Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Anak Usia Dini di PAUD Nurul Iman Kec. Patumbak

Authors

  • Devi Lola Viana Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Juli Yanti Harahap Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1771

Keywords:

Pengembangan Media, Pop Up Book, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan bahasa merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang perlu didukung melalui media pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop up book yang dilengkapi dengan buku panduan sebagai alat bantu pembelajaran bahasa anak usia dini di PAUD Nurul Iman Kecamatan Patumbak, serta untuk menguji tingkat kelayakannya melalui validasi ahli dan implementasi lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak usia dini dan satu guru kelas. Hasil validasi menunjukkan media memperoleh skor kelayakan 92% dari ahli materi dan 93% dari ahli media, dikategorikan sebagai “Sangat Layak”. Implementasi media dalam kelas menunjukkan peningkatan minat belajar dan kemampuan bahasa anak. Temuan ini menunjukkan bahwa media pop up book efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa anak usia dini, serta dapat direkomendasikan sebagai inovasi media edukatif yang aplikatif

References

Ahda Aulia Fajriah, Halimatu Sadiah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di sekolah Dasar.. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan. Https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.74

Alim Sumarno, (2012) Rancangan Pengertian Pengembangan media pembelajaran

Alsari, D., & Sutrisno, Y. (n.d.). (2020) Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B 1 Paud Kasih Bunda Pontianak Selatan

Cahyani, D. D., Mustika, M., & Sari, K. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini (Vol. 5, Issue 1).

Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. In Kencana.

Danti & Sarinah (2022) Tujuan Penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D)

Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangsn Bahasa,Emosi,dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Gamal Thabroni, (2022) Perkembangan Bahasa: Pengertian, Teori, Pemerolehan & Tahapan

Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. Https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kognitif Siswa (Vol. 2, Issue 1).

Jannah, A. R., Hamid, L., Srihilmawati, R. (2020) Media Pop Up book Untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(2)

Khamidah, A., Khoir, N., Yulia, T., & Artikel, R. (n.d.). (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Media Pop up book dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Bahrul Ulum Sawahan Turen-Malang Info Artikel ABSTRAK. In Jurnal Lingkup Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 1).

Kurnia (2019) Model pengembangan Research and Development (R&D) Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. Https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Permendikbud Undang-undang No. 137 Tahun 2014 Tentang Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875

Ramadhani, Y. G., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Materi SPLDV dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 500–506. Https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma

Salam, A., Ikhwanuddin, I., & Sri Jamilah, S. J. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini. Https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.816

Setyowati, H., & Khasanah, K. (2021). Kreativitas Media Mendongeng Pada Mata Kuliah BAhasa Jawa AUD Di Masa Pandemi Covid-19 Dharmas Education Journal (DE_Journal). Https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.239

Umam, N. K., Masub Bakhtiar, A., & Iskandar, H. (2019). Jurnal Pendidikan Dasar | p-ISSN. In Desember (Vol. 1, Issue 2).

Utomo, N. F., & Ali, N. H. (n.d.). (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sains Menggunakan Pop-Up Book Pada Tema Binatang di RA Hidayatullah Manado.

Widyani Alviolita, N., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita (Vol. 7, Issue 1).

Zaman, Badru ; Hernawan, Asep Hery; Eliyawati, Cucu. (2011). Media dan Sumber Belajar TK (Cetakan kedua belas ed.). Jakarta: Universitas Terbuka

Zhang, (2020) Desain Penelitian Pengembangan Alur Model pengembangan Research and Development (R&D)

Hanifah, N. (2012). Pendidikan Global dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 3(2), 44-48.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Viana, D. L., & Harahap, J. Y. (2025). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Anak Usia Dini di PAUD Nurul Iman Kec. Patumbak. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 2408–2416. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1771

Issue

Section

Articles