Analisis Teoritis terhadap Keunggulan dan Kelemahan Metode Tata Bahasa-Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Nur Aliyyah Rahmawati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Elis Siti Nurhayati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Huriyah Nabilah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Naila Dzikratunnisa Pangestu Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nadini Az Zahra Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • N. Lalah Alawiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1787

Keywords:

Grammar-Translation Method, Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa

Abstract

Pengajaran bahasa Arab di Indonesia masih didominasi oleh penggunaan Grammar-Translation Method (GTM) yang fokus pada penguasaan tata bahasa dan penerjemahan teks klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara teoritis kelebihan dan kekurangan GTM serta menawarkan alternatif integratif yang lebih kontekstual. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), kajian ini menganalisis literatur akademik terkini untuk menilai relevansi dan efektivitas GTM dalam konteks modern. Hasil studi menunjukkan bahwa GTM unggul dalam aspek gramatikal dan literer, namun memiliki kelemahan signifikan dalam pengembangan keterampilan komunikatif dan aplikatif. Oleh karena itu, integrasi GTM dengan pendekatan komunikatif seperti Communicative Language Teaching (CLT) dan Task-Based Language Teaching (TBLT) disarankan sebagai solusi strategis. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi perumusan kebijakan pendidikan dan praktik pedagogis yang lebih adaptif terhadap kebutuhan pembelajaran bahasa Arab kontemporer

References

Afrianti, I., Ratmansyah, Z., Fadhil, A., & Lesmana, Y. Iriandi. (2025). Grammar and Translation Methods in Arabic Language Learning: Theory and Practice. MADINA: Journal of Islamic Studies, 2(1), 1–8.

Fachrurrozi, A., & Mahyudin, E. (2016). Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Kontemporer. PT Rajagrafindo Persada.

Izzan, A. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (U. S. Artyasa, Ed., Edisi ke-6). Humaniora. https://books.google.co.id/books?id=ZgC-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Kojin. (2022). Effectiveness of the Grammar and Translation Methods in Learning Arabic. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 8(2), 176–190. https://doi.org/10.32601/ejal.911551

Kusnadi. (2019). Metode gramatika dalam pembelajaran bahasa Arab. NASKHI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 1(1), 8–13.

Lamé, G. (2019). Systematic Literature Reviews: An Introduction. In Proceedings of the Design Society: International Conference on Engineering Design (Vol. 1). https://doi.org/10.1017/dsi.2019.169

Mannan, A. M. R. A. J., & Hidayah, M. S. (2022). Penerapan Metode Grammar Translation untuk Baca-Tulis di MA As-Sunniyyah Jember. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(1), 30–36. https://doi.org/10.62097/alfusha.v4i1.748

Mustafa. (2020). Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 56–71. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.17

Muyasaroh, W., Setiyawan, A., & Muyasiroh, W. (2024). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Krapyak. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.21043/arabia.v16i1.24598

Nisa, S. H., Sya, M. F., Amalia, R., & Febriani, A. (2024). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: The Grammar Translation Method dan The Direct Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5397–5409.

Rosi, F. (2024). Grammar-Translation Method: Is it still Applicable Nowadays? Journal of Education Policy Analysis, 2(1). https://businessandfinanceanalyst.com

Sherina, P., & Hendra, F. (2024). Analisis Komparatif antara Metode Gramatika Terjemah dan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(3), 255–263.

Sulaiman, E. (2017). Penerapan Metode Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Sukorejo Situbondo. Ulûmuna: Jurnal Studi Keislaman, 3(1).

Wahyuni, S. (2025). Grammar Translation Method. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33890.64968

Waliyuddin, Thamimy, A. R., & Linur, R. (2024). Methods of Arabic Language Learning. Al-Ma’any: Jurnal Studi Bahasa dan Sastra Arab, 3(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Nur Aliyyah Rahmawati, Elis Siti Nurhayati, Huriyah Nabilah, Naila Dzikratunnisa Pangestu, Nadini Az Zahra, & N. Lalah Alawiyah. (2025). Analisis Teoritis terhadap Keunggulan dan Kelemahan Metode Tata Bahasa-Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 3122–3129. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1787

Issue

Section

Articles