Pengaruh Kompetensi Pegawai, Good Governance Dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Authors

  • Revi Nurvianti Eliansyah Universitas Indonesia Membangun
  • Ridwan Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1820

Keywords:

Pelayanan Publik, Kompetensi Pegawai, Good Governance

Abstract

Kualitas pelayanan publik di Indonesia masih menghadapi tantangan serius, ditandai oleh banyaknya pengaduan masyarakat terkait keterlambatan, ketidakefisienan, dan rendahnya kepuasan layanan. Kecamatan Baleendah sebagai salah satu wilayah padat di Kabupaten Bandung menjadi contoh konkret atas permasalahan tersebut, yang tercermin dari hasil pra-survei masyarakat mengenai ketepatan waktu, keramahan petugas, dan kemudahan akses layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pegawai, good governance, dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-verifikatif, melibatkan 100 responden melalui teknik purposive sampling, serta pengolahan data menggunakan regresi linier berganda yang diuji melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pegawai dan good governance berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik, sementara sistem pengendalian internal pemerintah tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Temuan ini memberikan implikasi penting bahwa peningkatan kualitas layanan publik lebih ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia dan praktik tata kelola pemerintahan yang baik dibandingkan oleh mekanisme pengawasan internal formal.

References

Dewi, N. L., Gunawan, Y., Mangunsong, S., & Meiliana, Y. (2021). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(2), 99–106. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i2.3024

Handayani, D., & Ridwan. (2024). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Sistem Pengendalian Internaldan Sistem Pelaporan Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 04(02), 1073–1082. https://doi.org/doi.org/jebma.v4n2.4014

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Gave Media.

Inzaghi, A. O., & Rosy, B. (2022). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Purworejo. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1294–1307. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1081

Mardiasmo. (2018). Akuntansi Sektor Publik. Diva Press.

Naibaho, R. (2024, March 14). Ombudsman RI Tangani 26 Ribu Kasus Pelayanan Publik Sepanjang 2023. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-7241812/ombudsman-ri-tangani-26-ribu-kasus-pelayanan-publik-sepanjang-2023

Patria, G., & Arismutia, S. A. (2022). The Influence Of Independence, Professionalism And Good Governance On Internal Audit Qualitystudies At The Inspectorate Of West Bandung Regency. Journal of Accountancy Inaba (JAI), 01(02), 104–112. https://doi.org/https://doi.org/10.56956/jai.v1i02.128

Pradana, H. A., Kismartini, K., & Aripin, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Bea Cukai Madiun. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 760. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6196

Prameswari, G., & Widiyawati, D. (2024). Pengaruh Good Governance, Efektivitas Kerja Pegawai, Dan Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 13.

Saputra W, Lestari U, & Rizqi M. (2024). Pengaruh Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Tegalrejo (The Influence of Good Governance Principles on The Quality of Public Services at The Tegalrejo Village Office). Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa (JIPSK), 9(1).

Sunjaeni, M., & Berliani, K. (2024). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Pemerintah,Goodgovernance,Dankomitmen Organisasi Terhadap Kinerja Manajerial(Pada Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung). Judicious: Journal Of Management, 05(01), 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/jdc.v5i1.1625

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.

Suwanda, D. (2017). Sistem Pengendalian Internal Pemerintah. PMM Manajemen.

Widodo, D., & Febriyanti, D. (2024). Pengaruh Independensi, Fee Audit, Kompetensi Dan Skeptisme Profesional Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada 14 Kantor Akuntan Publik di Provinsi Jawa Tengah). Economic Reviews Journal, 3(2), 1324–1337. https://doi.org/https://doi.org/10.56709/mrj.v3i2.459

Yono, & Hamdani, D. (2022). The Influence Of Good Governance, Community Perception And Government Internal Control Systems On The Quality Of Public Services Study At Cidamar Village Office, Cianjur Regency. Journal of Accountancy Inaba (JAI), 01(02). https://doi.org/https://doi.org/10.56956/jai.v1i02.127

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Revi Nurvianti Eliansyah, & Ridwan. (2025). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Good Governance Dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 3038–3047. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1820

Issue

Section

Articles