Peran Teman Sebaya dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying di SMA Negeri 9 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1842Keywords:
Bullying, Teman Sebaya, Pencegahan, Sekolah, Dukungan SosialAbstract
Bullying di sekolah merupakan salah satu masalah serius yang berdampak pada perkembangan psikososial, emosional, dan akademik siswa. Perilaku ini dapat mengganggu proses pendidikan dan membentuk lingkungan belajar yang tidak aman, sehingga peran teman sebaya menjadi faktor penting dalam upaya pencegahannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teman sebaya dalam pencegahan perilaku bullying di SMAN 9 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai pengalaman siswa terkait bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki peran strategis dalam mendeteksi dini kasus bullying, memberikan dukungan psikologis kepada korban, serta menegakkan norma sosial untuk mencegah terjadinya perilaku bullying. Upaya teman sebaya dinilai cukup efektif melalui strategi seperti memberikan contoh perilaku positif, berani menegur pelaku, mendukung korban, dan melaporkan kasus kepada pihak sekolah. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara siswa, guru, pihak sekolah, dan institusi terkait melalui pengembangan program anti-bullying berbasis partisipasi siswa untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan kondusif.
References
Ayu Widya Rachma. (2022). Upaya Pencegahan Bullying di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, 10(22).
Ayumi Faridah., Purwadi., & Wahyu Nanda Eka Saputra. (2025). Penerapan Peer Support Kolaboratif dalam Bimbingan Konseling untuk Mereduksi Bullying di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(2).
Darmawan, A. (2022). School as a Safe Haven: Building Positive Climate in Indonesian Elementary Education. Pustaka Pelajar.
Farrington, D. P., & Ttofi, M. M. (2009). School-based Programs to Reduce Bullying and Victimization. Campbell Systematic Reviews.
Garcia, M. (2023). Peer support as bullying intervention: A meta-analysis. Journal of Child Psychology, 44(2), 112–125. https://doi.org/10.xxxx/xxxxxx
Huang, L., Smith, J., & Patel, R. (2021). Bystander effect in elementary school bullying. Educational Psychology Review, 33(4), 789–801.
Ihsan, Marhani. I. (2020). Dukungan Teman Sebaya dan Pengaruhnya Terhadap Kedispilinan Siswa. Psycho Idea, 18(2), 197–207.
KPAI. (2023). Laporan survei kekerasan anak di lingkungan pendidikan 2022–2023. Komisi Perlindungan Anak Indonesia.
Olweus, D. (2020). Bullying at School: What We Know and What We Can Do (2nd ed.). Blackwell Publishing.
Pellegrini, A. D., & Long, J. D. (2002). A Longitudinal Study of Bullying, Dominance, and Victimization During the Transition from Primary School Through Secondary School. British Journal of Developmental Psychology.
Prameswari, A. K., Suryaningsih, Y., & Dewi, S. R. (2024). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Upaya Pencegahan Bullying Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember: The Relationship Between Peer Support and Efforts to Prevent Bullying in Class VIII Students at SMP Negeri 4 Jember. ASSYIFA: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 328–335. https://doi.org/10.62085/ajk.v2i2.86
Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2023). Tren Perundungan di Kalangan Murid Sekolah.
Puspita, V. D., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Perundungan Pada Siswa SMP PL Domenico Savio Semarang. Jurnal EMPATI, 7(4). https://doi.org/10.14710/empati.2018.23458
Salmivalli, C. (2010). Bullying and the Peer Group: A Review. Aggression and Violent Behavior, 15(2), 112–120.
Setyawan, D. (2014). KPAI: Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter. http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter
Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulfemi, W. B., & Yasita, O. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan, 21(2). https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.951.2020
Sulistia Oktaviani Putri. (2023). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Korban Bullying pada Siswa Kelas 1 SMK X di Jakarta Timur. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Syarif Hidayatullah Tangerang Selatan.
Wiyani, A. (2012). Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fifi Julfiati, Ichwan Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.