Pengaruh Penggunaan Media Papan Gambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MIN 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1690Keywords:
Media Papan Gambar, Kosakata Bahasa Arab, PembelajaranAbstract
Penguasaan kosakata bahasa Arab merupakan elemen penting dalam mendukung pemahaman siswa terhadap ajaran Islam. Namun, proses pembelajaran di banyak madrasah masih bersifat konvensional tanpa pemanfaatan media yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media papan gambar terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MIN 1 Jombang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental dan melibatkan 15 siswa sebagai sampel yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes pretest-posttest, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 75 (pretest) menjadi 89 (posttest), dengan signifikansi 0,003 (< 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Kesimpulannya, media papan gambar efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang praktis dan menarik.
References
Andreastya, V. H., & Luqmana, I. I. (2024). Pengaruh Media Papan Pecahan Terhadap Kemampuan Menentukan Bilangan Pecahan Siswa Mi Darul Ulum 2 Jogoroto Kemampuan Menentukan Bilangan Pecahan Siswa Mi Darul Ulum 2 Jogoroto. 2(7).
Arsyad, A. (2023). Pengaruh Media Gambar Terhadap Penguasaan Kosa kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibdtidaiayh Nurul Falah-Riau. Jurnal Ihtimam, 6(1), 78–91. https://doi.org/10.36668/jih.v6i1.476
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Mahyudin, M. (2023). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Gambar. Prosiding Pendidikan Profesi …, 3(1), 1418–1428. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1409
Mamonto, F. (2024). Efektivitas Media Gambar terhadap Retensi Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Tingkat Madrasah Tsanawiyah di Sulawesi Utara. 04, 39–50. https://doi.org/10.30984/almashadir.v4i2.986
Plered, M. T. S. A. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Pengaplikasian Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Peserta Didik 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(8), 440–443.
Ritonga, L. M., Sutriani, C., & Purba, N. A. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Ta’dib Al-Muallimin Al-Islamy. Sibatik: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi Dan Pendidikan, 1(8), 1476.
Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
Syahid, N. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 7, 53–62. prosiding.arab-um.com
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lathifatul Hariroh, Vian Hanes Andreastya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.