Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Reformasi Pelayanan Publik di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1860Keywords:
Kepemimpinan transformasional, Reformasi pelayanan publik, BirokrasiAbstract
Reformasi pelayanan publik menjadi agenda penting dalam membangun tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel, namun berbagai kendala seperti pola kepemimpinan birokrasi yang konvensional dan kurang adaptif masih menghambat tercapainya kualitas layanan yang optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan transformasional dalam mendukung reformasi pelayanan publik di Indonesia melalui penguatan visi perubahan, motivasi aparatur, dan peningkatan inovasi birokrasi. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka dengan penelusuran literatur akademik dan dokumen kebijakan dari berbagai sumber bereputasi yang relevan dalam kurun waktu sepuluh hingga lima belas tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dengan empat dimensi utama idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration berpengaruh positif terhadap peningkatan loyalitas pegawai, akuntabilitas birokrasi, dan efektivitas reformasi pelayanan publik meskipun terdapat hambatan struktural dan budaya. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kapasitas pemimpin publik melalui reformasi sistem rekrutmen, pelatihan berbasis nilai inovasi, dukungan regulasi, serta kemitraan lintas sektor guna mewujudkan pelayanan publik yang berkelanjutan dan berorientasi pada kepuasan masyarakat
References
Adekamwa, A., Mursalim, M., & Indrayanti, I. (2024). Tren penelitian pelayanan publik di Indonesia: Suatu tinjauan sistematis literatur. Jurnal Administrasi Negara, 30(3), 240–263.
Asmaria, A., Renaldy, R., Apriadi, E. A., & Akbar, M. F. (2024). Penguatan Peran Akademisi sebagai Pengawas Independen sebagai Pemantau dalam Meningkatkan Kualitas Pilkada 2024 di TPS 1 Desa Rantau Temiang, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Devotion: Journal Corner of Community Service, 3(2), 72–83.
Ati, H. D. L., Apriadi, E. A., & Suryanti, P. (2024). Peran Akademisi dalam Pemantauan Pemilu Presiden Periode 2024-2029 di Kelurahan Sawah Brebes. Devotion: Journal Corner of Community Service, 2(4), 166–174.
Darto, M. (2013). Kepemimpinan Transformasional Dalam Konteks Perubahan Organisasi Di Lembaga Administrasi Negara (Transformational Leadership In The Context Of Organizational Change In The National Institute Of Public Administration (Nipa/Lan)). Jurnal Borneo Administrator, 9(3).
Dewi, R. A., Saepudin, E. A., Nurfaridah, A., Suktiana, A., & Triyana, R. (2025). Peran Kepemimpinan Visioner dalam Mendorong Reformasi Kebijakan di Sektor Publik. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 2471–2480.
GHOFAR, A. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Nasional Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (Studi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kualitas Pelayanan Publik). UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Hidayat, I. (2025). Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Optimalisasi Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 133–143.
Maisa, S. A., Lestari, L., & Khairunnisa, Y. (2025). Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara: Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 4(1), 36–44.
Nurhayati, N., Kusuma, H., & Rahman, A. (2024). Strategi Tata Kelola Kolaboratif Dalam Meningkatkan Motivasi Pelayanan Publik: Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kualitas Relasional. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 12(2), 154–174.
Salsabila, E. N., Putri, N. F. R., & Wildan, M. A. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 727–739.
Sendika, M., & Frinaldi, A. (2025). Transformasi Budaya Organisasi Di Sektor Publik: Inovasi Menuju Pelayanan Publik Yang Lebih Responsif. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(2), 371–380.
Sopyan, E., Prasetio, Y. D., Apriadi, E. A., & Chairunnisa, C. (2025). Desa Digital dan Informatif: Visualisasi dan Manajemen Konten Layanan Publik Berbasis Teknologi Informasi di Pemerintahan Desa Kunjir Lampung Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 6(01), 61–75.
Supit, A. N., Sanusi, A., & Supriadi, B. (2023). Kepemimpinan Transformasional Pada Organisasi Sektor Publik. Selaras Media Kreasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Neysa Amallia, Zesty Miranda, M. Harviend Gilang Perdana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.