Membangun Karakter Anak melalui Pendidikan Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Savira Mahesa Azhirakeisha Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Andien Afriannisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Latifah Hikmalia Rahma Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Rihadatul Aisyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1670

Keywords:

Pendidikan Islam, Karakter Anak, Sekolah Dasar, Keteladanan

Abstract

Pendidikan Islam memegang peranan sentral dalam membentuk karakter anak sejak usia dini, terutama di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar serta mengeksplorasi strategi yang adaptif dan kontekstual dalam menjawab kebutuhan zaman. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan dokumen kebijakan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang integratif dan kolaboratif, dengan dukungan dari keluarga, sekolah, dan masyarakat, mampu menanamkan nilai-nilai keislaman seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial secara efektif. Penguatan keteladanan guru, pembelajaran berbasis pengalaman, dan pemanfaatan teknologi digital menjadi elemen penting dalam pembentukan karakter Islami. Implikasinya, pendidikan Islam di sekolah dasar perlu dirancang ulang agar mampu melahirkan generasi Muslim yang berakhlak mulia, kritis, dan siap menghadapi tantangan kehidupan modern

References

Abunawas, Baidarus, & Fithri, R. (2023). Jurnal pendidikan ypair. 1(2), 54–62.

Bassar, A. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2021). Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Global dan Multikultural. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 63–75. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.9577

Furqon, M. (2024). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 48–63. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.310

Jaohar Tsani, M., & Sauri, S. (2024). Pendidikan Islam: Konsep, Masalah, dan Solusi. Educatio, 19(1), 184–199. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.26032

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sudarto. (2020). Dasar-dasar Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(1), 56–66.

Sukatin, S., Amrizal, A., Faridah, F., Amaliyah, A., Nurhidayat, B. R., & Tari, N. R. (2023). Pendidikan Anak dalam Islam. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(3), 408–415. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i3.1264

Sumiarti, S., Usman, U., Hadi, M., Wendry, N., & Johendra, M. (2021). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali Ditinjau dari Perspektif Hadis. El-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis Dan Integrasi Ilmu, 1(2), 148–161. https://doi.org/10.19109/elsunnah.v1i2.8917

Syafrida Siregar, L. Y. (2017). Pendidikan Anak Dalam Islam. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 16. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2033

Tarmuzi, M. (2021). KONSEP PENDIDIKAN DAN ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MEMANUSIAKAN MANUSIA. Pendidikan Islam, 19(2), 261–282.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Wahyuningtiyas, I. (2019). Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp Di MAN Bondowoso. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Jurnal TAUJIH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 14 No.01(Pendidikan karakter dalam perspektif Islam), 78–90.

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Mahesa Azhirakeisha, S., Afriannisa, A., Hikmalia Rahma, L., & Aisyah, R. (2025). Membangun Karakter Anak melalui Pendidikan Islam di Sekolah Dasar. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 2540–2550. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1670

Issue

Section

Articles