Internalisasi Tasawuf Falsafi Fana dan Wahdatul Wujud dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Nur Isra' Ahmad Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1735

Keywords:

Tasawuf Falsafi, Fana, Wahdatul Wujud, Pendidikan Islam, Karakter

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik yang utuh, tidak hanya secara kognitif tetapi juga secara spiritual dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual dan mendalam bagaimana dua prinsip utama dalam tasawuf falsafi, yakni fana dan wahdatul wujud, dapat diinternalisasikan dalam proses pendidikan Islam guna membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka yang menganalisis 24 sumber jurnal nasional dan internasional yang relevan antara tahun 2019–2025, serta dilakukan analisis isi untuk menyusun argumentasi teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai fana dan wahdatul wujud dapat diintegrasikan secara efektif melalui tiga aspek utama: materi ajar Pendidikan Agama Islam, metode pembelajaran partisipatif dan reflektif, serta kegiatan ekstrakurikuler. Internalisasi konsep-konsep tasawuf ini mampu memperkuat kesadaran spiritual, menumbuhkan empati, dan membentuk integritas diri peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa tasawuf falsafi berperan sebagai pendekatan transformatif dalam pendidikan Islam kontemporer yang berorientasi pada pembentukan insan kamil.

References

Abd Razak, S., Saari, C. Z., & Syed Abdul Rahman, S. M. H. (2021). Muraqabah And Mahabbah According to Al-Sarraj: An Analysis According to The Perspective of Human Spiritual Development. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 22, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37231/jimk.2021.22.3.583

Abitolkha, A. M., & Mas’ud, A. (2021). Integration of Sufism Values into the Curriculum of Islamic Religious Education Subject in Junior High School. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 9(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jpai.2021.9.1.1-16

Ahmad, N. I. (2025). Konsep Fana, Baqa’, dan Ittihad Abu Yazid al-Busthami dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 165–173. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.916

Ahmad, N. I., & Ningsih, D. A. (2025). Dikotomi Ilmu dan Agama dalam Pendidikan Islam: Kontribusi Perspektif Al-Hulul. Pedagogy: Journal of Multidisciplinary Education, 2(1), 81–90. https://doi.org/10.61220/pedagogy.v2i1.262

Amilya, A., Febriani, F., Suci, M. W., & Satra, A. (2025). Integrasi Fikih dan Tasawuf: Membangun Keseimbangan Spiritual dalam Praktik Keislaman. Jurnal Pendidikan Integratif, 6(2). https://ejurnals.com/ojs/index.php/jpi627

Amnur, A. M., & Diantha, K. N. (2024). Peran Psikologi Tasawuf Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Remaja di Era Industri 4.0. In Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu (Vol. 8, Issue 6).

Arifudin, M. (2023). Corak Tasawuf Kitab Al-Hikam Karya Ibn Athaillah Dan Implikasinya Dalam Pembentukan Akhlak Di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Bhinneka: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Volume, 1(2), 117–126. https://ejournal.staiarrosyid.ac.id/index.php/bhinneka/index

Fauzi, A. R. N., & Wiwaha, K. S. (2023). Menerapkan Nilai-Nilai Tasawuf dalam Pendidikan untuk Membentuk Karakter Para Pelajar Alfi Restu Nur Fauzi. Virtuous, 1, 58–72. https://journal.stai-almujtama.ac.id/index.php/virtuous

Faza, A. M. D. (2019). Tasawuf Falsafi. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 1(1). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v1i1.4050

Hakim, F. K. K., & Faidah, S. N. (2025). Wahdatul Wujud: Pengertian, Tujuan, dan Tokoh-Tokoh Pengembangnya dalam Pemikiran Tasawuf. Mushaf Journal : Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 5.

Hidayat, R., & Rohmawati, B. (2025). Peran Tasawuf Dalam Penanaman Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 3(01), 1–14. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol301.2025.1-14

Huda, N., & Maraimbang, M. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Tasawuf dalam Pembinaan Akhlak Santri pada Pondok Pesantren al-Mukhlishin. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 334. https://doi.org/10.29210/1202424268

Lucky Diah Natalia. (2024). Pendidikan Karakter untuk Meredam Kenakalan Remaja. https://www.refoindonesia.com/.

Mappasiara. (2018). Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya). Inspiratif Pendidikan, 7(1), 147. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4940

Mueminin, A., Amri, M., & Latif, M. (2023). Konsep Pluralisme dalam Tasawuf Falsafi (Telaah Terhadap Konsepsi Para Sufi). Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1). https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.3891

Mufid, F. (2020). Kritik Epistemologis Tafsir Ishari Ibn ’Arabi. Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al Qur’an Dan Tafsir, 14. https://doi.org/10.1234/hermeneutik.v14i1.6837

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Qoni’ah, S. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Pada Peserta Didik Melalui Aktivitas Keagamaan. Ahsana Media, 5(1), 60–72. https://doi.org/10.31102/ahsana..5.1.2019.60-72

Rahman, T. (2019). Sejarah Perkembangan Tasawuf ’Amali. Asy-Syari’ah, 5.

Rizqi, A. M., & Azizah, N. (2024). The Concept of Learning Through Natural Observation in the Qur’an: An Exegesis of Surah Al-Ghashiyah Verses 17-20 Bunayya: Islamic Education and Teaching Journal. Bunayya: Islamic Education and Teaching Journal, 1(4).

Rukmini, R. D., Fakhruddin, F., & Amrullah, A. (2024). Pendidikan Tasawuf Falsafi sebagai Landasan Etika dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(4), 44–50. https://doi.org/10.31004/ijim.v2i4.100

Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

SIMFONI PPA. (2025). Data Sebaran Kasus Kekerasan KemenPPPA. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Solehah, D. U., Daulay, H. P., & Dahlan, Z. (2021). Konsep Pemikiran Tasawuf Falsafi (Ittihad, Hulul Dan Wihdatul Wujud). Islam & Contemporary Issues, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.57251/ici.v1i2.53

Suharjo, Alizar, & Hayati, Y. (2024). Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Tasawuf untuk Membentuk Karakter Islami Peserta Didik di SMAN 1. HUMANITIS: Jurnal Humaniora, Sosial Dan Bisnis, 2, 1506–1512.

Susanti, L., Sultan, U., & Riau, S. K. (2023). Tasawuf dan Klasifikasinya. Tadayyun: Journal of Religion, Social and Humanities Studies, I(2), 32–47.

Syifa, A., & Ridwan, A. (2024). Pendidikan Karakter Islami di Era Digital: Tantangan dan Solusi Berdasarkan Pemikiran Sosial Imam Al-Ghazali. Social Studies in Education, 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.107-122

Tedy, A., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2022). Filsafat Mistik dalam Tarekat. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/jpkth.v11i2.4657

Valid Fathony, B., & Harahap, N. (2023). Relevansi Ajaran Fana’ dalam Tasawuf Islam dan Nibbana dalam Ajaran Buddhisme. Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 9(2), 47–61. https://doi.org/10.61817/ittihad.v9i2.122

Yasin, N., & Sutiah, S. (2020). Penerapan Nilai-nilai Tasawuf dalam Pembinaan Akhlak Santri pada Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. Al-Musannif, 2(1), 49–68. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v2i1.37

Yulianti, E., Studi, P., Agama, P., Sekolah, I., Ilmu, T., Raden, T., & Mojokerto, W. (2018). Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Ahmad, N. I. (2025). Internalisasi Tasawuf Falsafi Fana dan Wahdatul Wujud dalam Pendidikan Islam. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 2782–2792. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1735

Issue

Section

Articles