Membangun Karakter Anak melalui Pendidikan Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1670Keywords:
Pendidikan Islam, Karakter Anak, Sekolah Dasar, KeteladananAbstract
Pendidikan Islam memegang peranan sentral dalam membentuk karakter anak sejak usia dini, terutama di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar serta mengeksplorasi strategi yang adaptif dan kontekstual dalam menjawab kebutuhan zaman. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan dokumen kebijakan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang integratif dan kolaboratif, dengan dukungan dari keluarga, sekolah, dan masyarakat, mampu menanamkan nilai-nilai keislaman seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial secara efektif. Penguatan keteladanan guru, pembelajaran berbasis pengalaman, dan pemanfaatan teknologi digital menjadi elemen penting dalam pembentukan karakter Islami. Implikasinya, pendidikan Islam di sekolah dasar perlu dirancang ulang agar mampu melahirkan generasi Muslim yang berakhlak mulia, kritis, dan siap menghadapi tantangan kehidupan modern
References
Abunawas, Baidarus, & Fithri, R. (2023). Jurnal pendidikan ypair. 1(2), 54–62.
Bassar, A. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2021). Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Global dan Multikultural. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 63–75. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.9577
Furqon, M. (2024). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 48–63. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.310
Jaohar Tsani, M., & Sauri, S. (2024). Pendidikan Islam: Konsep, Masalah, dan Solusi. Educatio, 19(1), 184–199. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.26032
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sudarto. (2020). Dasar-dasar Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(1), 56–66.
Sukatin, S., Amrizal, A., Faridah, F., Amaliyah, A., Nurhidayat, B. R., & Tari, N. R. (2023). Pendidikan Anak dalam Islam. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(3), 408–415. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i3.1264
Sumiarti, S., Usman, U., Hadi, M., Wendry, N., & Johendra, M. (2021). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali Ditinjau dari Perspektif Hadis. El-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis Dan Integrasi Ilmu, 1(2), 148–161. https://doi.org/10.19109/elsunnah.v1i2.8917
Syafrida Siregar, L. Y. (2017). Pendidikan Anak Dalam Islam. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 16. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2033
Tarmuzi, M. (2021). KONSEP PENDIDIKAN DAN ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MEMANUSIAKAN MANUSIA. Pendidikan Islam, 19(2), 261–282.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
Wahyuningtiyas, I. (2019). Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp Di MAN Bondowoso. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Jurnal TAUJIH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 14 No.01(Pendidikan karakter dalam perspektif Islam), 78–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Savira Mahesa Azhirakeisha, Andien Afriannisa, Latifah Hikmalia Rahma, Rihadatul Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.