Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kebijakan Pengembalian Dana dan Kualitas Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Sonia Pratiwi Universitas Indonesia Membangun (INABA) Bandung
  • Arie Hendra Saputro Universitas Indonesia Membangun (INABA) Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1833

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kebijakan Pengembalian Dana, Kualitas Aplikasi

Abstract

Pertumbuhan pesat ekosistem digital di Indonesia telah mendorong perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja, dengan e-Commerce menjadi kanal utama. Shopee sebagai platform dominan menghadapi tantangan dalam menjaga kualitas pelayanan, keandalan aplikasi, dan efektivitas kebijakan pengembalian dana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kebijakan pengembalian dana, dan kualitas aplikasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Kota Bandung. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan jenis penelitian asosiatif, melibatkan 100 responden aktif pengguna Shopee yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian divalidasi dan diuji reliabilitasnya, serta dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kebijakan pengembalian dana berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas aplikasi tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel independen memberikan kontribusi sebesar 51,2% terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya peningkatan layanan dan kebijakan refund sebagai strategi utama untuk mempertahankan loyalitas konsumen dalam persaingan digital

References

Aulia, N., & Akbar, R. R. (2025). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan Cabang Margacinta Kota Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 11(1), 335-346

Fahrulroji Rahman, & Siti Sarah. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Di Tiktok Shop Pada Pengguna Aplikasi Tiktok. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(3), 2041-2049

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (hal. 145). Semarang: Universitas Diponegoro.

Krisnawati, A., Artanti, T., & Umar. (2024). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Dukungan Suami. Media Gizi Kesmas, 13(2), 659–664.

MAJ Jacob., & Siti Sarah. (2024).Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Citra Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Blibli. Media Mahardika, 22(2), 281-288

Nada, A. Q. ., Cahyani, P. D. ., & Maharani, B. D. . (2023). Pengaruh Online Return Policy Leniency Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia Di D.I.Yogyakarta. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(04), 1012–1026.

Nugraha, N., & Jaya, R. C. (2024). Pengaruh Fanatisme Supporter, Kualitas Pelayanan, dan Perilaku Konsumtif terhadap Keputusan Pembelian Produk Official Merchandise Persib Bandung. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(4), 914 - 928.

Pratama, Kevin R., Pertiwi, Wahyu N.K.. (2021) Selain Indonesia, Shopee Error Juga Dikeluhkan Pengguna di Malaysia Hingga Brasil. Kompas.com

Pusat Data dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal Kementrian Perdagangan, Perdagangan Digital (e-Commerce) Indonesia Periode 2023

Reno (2024), Shopee, Tidak Profesional dan Lelet Menanggapi Masalah Fitur Iklan. Mediakonsumen.com

Smith, A. & Johnson, B. (2024). Measuring Service Quality in the Digital Age. Journal of Service Research, 12(1), 45–62.

Subar – DetikNews (2025), Transfer Virtual Account Ada Masalah, Refund Belum Diterima dari Shopee. detikNews.com

SUMARWAN, Romie Giri Ginanjar; HERLINA, Listri. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Di Transmart. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 170-186, jan. 2025. ISSN 2598-8719.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (hal. 248). Bandung: Alfabeta

Tanjung, J., & Effendy, J. A. (2023). Pengaruh Kualitas Aplikasi, Electronic Word Of Mouth, Dan Kualitas Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee. Performa, 8(1), 20–32.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Pratiwi, S., & Arie Hendra Saputro. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kebijakan Pengembalian Dana dan Kualitas Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 3181–3193. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1833

Issue

Section

Articles