Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada JD Toyota Melalui Digital Marketing Dan CRM

Authors

  • Aliy Rasyid Manajemen Universitas Pertiwi
  • Wanda Ilham Manajemen Universitas Pertiwi
  • Moh Diding Firmansyah Manajemen Universitas Pertiwi

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1852

Keywords:

Digital Marketing, Customer Relationship Management

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap pemasaran dan menuntut perusahaan otomotif untuk beradaptasi agar dapat mempertahankan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi digital marketing dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap peningkatan kepuasan pelanggan JD Toyota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kausal, melibatkan 83 responden pelanggan yang dianalisis melalui SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah laki-laki (56,6%) dengan dominasi usia 21–30 tahun (59%). Seluruh indikator digital marketing, CRM, dan kepuasan pelanggan memiliki loading factor di atas 0,7 serta composite reliability di atas 0,9 yang menegaskan validitas dan reliabilitas instrumen. Nilai R-square kepuasan pelanggan tercatat 0,768 yang berarti variabel digital marketing dan CRM menjelaskan 76,8% variasi kepuasan pelanggan. Uji path coefficient mengonfirmasi bahwa digital marketing (β=0,520; p<0,05) dan CRM (β=0,484; p<0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan.

References

Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085

Cornellya, V. W., Khusnik Hudzafidah, & Haidaputri, T. A. N. (2023). Pengaruh digital marketing, customer relationship management, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kentucky fried chicken (KFC) kota probolinggo. JUMAD. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/digibis

Ernantyo, Y. E., & Febry, T. (2022). Pengaruh Implementasi Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Pada Kafe Kisah Kita Ngopi. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 1(2), 107–128.

Fadjri, A., & Silitonga, P. (2018). The Influence of Product Quality, Price Perception and Digital Marketing on Customer Satisfaction at Pizza Marzano Pondok Indah Mall 2. Eduturisma, 3(2), 1–20.

Fandani, A., Agustin, E., & Maolana, A. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus Pengguna Mobil Toyota Di Jepara Tahun 2020 ). E-Proceeding of Applied Science ISSN : 2442-5826, 6(2), 1111–1129.

Fauzi, D. A., & Anggraeni, A. D. (2015). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI DIVISI SERVIS AUTO 2000 ASIA AFRIKA-BANDUNG. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(Auto 2000), 1–6.

Hair, Hult, Ringle, & Sarstedt. (2023). Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813

Iqbal, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 83–93. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.609

Kendi, F. M. S. Al, Mesmari, S. R. M. S. Al, & Alsereidi, F. M. S. (2023). THE IMPACT OF DIGITAL MARKETING ON CUSTOMER SATISFACTION. NetZero Economies and Businesses, 19–20.

Khan, R. U., Salamzadeh, Y., Iqbal, Q., & Yang, S. (2022). The Impact of Customer Relationship Management and Company Reputation on Customer Loyalty: The Mediating Role of Customer Satisfaction. Journal of Relationship Marketing, 21(1), 1–26. https://doi.org/10.1080/15332667.2020.1840904

Khoirunnisa, D., & Riva’i, A. R. (2023). Digital Marketing, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 202–215. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5316

Nastiti, A. E., & Damayanti, S. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING, STORE ATMOSPHERE, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI “RISKY SHAFIRA” CUCI MOBIL DAN SEWA MOBIL NGANJUK). Simposium Manajemen Dan Bisnis II Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri, 2, 2023.

Niaga, J. A., Bali, N., Kampus, J., & Jimbaran, B. (2020). Implikasi Penerapan Customer Relationship Marketing Dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Gapura Angkasa Joumpa Denpasar Ni Putu Mira Dwi Astuti 1) ,I Komang Mahayana Putra 2) ,Kasiani 3) , Cokorda Gede Putra Yudistira 4) , I Made Widia. Maret, 14(1), 506–514. http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/

Ningsih, N. wachyu, Suharyono, & Edy Yulianto. (2016). Pengaruh CRM Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan PT Astra Internasional, TbkTSO AUTO2000 Cabang Denpasar). Jurnal Administrasi Bisnis30(1):171-177., 30(1), 171–177.

Purwatiningsih, Iwan, S. (2023). “Pengaruh Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Listrik di Indonesia.” Journal of Management & Business, 6(2), 425–434.

Rauf, A., Dinova, F., Tovtora, D., & Sopiyan, A. (2024). Pengaruh Digital Marketing Dan Green Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Raize the Influence of Digital Marketing and Green Promotion on the Decision To Purchase Toyota Raize. Digital Business Journal (DIGIBIS, 2(2), 98–111. https://doi.org/10.31000/digibis.v2i2

Ridwan, R., Nur, Y., & Mariah, M. (2021). The Influence of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction. Jurnal Economic Resource, 4(1), 90–100. https://doi.org/10.57178/jer.v4i1.367

Sofyani, H. (2023). Penentuan Jumlah Sampel pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 311–319. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i2.19031

Syafrida Hafni Sahir. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Tommy, M., Putera, F., & Mulawarman, U. (2024). KAJIAN LITERATUR ATAS LAYANAN DIGITAL MARKETING BERBASIS MOBILE APPS DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP TINGKAT Keywords : Customer Loyalty , Customer Satisfaction , Descriptive , Digital Marketing , e- Service Quality Corresponding Author : Rediyono ; rediyo. 21(1), 95–110.

Downloads

Published

2025-09-23

How to Cite

Rasyid, A., Wanda Ilham, & Moh Diding Firmansyah. (2025). Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada JD Toyota Melalui Digital Marketing Dan CRM. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(4), 5274–5284. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1852

Issue

Section

Articles