Analisis Persepsi Kemudahan dan Keamanan Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital Terhadap Minat Gen Z Dalam Menggunakan QRIS di Kota Bandung

Authors

  • Yuni Yuniarti Universitas Indonesia Membangun
  • Listri Herlina Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1798

Keywords:

QRIS, Generasi Z, Kemudahan Penggunaan, Keamanan Penggunaan

Abstract

Transformasi sistem pembayaran digital di Indonesia mengalami percepatan signifikan melalui implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai instrumen utama dalam mendukung inklusi keuangan nasional. Generasi Z menjadi kelompok pengguna potensial mengingat karakteristik mereka sebagai digital native yang mengutamakan kemudahan dan keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan dan keamanan terhadap minat penggunaan QRIS oleh Generasi Z di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner, yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, persepsi kemudahan dan keamanan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan QRIS, dengan nilai determinasi sebesar 96,1%. Temuan ini menegaskan bahwa QRIS tidak hanya menawarkan efisiensi transaksi, tetapi juga mampu memenuhi ekspektasi keamanan pengguna digital muda. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi peningkatan literasi keuangan digital dan desain sistem pembayaran yang adaptif terhadap kebutuhan generasi muda.

References

Ainun Hikmah, & RA Nurlinda. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Dompet Digital DANA. Journal of Management and Creative Business, 1(4), 181–202. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i4.1433

Amalia, F., Hastari, S., & Subagio, D. P. W. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan QRIS Pada Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Payung Madinah Kota Pasuruan. YUME: Journal of Management, 8(1.1), 1439–1450.

Auliya Akhyar, R., & Sisilia, K. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan Pembayaran Digit. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3944–3953. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66

Giri, R., Sumarwan, G., & Herlina, L. (2025). Pengaruh Brand Image , Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Di Transmart. Jisamar, 9(1), 170–186. https://doi.org/10.52362/jisamar.v9i1.1717

Hanni, N. F., & Pujiastuti, Y. (2023). Peningkatan Minat Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) Sebagai Pendukung Bisnis Islami (Studi Pada Generasi Z Di Kota Batang). 3(2), 125–132.

Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL GO-PAY. Jurnal Manajemen, 8(021), 27–39.

Jusuf, M. H. (2025). Implementasi Dan Evaluasi Digitalisasi Administrasi Kependudukan Pada Layanan Desa Cicalengka Kulon. Informatika & Komputasi, 19(April), 8–20.

Kurniawan, A W., & Puspitaningsih, Z. (. (2016). Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kuantitatif. In Google Books (Issue April 2016).

Prasetyo, Y. T., Ong, A. K. S., Concepcion, G. K. F., Navata, F. M. B., Robles, R. A. V., Tomagos, I. J. T., Young, M. N., Diaz, J. F. T., Nadlifatin, R., & Redi, A. A. N. P. (2021). Determining factors affecting acceptance of e-learning platforms during the covid-19 pandemic: Integrating extended technology acceptance model and delone & mclean is success model. Sustainability (Switzerland), 13(15), 1–16. https://doi.org/10.3390/su13158365

Putri, L. A. (2023). Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi keamanan, dan brand image terhadap minat dalam menggunakan media pembayaran berbasis qris yang dilakukan gen z di provinsi Di. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Putri, N. M. Y. N., Dewi, P. P. R. A., Kusuma, P. S. A. J., & P, K. W. L. (2025). Pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan, keamanan dan minat terhadap keputusan penggunaan qris pada generasi z di kota denpasar. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5, 1843–1852.

Rahmawati, Y. dwi, & Yuliana, R. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa stie bank BPD Jateng. EconBank:Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168.

Rahmi, P. P., Aryanti, A. N., & Azis, D. A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan. ARBITRASE, 3(3), 710–722. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660

Santosa, P. I. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF-Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS atau Paulus Insap Santosa (Giovanny (ed.)). CV.ANDI OFFSET.

Sulistiyowati, R., Putratiyo, R. P., Krisna, D. Y., Lestari, G. C., & Gunawan, S. (2024). UPAYA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN ONLINE DALAM LAYANAN PADA RSAB HARAPAN KITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Jurnal Informatika & Komputasi, 18(April), 1–6.

Wulan, B. A., Soedijono, B., & Henderi, H. (2017). Evaluasi Penerimaan Bio Sistem Online Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam). Respati, 12(34), 26–36. https://doi.org/10.35842/jtir.v12i34.100

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Yuni Yuniarti, & Listri Herlina. (2025). Analisis Persepsi Kemudahan dan Keamanan Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital Terhadap Minat Gen Z Dalam Menggunakan QRIS di Kota Bandung . Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 3025–3037. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1798

Issue

Section

Articles