pengalaman nasabah yang berkesan guna mendukung keberlanjutan kinerja keuangan

References

Bagozzi, R. P., Batra, R., & Ahuvia, A. (2017). Brand love: development and validation of a practical scale. Marketing Letters, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.1007/s11002-016-9406-1

Chow, M. Y. C., & Ho, S. P. S. (2025). Effects of financial consumer protection on brand love and brand advocacy. Journal of Financial Services Marketing, 30(2), 1–15. https://doi.org/10.1057/s41264-025-00306-x

Faridh, M., & Marsella, F. (2021). Efek Pola Kepemimpinan Secara Berintegritas Serta Responsibilitas Terhadap Maksimalnya Kinerja Keuangan. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 6(2), 135–149. https://doi.org/10.51289/peta.v6i2.521

Ghozali, I. (2023). Pengaruh Gaji, Fasilitas Dan Minat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Gpm (Gunung Putra Mandiri). Soetomo Management Review, 1(3), 281–290.

Grappi, S. (2016). The relationship between brand love and actual brand performance: Evidence from an international study. International Marketing Review, 33(6), 806–824. https://doi.org/10.1108/IMR-11-2015-0238

Hair, Hult, Ringle, & Sarstedt. (2023). Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813

Krisnadi, A., & Tarigan, J. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja keuangan melalui perilaku manajer atas isu manajemen lingkunga sebagai variabel intervening. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(1), 107–115.

Meirinhos, G., Cardoso, A., Neves, M., Silva, R., & Rêgo, R. (2023). Leadership Styles, Motivation, Communication and Reward Systems in Business Performance. Journal of Risk and Financial Management, 16(2). https://doi.org/10.3390/jrfm16020070

Pereira, I. V., & Araújo, J. (2023). Service Delight and Brand Love: Its’ Impact on Premium Price and Word-of-Mouth. International Journal of Marketing, Communication and New Media, June 2023. https://doi.org/10.54663/2182-9306.2023.sn13.156-176

Sari, I. (2019). Pengaruh Reward Financial Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Keuangan Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Profita, 12(3), 514. https://doi.org/10.22441/profita.2019.v12.03.012

Sharma, P. N. (2018). Moving beyond the employee: The role of the organizational context in leader workplace aggression. Leadership Quarterly, 29(1), 203–217. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2017.12.002

Sofyani, H. (2023). Penentuan Jumlah Sampel pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 311–319. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i2.19031

Son, T. T., Phong, L. B., & Loan, B. T. T. (2020). Transformational Leadership and Knowledge Sharing: Determinants of Firm’s Operational and Financial Performance. SAGE Open, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020927426

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

Rasyid, A., Allyya Saputra, & Nikko Putra Ardiatna. (2025). Peran Gaya Kepemimpinan dalam Membangun Brand Love dan Dampaknya terhadap Kinerja Keuangan: Studi Kasus pada PT BPR DP Taspen Bekasi. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(4), 5285–5296. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1882

Issue

Section

Articles