Analisis Teoritis terhadap Keunggulan dan Kelemahan Metode Tata Bahasa-Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1787Keywords:
Grammar-Translation Method, Bahasa Arab, Pembelajaran BahasaAbstract
Pengajaran bahasa Arab di Indonesia masih didominasi oleh penggunaan Grammar-Translation Method (GTM) yang fokus pada penguasaan tata bahasa dan penerjemahan teks klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara teoritis kelebihan dan kekurangan GTM serta menawarkan alternatif integratif yang lebih kontekstual. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), kajian ini menganalisis literatur akademik terkini untuk menilai relevansi dan efektivitas GTM dalam konteks modern. Hasil studi menunjukkan bahwa GTM unggul dalam aspek gramatikal dan literer, namun memiliki kelemahan signifikan dalam pengembangan keterampilan komunikatif dan aplikatif. Oleh karena itu, integrasi GTM dengan pendekatan komunikatif seperti Communicative Language Teaching (CLT) dan Task-Based Language Teaching (TBLT) disarankan sebagai solusi strategis. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi perumusan kebijakan pendidikan dan praktik pedagogis yang lebih adaptif terhadap kebutuhan pembelajaran bahasa Arab kontemporer
References
Afrianti, I., Ratmansyah, Z., Fadhil, A., & Lesmana, Y. Iriandi. (2025). Grammar and Translation Methods in Arabic Language Learning: Theory and Practice. MADINA: Journal of Islamic Studies, 2(1), 1–8.
Fachrurrozi, A., & Mahyudin, E. (2016). Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Kontemporer. PT Rajagrafindo Persada.
Izzan, A. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (U. S. Artyasa, Ed., Edisi ke-6). Humaniora. https://books.google.co.id/books?id=ZgC-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Kojin. (2022). Effectiveness of the Grammar and Translation Methods in Learning Arabic. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 8(2), 176–190. https://doi.org/10.32601/ejal.911551
Kusnadi. (2019). Metode gramatika dalam pembelajaran bahasa Arab. NASKHI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 1(1), 8–13.
Lamé, G. (2019). Systematic Literature Reviews: An Introduction. In Proceedings of the Design Society: International Conference on Engineering Design (Vol. 1). https://doi.org/10.1017/dsi.2019.169
Mannan, A. M. R. A. J., & Hidayah, M. S. (2022). Penerapan Metode Grammar Translation untuk Baca-Tulis di MA As-Sunniyyah Jember. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(1), 30–36. https://doi.org/10.62097/alfusha.v4i1.748
Mustafa. (2020). Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 56–71. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.17
Muyasaroh, W., Setiyawan, A., & Muyasiroh, W. (2024). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Krapyak. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.21043/arabia.v16i1.24598
Nisa, S. H., Sya, M. F., Amalia, R., & Febriani, A. (2024). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: The Grammar Translation Method dan The Direct Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5397–5409.
Rosi, F. (2024). Grammar-Translation Method: Is it still Applicable Nowadays? Journal of Education Policy Analysis, 2(1). https://businessandfinanceanalyst.com
Sherina, P., & Hendra, F. (2024). Analisis Komparatif antara Metode Gramatika Terjemah dan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(3), 255–263.
Sulaiman, E. (2017). Penerapan Metode Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Sukorejo Situbondo. Ulûmuna: Jurnal Studi Keislaman, 3(1).
Wahyuni, S. (2025). Grammar Translation Method. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33890.64968
Waliyuddin, Thamimy, A. R., & Linur, R. (2024). Methods of Arabic Language Learning. Al-Ma’any: Jurnal Studi Bahasa dan Sastra Arab, 3(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Aliyyah Rahmawati, Elis Siti Nurhayati, Huriyah Nabilah, Naila Dzikratunnisa Pangestu, Nadini Az Zahra, Lalah Alawiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.