Model Deskriptif Perencanaan Strategis dalam Pendidikan Agama Islam: Kajian Teoritis dan Empiris
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1847Keywords:
pendidikan Islam, perencanaan strategis, pengembangan kelembagaanAbstract
Perencanaan strategis merupakan pilar utama dalam manajemen pendidikan Islam untuk menciptakan lembaga yang adaptif dan berkualitas di tengah dinamika globalisasi. Realitas menunjukkan bahwa sebagian besar madrasah belum menjadikan perencanaan sebagai fondasi tata kelola institusi, sehingga respon terhadap tantangan eksternal sering kali lambat dan kurang terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis dan empiris konsep, paradigma, strategi, serta langkah-langkah perencanaan strategis dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) dan analisis normatif-deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi perencanaan yang sistematis membutuhkan pemahaman terhadap lingkungan internal dan eksternal lembaga, disertai strategi formulasi yang matang serta pemilihan model dan metode yang tepat. Penguatan aspek perencanaan strategis menjadi urgensi agar lembaga pendidikan Islam mampu bersaing secara berkelanjutan dan menghadirkan sistem pendidikan yang selaras dengan nilai-nilai keislaman dan kebutuhan zaman.
References
Ainissyifa, H., & Nurseha, A. K. (2022). Contextualizing Mahmud Yunus’ Islamic education concept in Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 87–100. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.19117
Abu Ahmadi, & Prasetya, J. T. (1997). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arifin, Z. (1988). Evaluasi instruksional: Prinsip, teknik, prosedur. Bandung: Remaja Karya.
Bukhori Umar. (2010). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Colemen, M., & Bush, T. (2006). Manajemen strategis kepemimpinan pendidikan. Yogyakarta: IRCISOD.
Conyers, D., & Hills, H. (1994). Creative human resource planning and applications: A strategic approach. New York: Prentice‑Hall.
Dalimunthe, R. F. (2003). Keterkaitan antara penelitian manajemen dengan pendidikan dan pengembangan ilmu manajemen. Medan: Universitas Sumatra Utara.
David, F. R. (2006). Manajemen strategis (10th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Djamaroh, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyudi. (2002). Sistem informasi manajemen dalam organisasi publik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Engkoswara. (2010). Administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, I. (2014). Manajemen strategis (teori dan aplikasi). Bandung: Alfabeta.
George, T. R. (2014). Dasar‑dasar manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H., Jr. (2001). Organizations: Behavior, structure, processes. McGraw‑Hill.
Hamied, F. A., & Syihabuddin (Eds.). (2008). Pendidikan di Indonesia: Masalah dan solusi. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat & Departemen Agama RI.
Hakim, L. (2008). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Hasbullah Thabrani. (1993). Rahasia sukses belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Gardner, J. N., & Jewler, J. A. (Eds.). (1998). College is only the beginning: A student guide to higher education. Wadsworth.
Gunarsa, S. D. (1991). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: Gunung Agung.
Rukiati, E., & Hikmawati, F. (2006). Sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Daly, K. (2007). Sweet success. Indiana: Herff Jones.
Kompri. (2015). Manajemen pendidikan 3. Bandung: Alfabeta.
Maarif, A. S., et al. (1991). Pendidikan Islam di Indonesia antara cita dan fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Muhaimin, et al. (2004). Paradigma pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, H. H. (2001). Perencanaan SDM untuk organisasi profit. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Nuryasin, M., & Mitrohardjono, M. (2019). Strategi perencanaan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 77–84.. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.77 84
Oemar Hamalik. (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Salusu, J. (2006). Pengambilan keputusan strategik untuk organisasi publik dan organisasi non-profit. Grasindo.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sa’ud, U. S., & Makmun, A. S. (2005). Perencanaan pendidikan: Suatu pendekatan komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru (M.Ed). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tirtonegoro, S. (1984). Anak super normal dan program pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abd. Syahid, M. Ilyas, Deddy Yusuf Yudhyarta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.