Pengembangan Model Learning Cycle 5E Berbasis Meaningful Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1756Keywords:
Learning Cycle 5E, Meaningful Learning, Kemampuan KognitifAbstract
Transformasi pendidikan menuntut inovasi dalam pemilihan model pembelajaran yang tidak hanya teknis, tetapi juga mampu menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan sebelumnya secara kontekstual. Model pembelajaran yang digunakan di kelas selama ini belum sepenuhnya mempertimbangkan kebutuhan peserta didik sehingga berdampak pada rendahnya pencapaian KKM dan kurangnya keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Learning Cycle 5E berbasis meaningful learning guna meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis kebutuhan yang terdiri dari lima tahap: front-end analysis, learner analysis, task analysis, concept analysis, dan specifying instructional objectives. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket terbuka kepada pendidik dan peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik secara lebih aktif, reflektif, dan aplikatif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran berbasis meaningful learning efektif dalam membentuk kemampuan berpikir kritis serta mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran secara holistik
References
Andrews, D., Lieshout, E. Van, & Bhatta, B. (2023). How , Where , And When Do Students Experience Meaningful Learning ? International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 31(3), 28–45. https://doi.org/10.30722/IJISME.31.03.003
Arrington, L. E., & Becerril, S. (2024). Developing Problems with Strengths in Mind : Problem-Based Learning in Introductory CSD Courses. TLCSD: Teaching and Learning in Communication Sciences & Disorders, 8(3), 1–29. https://doi.org/10.61403/2689-6443.1306
Chan, F., Kurniawan, A. R., . N., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691
Jannah, R., Yolanda, S. D., & Ulfa, S. W. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berkarakter Islami pada Praktikum Pembelajaran IPA di MTS Raudhatul Akmal. Journal on Education, 05(02), 2123–2136. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.863
Kurniawan, M. A., Miftahillah, A., & Nasihah, N. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluation) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, III(1), 61–67. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325
Listiani, W., & Rachmawati. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266
Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mahasiswanya. AXIOM: Jurnal Pendidikan & Matermatika, 09(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735
Mahmuti, A., Hamzic, D. K., & Thaqi, X. (2025). The impact of contextual teaching and learning on improving student achievement in economic mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 20(3), 1–14. https://doi.org/10.29333/iejme/16233
Maleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah), 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816
Medriati, R., & Risdianto, E. (2020). Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.67-74
Nurfadhilah, Remiswal, & Khadijah. (2025). Application of Hots-Based Cognitive Evaluation to Improve Students ’ Analytical Thinking Skills in Islamic Religious Education. JLILS: Journal of Learning Improvement and Lesson Study, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.24036/jlils.v5i1.139
Nurfadhilah, Sari, W., Akmal, A., & Trinova, Z. (2024). The Influence of the 7E Learning Cycle Model in Improving Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Learning. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 7(2), 56–63. https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v7i2.210
Pangaribuan, T., Hasni, U., & Amanda, R. S. (2023). Need Analisys: Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Mahasiswa. Journal of Education Research, 4(2019), 2399–2407. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.597
Rafiq, J. E., Zakrani, A., Amraouy, M., Nouh, S., & Bennane, A. (2025). Improving Online Learning Using Deep Learning and Student’s Intelligences. TOJDE : Turkish Online Journal of Distance Education, 26(2), 39–52.
Rahmawati, A. Y., & Puspitaningsih, F. (2021). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar di Perpustakaan Terhadap Minat Baca Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Education Journal : Journal Education Research and Development, 5(2), 175–180. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.500
Surono, S., & Mahfud Ifendi, M. I. (2021). Pendidikan Islam Klasik : Model Dan Karakteristik. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 79–94. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.23
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). DEVELOPING STUDENTS’ RELIGIOUS MODERATION THROUGH GROUP COUNSELING AT ISLAMIC HIGHER EDUCATION. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.22977
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.12
Vargas-hernández, J. G., & Vargas-gonzález, O. C. (2022). Strategies for meaningful Learning in Higher Education. Journal of Research in Instructional, 2(1), 47–64. https://doi.org/10.30862/jri.v2i1.41
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurfadhilah Nurfadhilah, Darmansyah Darmansyah, Hidayati Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.