Pandangan Guru Terhadap Penggunaan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Al Hikmah Bareng Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1650Keywords:
Problem Based Learning, persepsi guru, Akidah Akhlak, pendidikan madrasahAbstract
Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang berlandaskan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran Akidah Akhlak, mengidentifikasi kendala implementasi, serta menganalisis dampaknya terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus di MI Al Hikmah Bareng Jombang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru kelas III, kepala madrasah, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap PBL karena mampu meningkatkan keaktifan, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan pelatihan, sarana, dan waktu pembelajaran, PBL memberikan dampak signifikan dalam memperkuat pemahaman nilai akidah dan akhlak secara kontekstual. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL layak untuk diperluas dalam pembelajaran normatif di MI guna membentuk karakter peserta didik secara lebih bermakna
References
Abdurrahman, M. (2020). Penerapan Problem-Based Learning dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 100–110.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35.
Fatmawati, F., & Basri, A. (2019). Penerapan Problem Based Learning dalam pengajaran agama untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Moral, 12, 123–135.
Khakim, N., Santi, N. M., Assalami, A. B. U., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2, 347–358.
Lena, M. S., Iraqi, H. S., Nst, A. K., & Prastiwina, H. (2023). Persepsi guru terhadap penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir pada kelas V SD. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 3, 88–96.
Mulyadi, A., & Munthe, R. A. (2020). Penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran pendidikan moral untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Pendidikan Moral dan Agama, 14, 45–60.
Pahleviannur, M., dkk. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa SD dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388.
RestiArdianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem based learning: Apa dan bagaimana. Journal for Physics Education and Applied Physics, 1, 28.
Rofi’ah, S. (2017). Persepsi pendidik PAI tentang pembelajaran multikultural di Madrasah Ibtidaiyah berbasis pesantren. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 33–34.
Saleh, F., Mayasari, N., & Maqfirah, P. A. (Eds.). (2025). Strategi belajar mengajar: Pendekatan teori dan praktik di era inovasi pendidikan. Jawa Barat: CV Widina Media Utama.
Sari, D. P. (2021). Implementasi Problem Based Learning dalam pendidikan agama (Studi kasus di Sekolah Menengah Pertama). Jurnal Ilmu Pendidikan, 7, 201–214.
Setiawan, A., & Budiarti, S. (2019). Kesiapan guru dalam mengimplementasikan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 123–130.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Gresik: Perpustakaan Universitas Gresik.
Trivena, B. (2024). Persepsi guru terhadap penerapan model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Pamona Selatan. Universitas Sintuwu.
Wara, G., Sari, W., & Fiqra, N. M. (2022). Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 30, 39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kholifatun Nikmah, Evita Widiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.