Pengembangan Media Spindle Box Untuk Anak Usia Dini di RA Al Hidayah Kec. Pantai Cermin
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1772Keywords:
Media Spindle Box, Pengembangan Media, Anak Usia DiniAbstract
Kemampuan berhitung merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Namun, pembelajaran berhitung yang dilakukan secara konvensional dengan media seadanya cenderung kurang menarik dan tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Spindle Box yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan sebagai alat bantu pembelajaran berhitung di RA Al-Hidayah Kecamatan Pantai Cermin. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak usia dini dan 1 guru kelas, dengan data diperoleh melalui angket dan wawancara. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Spindle Box memperoleh skor kelayakan sebesar 94% dari ahli materi dan 92% dari ahli media, yang dikategorikan “Sangat Layak.” Guru menyatakan bahwa media ini mempermudah pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan serta antusiasme anak. Spindle Box terbukti efektif dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di lembaga PAUD.
References
Adam. Steffi Dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS Journal, Volume 3 No 2: 79
Asnawir Dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan,Bandung: Citra Adtya Bakti.
Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).
Ismet, S., & Marlina, S. (2019). Pengaruh Media Spindle Boxes Terhadap Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(2), 68-79.
Kartina, V. N. A. (2022). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Spindle Boxes Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Autis Kelas 1 Di Upt Pendidikan Slbn 1 Makassar.
Lestria, N., & Ismet, S. (2023). Efektivitas Media Spindle Boxes Untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21892-21897.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.
Mahnun.Nunu.(2012). Mediapembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27.
Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan.
Purwono. Joni, Dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2: 127
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(3), 229-238.
Rozie, F., & Pratikno, A. S. (2023). Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Rena Cipta Mandiri.
ugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development.Bandung: Alfabeta.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini, 1, 1-65.
Widarnandhana, I. G. D., Ariani, N. W. T., & Jayadiningrat, M. G. (2023). Peran Orangtua Dalam Persiapan Anak Usia Dini Menuju Pendidikan Sekolah Dasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 144-155.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aulia Kamal, Juli Yanti Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.