Peran Otoritas Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Nilai-Nilai Keislaman di SDI Al-Hikmah Dampit

Authors

  • Muhammad Husni Pasca Sarjana Universitas Al-Qolam
  • Ika Nur Hikmah Pasca Sarjana Universitas Al-Qolam

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1866

Keywords:

Kepemimpinan Islami, Otoritas Kepala Sekolah, Pengelolaan Sumber Daya

Abstract

Pendidikan Islam dituntut adaptif terhadap arus digitalisasi dan globalisasi agar mampu melahirkan lulusan cerdas sekaligus berkarakter. Dalam kerangka itu, kepemimpinan kepala sekolah yang memadukan otoritas formal dan moral menjadi kunci pengelolaan sumber daya berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran otoritas kepala sekolah dalam mengelola sumber daya manusia, fasilitas, dan keuangan secara efektif di SDI Al-Hikmah Dampit. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus fenomenologis; data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, divalidasi dengan triangulasi sumber-teknik serta member checking, dan dianalisis secara tematik-interaktif ala Miles & Huberman. Hasil menunjukkan sinergi otoritas formal (kebijakan, struktur, penganggaran) dan moral (keteladanan, integritas, amanah) membentuk budaya kerja Islami yang kolaboratif dan akuntabel; praktik transparansi keuangan, manajemen SDM berbasis nilai, mekanisme syura, pengelolaan sarpras yang efisien, serta keterlibatan orang tua–komite memperkuat profesionalisme guru, motivasi serta karakter peserta didik, dan kinerja organisasi sekolah.

References

Al-Kahtani, A., Ali, A., & Almalki, A. (2022). Financial management practices and accountability in Islamic educational institutions. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 13(3), 456–472. https://doi.org/10.1108/JIABR-05-2021-0154

Arifin, I. (2020). Penguatan nilai keislaman dalam kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 145–158. https://doi.org/10.21043/madania.v8i2.7802

Bush, T., & Glover, D. (2021). Leadership models in education: Towards evidence-based practice. Educational Management Administration & Leadership, 49(3), 356–374. https://doi.org/10.1177/1741143220945700

Choudhury, S., & Khan, M. (2021). Resource-based management in educational institutions: A spiritual perspective. International Journal of Educational Development, 82, 102378. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102378

Fadhilah, N., & Susanto, A. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah berbasis spiritualitas Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 75–88. https://doi.org/10.20414/jki.v10i1.4230

Fry, L. W., Latham, J. R., Clinebell, S. K., & Krahnke, K. (2021). Spiritual leadership as a model for performance excellence: A study of Baldrige Award recipients. Journal of Management, Spirituality & Religion, 18(2), 123–144. https://doi.org/10.1080/14766086.2021.1872765

Hofstede, G., Hofstede, G. J., & Minkov, M. (2020). Organizational culture, values, and effectiveness in educational leadership. International Journal of Educational Research, 103, 101614. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101614

Ismail, A., Abdullah, A. G., & Rahman, M. F. (2020). Islamic leadership practices in educational institutions: A case study approach. International Journal of Educational Management, 34(7), 1152–1168. https://doi.org/10.1108/IJEM-02-2020-0078

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022, April 14). Kepemimpinan pendidikan berbasis nilai budaya dan keislaman. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/04/kepemimpinan-pendidikan-berbasis-nilai-budaya-dan-keislaman

Kemendikbudristek. (2023, Februari 10). Pengelolaan sumber daya sekolah yang efektif dan efisien. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/artikel/pengelolaan-sumber-daya-sekolah

Khan, M., & Ahmad, R. (2020). Aligning institutional vision with educational leadership: A case of Islamic schools. Journal of Educational Administration, 58(6), 679–696. https://doi.org/10.1108/JEA-09-2019-0182

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (ed. revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2018). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalim Purwanto, M. (2020). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, S., & Hidayat, M. (2022). Integrasi nilai spiritual dalam pengambilan keputusan kepala sekolah. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 4(1), 65–79. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIN/article/view/2211

NU Online. (2020, Desember 15). Nilai-nilai Islam dalam pendidikan karakter di sekolah. https://www.nu.or.id/pendidikan/nilai-islam-dalam-pendidikan-karakter-DzA4C

Purwanto, E., Sari, P., & Kusuma, D. (2021). Embedding spiritual values in educational leadership to enhance organizational performance. Management in Education, 35(4), 197–210. https://doi.org/10.1177/0892020620980123

Republika. (2021, Juni 30). Manajemen pendidikan Islam di era digital: Tantangan dan solusi. https://www.republika.co.id/berita/qt1g8a/manajemen-pendidikan-islam-di-era-digital

Rohmah, N. (2021). Kepemimpinan transformatif berbasis nilai Islam dalam lembaga pendidikan. Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan Islam, 6(1), 40–52. https://doi.org/10.24252/kependidikan.v6i1.16890

Sahin, A., & Akbas, G. (2021). Integrating spirituality into Islamic education: Impacts on students’ character development. Journal of Islamic Education Research, 13(1), 44–59. https://doi.org/10.1080/21567676.2021.1893954

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, T. (2019). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sumber daya pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(2), 134–147. https://doi.org/10.17509/jap.v26i2.18030

Suryosubroto, B. (2016). Manajemen pendidikan di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsudin, M. (2021). Islamic leadership values in school management: A qualitative study. International Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.5281/zenodo.4532100

Tamim, R., Bernard, R., & Borokhovski, E. (2021). Community-based leadership and stakeholder engagement in education. Educational Research Review, 34, 100398. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100398

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Muhammad Husni, & Ika Nur Hikmah. (2025). Peran Otoritas Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Nilai-Nilai Keislaman di SDI Al-Hikmah Dampit. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(4), 4016–4026. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1866

Issue

Section

Articles