Pengembangan Model Learning Cycle 5E Berbasis Meaningful Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik

Authors

  • Nurfadhilah Nurfadhilah UIN Imam Bonjol Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Hidayati Hidayati UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1756

Keywords:

Learning Cycle 5E, Meaningful Learning, Kemampuan Kognitif

Abstract

Transformasi pendidikan menuntut inovasi dalam pemilihan model pembelajaran yang tidak hanya teknis, tetapi juga mampu menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan sebelumnya secara kontekstual. Model pembelajaran yang digunakan di kelas selama ini belum sepenuhnya mempertimbangkan kebutuhan peserta didik sehingga berdampak pada rendahnya pencapaian KKM dan kurangnya keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Learning Cycle 5E berbasis meaningful learning guna meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis kebutuhan yang terdiri dari lima tahap: front-end analysis, learner analysis, task analysis, concept analysis, dan specifying instructional objectives. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket terbuka kepada pendidik dan peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik secara lebih aktif, reflektif, dan aplikatif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran berbasis meaningful learning efektif dalam membentuk kemampuan berpikir kritis serta mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran secara holistik

References

Andrews, D., Lieshout, E. Van, & Bhatta, B. (2023). How , Where , And When Do Students Experience Meaningful Learning ? International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 31(3), 28–45. https://doi.org/10.30722/IJISME.31.03.003

Arrington, L. E., & Becerril, S. (2024). Developing Problems with Strengths in Mind : Problem-Based Learning in Introductory CSD Courses. TLCSD: Teaching and Learning in Communication Sciences & Disorders, 8(3), 1–29. https://doi.org/10.61403/2689-6443.1306

Chan, F., Kurniawan, A. R., . N., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691

Jannah, R., Yolanda, S. D., & Ulfa, S. W. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berkarakter Islami pada Praktikum Pembelajaran IPA di MTS Raudhatul Akmal. Journal on Education, 05(02), 2123–2136. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.863

Kurniawan, M. A., Miftahillah, A., & Nasihah, N. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1

Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluation) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, III(1), 61–67. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325

Listiani, W., & Rachmawati. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266

Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mahasiswanya. AXIOM: Jurnal Pendidikan & Matermatika, 09(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735

Mahmuti, A., Hamzic, D. K., & Thaqi, X. (2025). The impact of contextual teaching and learning on improving student achievement in economic mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 20(3), 1–14. https://doi.org/10.29333/iejme/16233

Maleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah), 8(2), 740–747. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Medriati, R., & Risdianto, E. (2020). Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.67-74

Nurfadhilah, Remiswal, & Khadijah. (2025). Application of Hots-Based Cognitive Evaluation to Improve Students ’ Analytical Thinking Skills in Islamic Religious Education. JLILS: Journal of Learning Improvement and Lesson Study, 5(1), 33–40. https://doi.org/10.24036/jlils.v5i1.139

Nurfadhilah, Sari, W., Akmal, A., & Trinova, Z. (2024). The Influence of the 7E Learning Cycle Model in Improving Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Learning. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education (IJMURHICA), 7(2), 56–63. https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v7i2.210

Pangaribuan, T., Hasni, U., & Amanda, R. S. (2023). Need Analisys: Pengembangan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Mahasiswa. Journal of Education Research, 4(2019), 2399–2407. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.597

Rafiq, J. E., Zakrani, A., Amraouy, M., Nouh, S., & Bennane, A. (2025). Improving Online Learning Using Deep Learning and Student’s Intelligences. TOJDE : Turkish Online Journal of Distance Education, 26(2), 39–52.

Rahmawati, A. Y., & Puspitaningsih, F. (2021). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar di Perpustakaan Terhadap Minat Baca Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Education Journal : Journal Education Research and Development, 5(2), 175–180. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.500

Surono, S., & Mahfud Ifendi, M. I. (2021). Pendidikan Islam Klasik : Model Dan Karakteristik. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 79–94. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.23

Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). DEVELOPING STUDENTS’ RELIGIOUS MODERATION THROUGH GROUP COUNSELING AT ISLAMIC HIGHER EDUCATION. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.22977

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.12

Vargas-hernández, J. G., & Vargas-gonzález, O. C. (2022). Strategies for meaningful Learning in Higher Education. Journal of Research in Instructional, 2(1), 47–64. https://doi.org/10.30862/jri.v2i1.41

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Nurfadhilah, N., Darmansyah, D., & Hidayati, H. (2025). Pengembangan Model Learning Cycle 5E Berbasis Meaningful Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 2872–2881. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1756

Issue

Section

Articles